9.11.13

Komunitas Keren yang Bikin Kita Ikut Keren..

Dengan siapa kamu bergaul dan apa yang jadi bacaanmu akan menentukan mau jadi apa kamu 5 tahun kedepan.
Yups, i agree. Ga perlu 5 tahun untuk membuktikannya.  Alhamdulillah aku dah kerasa manfaatnya.  Aku bisa memanfaatkan Facebook untuk hal yang bermanfaat. bisa berkenalan dengan komunitas ASI yang keren, Tambah Asi TambahCinta. Alhamdulillah dengan bergabung disana aku bisa jadi ibu yang smart, karena walopun judulnya ASI kita ga melulu bahas ASI. Kadang kita bahas tentang parenting, dan tentang kesehatan anak. Dari sana aku berkenalan dengan grup Preschool On Line, Komunitas Charlotte Mason Indonesia, yang membahas mengenai pendidikan anak usia dini. Tips Rumah asyik, Dapur Sehat Ibu, Homemade HealtyBaby Food, dan Lihat Kebunku yang tujuannya sih biar eyke ketuleran jadi ibu handal yang pinter beberes, masak, dan berkebun..Lalu ada Gesamun(gerakan sadarimunisasi), yang selain meluruskan kesalah pahaman kita mengenai vaksinasi (khususnya yang anti-vaksin), disini kita belajar untuk memilah info di internet. Artinya, ilmu di internet itu bermacam macam, dari yang valid sampe yang hoax, nah ada beberapa metode untuk membuktikannya. Salah satunya cek keakuratan sumber berita. Selalu pastikan sumber yang dicantumkan adalah sumber terpercaya, kalo ada nama orang yang disebut, carilah kredibilitas orang tersebut via internet. Nanti kan keliatan, sebuah artikel itu "sampah" atau "berbobot".  Terbukti lho kalo dengan siapa kita berteman akan menentukan seperti apa kita, karena  mau ga mau kita ketuleran teman kita. Mau ataupun ga mau. Makanya ya, kudu pinter pinter milih teman makanya. Prinsipku, teman banyak itu asyik. Tapi kalo ada salah satu teman facebook misalkan, yang dari statusnya suram, pesimis dan selalu membawa aura negatif, aku ga segan remove. Karena tujuanku berteman adalah berbagi semangat. Okelah sedih dan curhat sekali dua kali ga masalah, tapi kalo desperado melulu yah males, karena hidup kita itu singkat. Kalo terus meratap kapan bisa berguna buat orang lain? Nah teman yang model gini kalo disemangatin ga juga semangat mah lebih baik ditinggalin. Bukan apa apa. Nanti aku ketularan desperado mah repot.
Alhamdulillah, dari teman teman yang menebarkan aura positif ini aku jadi kenal motivator keren kayak Jamil Azzaini, Iphho "right"Santosa, Bong Chandra, Merry Riana, dll. Dari buku buku dan video mereka aku jadi tergerak untuk optimis. Aku yang dahulu selalu galau dengan masa depanku menjadi optimis. Ga perlu mikir merubah dunia, cukuplah aku merubah diriku lebih baik dari hari ke hari. Itu akan mengantarkanku untuk membuat perubahan yang lebih besar. Dari teman teman dan buku buku superku ini aku sadar kalo semakin banyak memberi kita akan semakin banyak menerima. Belajar dari buku parenting Ayah Edy dan Toge Aprilianto, anakku adalah cerminan diriku. Jadi, karena aku ingin Faris menjadi anak yang hebat, ak harus jadi ibu yang hebat dulu dong. Ups..aku ga muluk2 menjadi supermom. Aku tetaplah aku yang ceroboh, jorok, dan belum bisa masak, hehe.. tapi paling ga selalu ada yang lebih baik dari hari ke hari.
Dari komunitas Ibu Profesional yang dikomandoi Ibu Septi Peni Wulandari, yang juga penemu Jarimatika, aku semakin semangat untuk berbagi dan bercita cita menjadi seorang ibu rumah tangga profesional. Ilmu dari IbuProfesional maupun grup grup yang aku ikuti di FB, sayang kalo harus kupendam sendiri. Mulailah aku hidupkan kembali blogku untuk menmpahkan pikiran, pengalaman, dan intisari dari buku yang kubaca. Niatku ga macem macem. Aku ingin ibu ibu lain berada di jalan yang benar sepertiku. Optimis dan ga minder walo ga(belum) berprestasi. Daripada ngeluh dan nuntut macem macem sama suami, mending aktualisasi diri, ya ga? Sampai pada akhirnya semangatku berbagi mendapatkan komunitas, kumpulan emak blogger, warung blogger, monday flashfiction, dan ikatan ibu doyan nulis(IIDN). Disana Subhanallah banyaknya mereka yang punya semangat besar berbagi. Setiap kali nge-net sepertinya aku dapat ilmu baru. Mereka keren keren banget, kalo diturutin minder, jelas aku minder banget. Walo aku udah buat blog dari 2009, tapi aku benar benar serius nulis baru 2013 ini. Awalnya memang suka bikin notes di FB. Lama lama, eh asyik ngeblog ya. Bisa berbagi link, foto,video, yang dipadu dengan cerita. Dan dengan blogging kegiatan menulis menjadi terarah. Karena sering ada kontes menulis yang mensyaratkan punya blog. Nah, dengan blog juga, komunitas kita semakin luas, bisa bertemu dengan semua orang di dunia lewat tulisan. Kalo katanya sih, reading is travelling without moving. Dan, biasanya mereka yang punya blog ini adalah mereka yang suka berbagi. I loved sharing n being shared too..

Waw.. Alhamdulillah ya Allah, Insya Allah dengan anugerah teman teman yang hebat, dan bacaan(buku, baik fisik, ebook, maupun artikel di blog or media online) yang berkualitas, aku Insya Allah bisa sesegera mungkin berkontribusi nyata di dunia pendidikan Indonesia. Ga cuma cuap cuap di blog kayak sekarang. Hehe..
Reaksi:

3 komentar:

  1. Ceritanya jadi ketularan ikutan keren, gitu ya, Mbak.. :D

    BalasHapus
  2. mendadak... *cari teman, cari grup....

    lha, saya jadi agak bersemangat cari2 grup setelah baca ini,.. thanks cuap2nya bermanfaat sekali mbak

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...