9.11.13

Mi Singkong Lampung


Mie singkong Lampung

Lampung sangat berlimpah ubi kayu atau singkong. Masih tersedianya lahan yang luas dan kondisi tanah yang lumayan mendukung untuk ditanami singkong membuat cukup banyak produk olahan singkong tersedia berlimpah disini. Dari yang diolah menjadi pati tapioka, onggoknya untuk pakan ternak, maupun ubi kayu yang dihidrolisa dan difermentasi menjadi etanol. Nah, Saya baru menemukan yang namanya mie singkong disini. Dipadu dengan sayur dan bumbu pecel, menu ini cukup menggugah selera dan menyehatkan tentu saja. Harganya juga sangat terjangkau, cukup merogoh Rp. 3000 bisa lumayan kenyang untuk sarapan.
Perhatikan sayur sayur yang terdapat pada mie singkong ini, seluruhnya adalah hasil bumi Lampung nan permai. Bahkan rata rata masih tersedia secara liar, dari singkong, bayam, dan juga kangkung tersedia cukup berlimpah di pelosok perkebunan di Bumi Lampung. Bukti kalo kita balance dengan alam, alam akan menyediakan kebutuhan kita, yah kebutuhan pangan kalo dalam hal ini.
Cara pembuatan mie ini juga tergolong sederhana, hanya berbekal gilingan mi dan panci, adonan tapioka bercampur bumbu ini siap untuk digiling dan direbus menjadi mie singkong lezat. Bumbu pecel untuk toppingnya juga sangat alami. Campuran kacang, bawang, dan cabe ini terasa sangat lezat tanpa bahan pengawet.
Mie singkong. Bukti kearifan lokal masyarakat Lampung. Makanan sehat, dan akan tetap murah bilamana warga tetap melestarikan alamnya. 
Reaksi:

2 komentar:

  1. mi singkong??heumm,penasara rasanya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenyal kenyal gitu mak..kyk cimol tapi panjang panjang..hehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...