8.11.13

Kuliah Online Bunda Cekatan: Learn How To Learn

Learn How To Learn

Dunia selalu berubah, kita harus mempelajari cara  belajar anak agar bisa mengikuti perubahan itu di masa depan.

Belajar karena tahu caranya belajar. Tahapannya:

  1. Pastikan materi belajarnya menguatkan Iman. Karena Allah akan meningkatkan derajat orang orang yang mencari ilmu. Misal niatnya agar bisa berbagi dan bermanfaat buat sesama.
  2. Menumbuhkan Karakter baik
  3. Menemukan "passion"
  4. Mempelajari cara untuk belajar. Memahami bahwa belajar itu harus diulang ulang.Belajar-praktek-belajar-praktek




Cara belajar:

  1. Temukan passion, karena yang namanya belajar itu harus dilakukan terus menerus, berulang ulang. Kalo sampe bosan dan mengeluh berarti itu bukan passionnya.
  2. Fokuskan pada satu passion, satu yang ditekuni, sampai benar benar expert. Kalo separuh separuh ya bakal lebih lama jadi expert
  3. Munculkan berbagai pertanyaan. Pintar Menjawab muncul dari dari keterampilan bertanya.Keinginan belajar tumbuh dari munculnya berbagai pertanyaan (5W+1H). Coba deh sebelum mengajar anak, kita mulai belajar dulu. Misal ketika bangun tidur bertanya "kenapa tempe yang Saya goreng tidak krispi?", dengan rasa ingin tahu itu, Insya Allah kita akan bersemangat dalam belajar.Namun jangan lupa juga yang namanya break dan refreshing
  4. Mengembangkan struktur berpikir barulah kita bisa menghapal materi. Diawali dari hipotesis, cari tahu materi pendukung(zaman sekarang lewat google dan youtube banyak materi yang bisa dipelajari), lalu dilakukan percobaan(practice). Dengan paham benar dan dipraktekkan, struktur berpikir kita jadi mantap, barulah materi bisa hapal. Pahamilah garis finish atau tujuannya, sehingga belajarnya terarah dan bersemangat.
  5. Aktif mencari. Dulu jaman sekolah kita selalu pasif mendengarkan guru mengajar, sekarang harusnya aktif mencari. Kalo perlu berguru sama expertnya dengan magang. 
  6. Berpikir Skeptik, jangan mau menelan informasi mentah mentah! Cari tahu apakah sumbernya valid? Apakah sudah terbukti? Dewasa ini artikel gampang dibuat dan diposting di internet. Kalo ga hati hati kita bisa terjebak belajar materi yang ga benar. Dibohongin orang, dll.
  7. Belajar ga harus sekolah. Mendapat ijazah adalah tujuan kesekian. Kalo tujuannya ijazah, nanti setelah lulus ga belajar lagi dong.. Jadilah belajar itu haruslah sepanjang hayat..


Strategi Belajar

  1. Jangan berprinsip meratakan lembah, tetapi haruslah meninggikan gunung. Kalo anak ga suka matematika, ya ga usah dileskan matematika. sebaliknya kalo anak suka olahraga, maka kuatkan olahraganya. Yang lain secukupnya saja, jangan paksa anak(dan kita juga) belajar sesuatu yang tidak disukai.
  2. Good is not enough anymore, We Have to be DIFFERENT. Jadi kalo kita expert main bola, orang ga akan peduli lagi kita 'pintar' atau 'bodoh' matematika 


Sesi Pertanyaan:

  • Bagaimana mengajarkan anak 3,5 tahun belajar menyebrang? bisa lewat nyanyian. "When i walk accross the street, STOP" Nanti di bawah sadarnya kan nurut.-->pelajaran Berkomunikasi dengan Anak

  • Capek ngerjain pekerjaan rumah tangga, jadi ga bisa menjalankan passion? Carilah passion yang dekat dengan pekerjaan rumah tangga, sepertiku ya menulis, sambil nunggu cucian, momong anak, sambi nulis pas lagi ada ide..hehe..

  • Bila passion anak ga sesuai dengan keinginan ortu? Kalo gini, harus sama sama evaluasi. Selama passionnya dapat meningkatkan iman dan menumbuhkan karakter baik, ya ortu harus mengalah. Sebaliknya kalo ternyata passionnya membawa pengaruh negatif, maka anak yang harus mengalah. Misal dalam hal musik, bisa kok anak tetap menjalankan passionnya di musik, asalkan dengan bermusik dia tetap rajin ibadah, karyanya bisa bikin damai dan menyemangati orang yang mendengar, dll..
***

Seri kuliah online Bunda Cekatan:


Seri buku Ibu Profesional, Bunda Cekatan ini sudah tersedia lho! Bisa pesan ke saya (WA=085327858828). Cuma 55 ribu aja!



Baca keseruan lain seputar keluarga. Plis klik: Housewife's diary
Simak juga resume kuliah online yang pernah kuikuti: Kuliah Online
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...