Wishlist Taman Hiburan Keluarga Tahun Ini

Sejak bulan Maret 2017, Ais selalu aku ajak ke kantor, karena di Palembang aku nggak punya asisten yang bisa kumintai tolong menjaga Ais....

14.7.17

Anyang-anyangan pada Ibu Hamil


Kehamilan merupakan anugerah bagi pasangan suami istri yang mendambakan buah hati. Walaupun demikian, menjalani kehamilan bagi calon ibu terkadang tidak mudah. Ada ibu hamil yang terpaksa bed rest selama kehamilan disebabkan kandungannya yang lemah. Ada pula ibu hamil yang mengalami mual dan muntah selama kehamilan sehingga tubuhnya menjadi lemas. Lalu, beberapa ibu hamil mengeluhkan anyang-anyangan selama kehamilan.

Anyang-anyangan selama kehamilan lumrah dialami ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan kantung kemih yang tertekan akibat membesarnya rahim. Kehamilanku yang sudah memasuki 12 minggu ini juga mulai mengalami gejala mirip anyang-anyangan. Frekuensi buang air kecilku bertambah, namun memang disebabkan asupan air putihku yang meningkat. Semenjak hamil, rasanya kerongkongan ini cepat kering. Kerongkongan yang kering berefek pada rasa mual, jadi rasa haus saat hamil sedikit pun tidak aku abaikan.

Untunglah frekuensi buang air kecil yang sering saat ini bukan pertanda gejala anyang-anyangan, karena tanda anyang-anyangan perlu diwaspadai menjadi infeksi saluran kemih adalah saat air seni yang dikeluarkan sedikit dan terasa sakit saat berkemih. Air seni terkadang bercampur darah, dan penderita dapat mengalami demam.

Walaupun saat ini tidak menunjukkan gejala anyang-anyangan, tetapi ibu hamil sepertiku harus mewaspadai berbagai penyebab anyang-anyangan. Karena ibu hamil lebih rentan terkena berbagai infeksi akibat berbagai perubahan hormon yang dialaminya. Untuk mencegah anyang-anyangan, berbagai cara bisa dilakukan antara lain:

1. Tidak menahan buang air kecil.

Untuk antisipasi HIV alias hasrat ingin vivis (pipis) yang cukup sering saat kehamilan, aku mengusahakan untuk berada tidak jauh dari kamar mandi. Menunda buang air kecil beresiko menyebabkan infeksi pada saluran kemih akibat menumpuknya kotoran yang tidak segera dikeluarkan.

2. Perbanyak minum air putih

Salah satu cara mencegah anyang-anyangan yaitu dengan rutin minum air putih. Konsumsi air putih yang cukup dapat berfungsi sebagai detox pada tubuh.

3. Menjaga organ kewanitaan tetap bersih

Menjaga organ kewanitaan tetap bersih adalah mutlak bagi setiap wanita. Perhatikan cara membilas kemaluan setelah buang air kecil, yaitu dari depan ke belakang, jangan sebaliknya, karena dapat menyebabkan kotoran/bakteri pada anus masuk ke miss V. Disarankan pula untuk sering berganti celana dalam untuk menghindari tumpukan bakteri di celana dalam.

4. Melakukan senam ringan

Agar tubuh ibu hamil sehat paripurna dan terbebas dari anyang-anyangan, jangan lupa lakukan senam ringan agar tubuh tetap bugar dan tidak lemas. Soalnya, bila ibu hamil malas bergerak, maka tubuhnya akan menjadi lemas. Senam ringan bisa dilakukan sembari bebersih rumah, mencuci baju, memasak, dll.

5. Konsumsi obat alami pencegah anyang-anyangan

Pencegahan anyang-anyangan dapat pula dilakukan dengan konsumsi makanan berkhasiat, seperti ekstrak cranberry.
Salah satu minuman dengan ekstrak cranberry
Ekstrak cranberry terbukti secara ilmiah berkhasiat memperangkap bakteri E. coli yang menyebabkan anyang-anyangan. Ekstrak cranberry juga tidak terlalu susah mendapatkannya, karena sekarang sudah tersedia dalam bentuk siap minum dengan merek Uricran. Kita dapat memilih mengkonsumsi dalam bentuk kapsul atau minuman serbuk yang menyegarkan.
Aku pilih yang minuman serbuk. Menyegarkan!

Perpaduan gaya hidup sehat dan Uricran akan mencegah ibu hamil dari penyakit anyang-anyangan. Bye-bye anyang-anyangan!

12.7.17

Tetap Sehat Selama Kehamilan dengan Multivitamin yang Tepat


Menurut perhitungan dokter, kehamilanku saat ini sudah memasuki 3 bulan. Saat Bulan Ramadan kemarin, adalah masa yang menyenangkan sekaligus perlu perjuangan. Menyenangkan karena selama kehamilan aku akan terbebas dari datang bulan yang membuat bolong puasaku. Tapi sekaligus perjuangan karena di trimester awal kehamilan aku mengalami mual sepanjang hari yang cukup mengganggu.

Gangguan mual di trimester awal kehamilan ini cukup membuatku was-was dengan kondisi kesehatanku. Gejala mualnya kadang disertai pusing, sehingga membuatku berfikir, jangan-jangan aku masuk angin atau flu? Kalau nggak hamil, pasti aku sudah menegak obat, tapi karena sekarang sedang hamil, maka gantinya aku mengkonsumsi vitamin untuk mempertahankan daya tahan tubuh.

Tantangan lain di Bulan Ramadan selama kehamilan adalah menjaga tubuh tetap vit selama mudik. Yang namanya mudik, apalagi mudik dengan perjalanan yang cukup jauh, tentunya memerlukan fisik yang prima. Apalagi dalam kondisi hamil dan berusaha tetap berpuasa, harus ekstra menjaga kesehatannya. Masalah mual dan lemas selama perjalanan mudik harus dilawan. Rasa mual itu aku alihkan dengan bernyanyi-nyanyi di dalam mobil. Untungnya sih bawa kendaraan pribadi, jadi yang terganggu dengan suaraku hanya anak dan suami, hihi.

Sesampainya di kampung halaman, tentu tidak mungkin hanya berdiam diri di kamar. Momen setahun sekali seperti ini tentu dimanfaatkan untuk bercengkrama bersama keluarga, menyiapkan hidangan lebaran, dan berkunjung ke tetangga plus sanak saudara. Terkadang juga bermain bersama anak dan sepupu-sepupunya yang semua berkumpul di tempat orang tua.
Menemani anak dan sepupunya bermain

Dengan kesibukan seperti itu, akhirnya aku hampir  limbung. Sebelum benar-benar sakit, aku putuskan untuk beristirahat total dan minum vitamin agar gejala sakitku segera sembuh. Aku tidak bisa langsung meminum obat flu seperti biasa saat aku tidak hamil, jadi vitamin adalah andalanku untuk proses penyembuhanku ini. Tentu saja aku harus memilih vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Pilihanku jatuh pada Theragran-M. Suplemen multivitamin dan mineral yang komplit untuk membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Kandungan vitaminnya mencukupi kebutuhan sesuai AKG, sehingga cukup minum 1 tablet saja sehari.

Dengan istirahat yang cukup dan konsumsi Theragran-M, Alhamdulillah mudik saat hamil kemarin terasa lebih berkesan karena tidak terganggu kondisi tubuh yang sakit dan teler.
Theragran-M, Vitamin yang mempercepat masa penyembuhan
Sepulang dari mudik, aku langsung disibukkan dengan urusan kantor yang kutinggalkan selama cuti mudik. Kondisi tubuh harus tetap vit, karena setelah mengambil cukup banyak izin selama mudik, aku tidak ingin mengambil izin karena kondisi fisik drop. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, aku berusaha untuk makan yang cukup dan teratur serta istirahat yang cukup. Aku pun sedia Theragran-M di dalam tas kerja yang dapat kuminun sewaktu-waktu bila kondisi tubuh drop dan butuh asupan multivitamin.

Kondisi tubuh saat hamil memang tidak seprima saat tidak hamil. Saat hamil mungkin akan terganggu dengan mual dan muntah. Kondisi mual selama kehamilan seringkali dianggap lumrah, akan tetapi kondisi tersebut dapat sangat mempengaruhi kesehatan ibu. Karena apabila mualnya disertai dengan muntah, tentu saja akan berdampak bagi kesehatan si ibu dan janin. Kondisi mual juga seringkali membuat ibu menjadi lesu dan malas berkegiatan.

Akan tetapi, mual bukan alasan bagi ibu hamil untuk malas berkegiatan, karena saat tubuh tidak berkegiatan, rasa mual akan semakin menjadi-jadi. Sebaiknya, tetap berkegiatan seperti biasa, kecuali alarm tubuh sudah berbunyi. Alarm tersebut antara lain:
1. Keluarnya flek. Ini bisa jadi pertanda ibu hamil kelelahan dan butuh istirahat.
2. Mengalami muntah hebat. Bila terjadi muntah hebat, maka ibu hamil tidak bisa memaksakan diri berkegiatan karena tubuhnya pasti sangat lemas.
3. Pusing yang berlebihan. Ibu hamil kadang-kadang mengalami pusing. Hal ini sebenarnya wajar, akan tetapi bila pusingnya berlebihan maka tentu hal ini harus diwaspadai.

Saat hamil, kondisi tubuh akan banyak mengalami perubahan yang kadang membuat tubuh merasa tidak nyaman. Tetap nikmati perubahan tersebut selama tidak ada tanda kegawatdaruratan. Penuhi kebutuhan tubuh dengan vitamin dan mineral yang memadai, perhatikan pola makan serta pola tidur juga. Semoga menjadi bumil yang bahagia selalu..^_^

9.7.17

Nglathak Kekinian di Kota Jogja

Sore itu kulaju motorku ke daerah kampus UGM. Bukan untuk ke kampus, melainkan untuk mengikuti halal bi halal blogger Jogja yang diprakarsai oleh @WawanJogja. Lokasi pertemuan di Nglathak. Dari namanya sudah jelas kalau ini rumah makan sate kambing, yes?
Sate Klathak Mozarella dan Teh Biru di Nglathak

Betul banget. Nglathak yang berlokasi di Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 adalah tempat makan sate kambing khas Jogja alias sate klathak. Tapi klathaknya bukan sembarang klathak, mau tau istimewanya?

Sejarah Nglathak
Muhammad Subroto (Mas To) selaku pemilik Nglathak, membuka warung Nglathak pada bulan Mei 2015 dengan konsep warung kaki lima. Tetapi warung model ini hanya bertahan sampai bulan Maret 2016 karena terkendala lahan berjualan kaki lima yang semakin tergusur parkiran mobil.
Mas To, owner Nglathak (kanan) dan Om Wawan (kiri)
Pada bulan Desember 2016, Nglathak hadir kembali dengan konsep rumah makan dan berlokasi permanen di kawasan saat ini. Yang istimewa dari Nglathak ini adalah menunya yang kekinian. Ada sate klatak mozarella dan gulai dengan pedas berlevel. Kekinian banget bukan?

Prinsip Mas To dalam menjalankan bisnisnya adalah agar dapat berdaya bersama. Kalau kata Om Wawan, Nglathak ini udah kayak etalasenya UKM. 100% bahan yang digunakan adalah produksi lokal dan menggunakan bahan tradisional. Contohnya saja keju mozarellanya yang endes ini, ternyata produksi Fabio di Wonosari. Dengan sumber susu yang diambil langsung dari Cangkringan.

Selain sate klathak mozarella dan gulai berlevel, ada menu minuman yang kekinian tapi tradisional loh. Namanya green smoothie yogurt. Yogurtnya terbuat dari campuran yogurt dan daun kelor. Daripada pakai matcha yang notabene produk impor, lebih baik pakai daun kelor kan? Selain sama nikmatnya, daun kelor secara ilmiah terbukti lebih berkhasiat dengan kandungan protein lebih tinggi.

Yang unik, daging yang digunakan untuk sate dan olahan kambing lain menggunakan domba betina yang sudah afkir, yaitu yang sudah tidak bisa beranak. Tapi, walau begitu, dagingnya tetap lembut, selembut kambing muda. Cobain deh.
Suguhan kami sore itu. Yummy kan?
Saat ini, Nglathak punya varian baru yaitu nasi goreng kambing dan nasi goreng ayam.

Nggak perlu khawatir soal harga. Kisaran harga di Nglathak yang paling mahal hanya sekitar 22 ribu. Itu sudah dapat sepiring nasi lengkap dengan 2 tusuk besar sate klathak mozarella dan kuah klathak. Jam bukanya dari jam 12 siang sampai jam 9 malam. Setiap hari buka kecuali hari Jumat, Nglathak tutup.
Daftar menu di Nglathak. Terjangkau kan?
Nglathak menawarkan peminjaman tempat di luar jam operasional secara gratis loh, buat teman-teman yang mau mengadakan acara dengan kapasitas 20 (meja) dan 30-35 (lesehan). Hanya satu syarat penggunaannya, yaitu no asap rokok. Gampil banget syaratnya kan? Yuk kapan kita nongki di Nglathak?

Nglathak
Alamat: Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
IG: @nglathak
Fb: Nglathak
Reservasi: 089677808142/dm IG

6.7.17

Wishlist Taman Hiburan Keluarga Tahun Ini


Sejak bulan Maret 2017, Ais selalu aku ajak ke kantor, karena di Palembang aku nggak punya asisten yang bisa kumintai tolong menjaga Ais. Ternyata, ada banyak hal positif yang bisa kurasakan saat membawa Ais bekerja. Dengan mengajak anak bekerja, anak akan mengerti pekerjaan kita. Tak jarang, anak akan ikut membantu pekerjaan orang tuanya. Contoh saja, karena aku bekerja di bagian administrasi, maka Ais menjadi familiar dengan komputer. Suatu saat dia pernah terobsesi membuat surat seperti ibunya. Dia ketik banyak huruf di layar komputer, diprint, dan diberi cap perusahaan.
Komputer ibunya jadi sasaran eksperimen

Kalau kerjaan lagi nggak banyak sih nggak apa-apa, tapi kadang kalau lagi hectic, bisa rempong sendiri antara ngurusin kerjaan dan ngurusin anak yang banyak maunya. Hihi. Dan lagi, lingkup kerjaku bukan hanya di kantor saja. Terkadang aku harus visit ke gudang  yang menyimpan bahan berbahaya.

Hmm, kalau ada taman bermain anak dan keluarga yang berupa simulasi profesi kayaknya seru juga ya? Soalnya biasanya kan anak penasaran dengan pekerjaan orang tuanya, tetapi tidak semua bagian pekerjaan bisa membawa serta anak. Alasan keselamatan adalah yang menjadi kendala. Nah, waktu ikut Singapura Fair tempo hari, Ais mampir ke boothnya KidZania Singapore. Wah, seru juga kalau ada wahana semacam ini di Indonesia.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Pas iseng browsing, ternyata baru tahu kalau KidZania itu sudah ada di Indonesia, tepatnya di Jakarta! Wah, suatu saat harus coba liburan ke sini nih.
Ais pasti suka sama wahana pesawat gini nih!
Sebetulnya, kemarin pas mau mudik ke Jogja waktu yang tepat buat berkunjung kesana. Soalnya lagi ada promo Parent's Experience, dimana orang tua bisa ikut bermain di kidZania bersama anaknya dengan tiket mulai dari 100 ribu rupiah saja! Murah banget tuh, soalnya ada lebih dari 100 profesi yang bisa dijajaki di KidZania ini. Sistem di KidZania ini adalah sistem shift selama 5 jam. Jadi selama shiftnya belum habis, kita bebas memasuki booth profesi yang diinginkan. Nah, memasuki libur lebaran ini, Parent's Experience masih ada, tapi harga tiketnya sudah berubah, yaitu 150 ribu saat weekdays, 200 ribu saat weekend, dan 250 ribu saat holiday seasons.
Ais pasti suka simulasi jadi pilot lengkap dengan seragamnya seperti ini.

Buat aku yang sudah menjadi orang  tua, dengan adanya Parent's Experience ini, selain bisa menjadi sarana meningkatkan bonding dengan anak lewat bermain profesi bersama, juga jadi sarana 'pelampiasan' pada profesi yang tidak kesampaian. Hahahaha.. Maklumlah sebagai teknolog pangan yang bercita-cita kerja di pabrik makanan, harapan itu hanyalah cita-cita, karena ternyata kerja di pabrik tidak sesuai dengan karakterku. Nah, di KidZania ini aku perhatikan cukup komplit juga booth industri makanannya. Ada pabrik wafer, baking centre, bread factory, chocolate factory, pabrik mie, dll. Wah, kalau kesana kita cobain ya Ais!*emaknya malah yang mupeng.
Explorasi di bread factory. Yeay!

Oiya, supaya eksplorasi di booth profesi lebih berkesan, beberapa hal ini akan aku lakukan, hehe:

1. Memesan tiketnya secara online. Biar nggak habis waktu buat mengantri.

2. Datang ke KidZania tepat di jam buka. Biar maksimal eksplorasi di 5 jam itu. Hahaha

3. Pilih jadwal weekday, biar tiketnya murah dan harapannya sih pengunjungnya tidak seramai weekend. Hehe

4. Mampir dulu di booth Job Information Centre untuk mendapatkan informasi mengenai pekerjaan apa yang cocok untuk Ais. 100 booth mana mungkin sempat dikunjungi semua, apalagi kalau antri, ya kan?

5. Yang paling utama nih, pastikan baterai handphone dalam keadaan full. Soalnya bakal banyak foto-foto nih disini. Dan buat kenang-kenangan juga. Siapa tahu 15 tahun lagi salah satu profesi ini benar-benar jadi kenyataan, ya kan?

KidZania Jakarta sudah masuk wishlist utama tempat wisata keluarga untuk tahun ini. Semoga bisa kesana sama Ais dan ayahnya. Aamiin
Seru kan ya bisa Parent's Experience di KidZania seperti ini?

More info:

KidZania Jakarta
Alamat: Pacific Place Mall Jakarta lantai 6, SCBD Jalan Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan
Facebook : KIDZANIA JAKARTA
Twitter : @kidzaniajakarta >
Instagram : @kidzaniajakarta
Website : http://jakarta.kidzania.com/in-id/

Jam operasional:
Senin-Kamis: 09.00-16.00
Jumat-Minggu: Sesi 1: 09.00-14.00; Sesi 2: 15.00-20.00

Note: Sumber gambar dari KidZania

16.6.17

Me Time dengan Roro Mendut Lulur dan Masker


Weekend begini ibu-ibu biasanya ngapain? Kalau aku sih pengennya nggak ngapa-ngapain. Pokoknya hari malas sedunia. Bocah terserah deh mau ngapain kalau hari minggu. Biasanya sih si Ais bakalan seru-seruan sama mainannya. Atau ngajak ayahnya gelut-gelutan. Hihi.
Seru-seruan di kantor sama Ais

Kalau hari Minggu gini, aku bisa tidur tiga kali sehari. Ciyus. Emang pelor banget dah. Buatku, tidur adalah me time paling menyenangkan dan menyehatkan (halah pembelaan). Nah, Minggu ini aku pengen sesuatu yang seru buat weekendku nih. Tiba-tiba pengen luluran dan maskeran. Terakhir luluran dan maskeran mungkin 6 tahun yang lalu, sebelum Ais lahir ke dunia. Wew, lama banget yak?

Iya nih, semenjak hamil Ais dulu, aku mikir-mikir banget kalau mau perawatan. Selain terkendala waktu, karena aku kan gak pakai ART, juga harus selektif dalam memilih produk lulur dan masker yang digunakan. Akhirnya, aku pun urung luluran dan maskeran karena malas dan gak sempat mencari tahu produk lulur dan masker yang bagus dan aman.

Tapi itu dulu, sekarang sih aku sudah menemukan produk lulur dan masker yang bagus dan aman untuk kulitku. 100% terbuat dari bahan alami tanpa campuran bahan kimia berbahaya. Namanya Roro Mendut. Produk asli Indonesia yang berpusat di Yogyakarta. Produk andalannya adalah masker dan lulur rempah hitam. Terbuat dari bahan alami antara lain, ketan hitam, teh hitam, rumput laut, dan rempah berkhasiat lainnya.

Untuk mendapatkan produk ini, aku bisa membelinya secara online di websitenya, yaitu di Roro Mendut Official atau via instagram @roromendutbeauty. Nah, nanti pas mudik ke Jogja, aku bisa dapetin produknya secara offline nih di Mirota Batik.

Pengalaman menggunakan lulur dan masker Roro Mendut

Pengalaman menggunakan lulur dan masker Roro Mendut sangat berkesan. Aroma teh hitam dominan tercium dari lulur dan masker yang berwujud bubuk ini. Kata Ais, ibu mau bikin teh ya? Kan puasa? Eits, ini ibu mau luluran dulu Nak, hihihi..
Lulur dan masker Roro Mendut
Karena mengandung 100% bahan alami, maka kemasan Roro Mendut haruslah bagus. Oleh karena itu, setiap kemasan Roro Mendut dilengkapi dengan seal penutup. Jadi, kalau lulur atau masker tidak habis sekali pakai, bisa langsung ditutup tanpa repot-repot mencari karet gelang lagi. Xixixixi.
Seal penutup menjamin kesegaran produk
Cara pemakaian lulur dan masker Roro Mendut sangatlah mudah. Cukup campurkan dengan air putih sampai berbentuk pasta. Lalu, langsung diaplikasikan ke wajah. Untuk seluruh tubuh, gunakan 1 sachet Roro Mendut sebanyak 40 gram. Sedangkan untuk wajah, satu sachet Roro Mendut bisa digunakan untuk 3 kali pemakaian. Berhubung kalau luluran seluruh tubuh cukup merepotkan dilakukan sendiri, maka me time kali ini luluran wajah saja.
Campurkan produk dengan air sampai berbentuk pasta
Nah,begini nih cara pemakaianku kemarin:
1. Gunakan lulur sambil digosok-gosok di wajah.
2. Bilas lulur, kemudian aplikasikan masker agak tebal dan merata ke seluruh wajah.
3. Tunggu masker sampai mengering. Karena kemarin aku pakai maskernya agak tebal, jadi keringnya agak lama
4. Bilas masker menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Tara1 Wajah cerah seketika!
memanjakan diri tak perlu keluar rumah dan menghabiskan banyak uang. Cukup nikmati me time dengan Roro Mendut Lulur dan Masker. Bye-bye wajah kusam dan lelah!
Terlihat bedanya kan? Sama-sama no make up dan no filter loh ya...

Budaya cantik Indonesia menggunakan skincare Roro Mendut. Masker dan lulur yang memutihkan kulit secara alami dan aman.
Dapat dipesan di:
via instagram @roromendutbeauty
Dan secara offline di Mirota Batik Jogja

15.6.17

Mudik Selamat, Aman, dan Nyaman, dengan Pesawat


Dari awal bulan Maret, aku dan ibuku mulai rutin buka salah satu website booking tiket pesawat di Indonesia. Demi apa? Demi tiket murah buat mudik. Hehehehe, dan perburuan kami Alhamdulillah tidak sia-sia. Kami berhasil mendapat tiket pesawat dengan harga yang cukup normal. Walau pun konsekuensinya kami harus cuti kerja lebih awal. Hmm, tapi nggak apa-apa lah, kan diizinkan juga, hehe..
Selamat tinggal Palembang. Kami mudik dulu

Bepergian dengan pesawat sudah menjadi prioritas kami. Soalnya sebagai transmigran, rute mudik kami cukup jauh. Menggunakan transportasi darat akan menghabiskan waktu lebih lama, membutuhkan energi dan emosi yang lebih juga (seringnya macet dan lama menunggu antrian di pelabuhan, lol). Makanya, walau harga tiket pesawat lebih mahal, tapi masih lebih baik naik pesawat dibanding menggunakan bis.

Harga tiket pesawat mahal? Kayaknya nggak juga deh. Studi kasus saja nih, untuk mudikku dengan rute Palembang-Jogja. Kebetulan kemarin hasil hunting tiket pesawat kami sekeluarga dapat tiket pesawat 700 ribu per orang. Coba dibandingkan dengan tiket bus Palembang-Jogja yang seharga 450 ribu rupiah per orang. Ada selisih sekitar 250 ribu. Tapi, selama di perjalanan darat pasti kita butuh beberapa kali membeli makan di jalan. Anggap saja untuk makan di jalan habis 100 ribu (perjalanan 2 hari 2 malam cuy, 100ribu sudah minim banget sebenarnya). Dari sisa 150 ribu itu, masih harus dikurangi ongkos pijat (karena tulang pasti rasanya patah-patah habis perjalanan lama begitu), terus waktu 2 hari itu dari mana? Bolos kerja kan terpaksa? Potong gaji. Nah loh!
Naik pesawat mahal? Yakin?
Bukannya mau jelek-jelekin transportasi darat. Tapi, kalau perjalanannya memang membutuhkan waktu lebih dari sehari jika ditempuh dengan darat, lebih baik pilih menggunakan pesawat saja. Selain sangat menghemat waktu perjalanan, mudik menggunakan pesawat juga lebih nyaman dan aman. Lumayan menghemat waktu dan tenaga selama di perjalanan.

Mudik selamat dengan naik pesawat.

Standar penerbangan di Indonesia sudah bertaraf Internasional. Pilot dan awak kabin di pesawat adalah tenaga terdidik dan profesional sesuai bidangnya. Standar keselamatan menjadi prioritas utama penerbangan. Makanya, kalau naik pesawat jangan 'ndeso'. Disuruh jangan menyalakan handphone, eh malah asik telponan. Berbahaya tuh!

Mudik aman dengan naik pesawat.

Perhatikan deh, diantara bandara, terminal, stasiun, atau pelabuhan, mana yang tingkat pengamanannya  paling yahud? Yes, bandara juara dalam hal pengamanan. Security system di bandara ini yang sekarang mulai diadopsi stasiun. Sistem check in dan pemeriksaan bagasi, walaupun agak merepotkan, tapi sejatinya itu untuk melindungi kita, ya kan? Akses dan kesempatan orang untuk berbuat jahat diminimalkan dengan sistem tersebut.
Security system yang ketat, meminimalkan tindak kejahatan dan memaksimalkan keamanan

Mudik nyaman dengan pesawat.

Armada pesawat untuk komersial biasanya memiliki tempat duduk yang empuk dan nyaman, ruangan pesawat yang besar dan full AC, serta memiliki fasilitas bagasi yang cukup besar (sekitar 20kg per orang). Kurang nyaman gimana coba? Dan sebenarnya, yang membuat perjalanan menggunakan transportasi udara sangat nyaman adalah karena singkatnya waktu yang diperlukan untuk menjelajahi satu tempat ke tempat lain. Aku ingat betul, dulu zaman SD, naik pesawat itu masih merupakan barang mewah. Jadi kami sekeluarga naik bus dan terkadang membawa kendaraan pribadi. Saat itu alokasi waktu mudik bisa seminggu sendiri. Perjalanan kadang macet, bisa sampai 4 hari. Setelah sampai ke kota tujuan, perlu recovery minimal sehari untuk mengembalikan stamina. Kalau lagi apes, bisa dua sampai tiga hari tuh pemulihannya.
Mudik nyaman dengan pesawat!

Nah, semenjak pesawat tidak semahal dulu, kami sekeluarga lebih memilih mudik dengan pesawat. Karena waktu sangat berharga, kesehatan dan stamina juga tak kalah pentingnya. Dengan menggunakan transportasi udara, kami bisa mudik dengan selamat,aman, dan nyaman, serta tepat waktu sampai tujuan.

Oh ya, sekarang DJPU (Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan) membentuk komunitas bernama #SobatAviasi , langsung deh aku tertarik buat ikutan. Info tentang #SobatAviasi ada disini:
Instagram: @djpu151
Facebook: Direktorat Jendral Perhubungan Udara
Website: http://selamanya.id/

Wah, ternyata di websitenya ada pengumuman lomba vlog yang sedang diadakan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara (DJPU). Langsung deh submit buat ikutan, walaupun vlognya sederhana, setidaknya menggambarkan kenapa mudik menggunakan transportasi udara itu selamat, aman, dan nyaman.




13.6.17

Mengajarkan Berkebun pada Anak


Indonesia (katanya) adalah negara agraris, tapi sayangnya lahan pertanian di Indonesia makin berkurang. Profesi petani dianggap sebagai profesi yang kurang menjanjikan. Tengok saja bapak mertuaku yang petani, nggak ada satu pun anaknya yang meneruskan pekerjaan bapak. Padahal anaknya ada 7, sama menantunya berarti jadi 14. Soalnya, bapak memang tidak menyarankan anaknya berprofesi sebagai petani. Karena bapak sendiri merasakan, jadi petani itu nggak bisa bikin kaya. Tantangan menjadi petani itu besar, karena urusannya dengan tanaman, mahluk hidup ciptaan Allah yang bisa saja terserang penyakit, terkena bencana alam, dan banyak faktor-faktor yang menggagalkan produksi mereka. Dukungan pemerintah terhadap petani juga  belum maksimal. Jadi, wajar dong kalau makin jarang pemuda pemudi harapan bangsa (cieh) yang tertarik menjadi petani. Betul gak?
Eits, walaupun tidak berprofesi sebagai petani, tetapi sebaiknya kita tetap harus bisa melakukan kegiatan pertanian alias berkebun. Kenapa? Soalnya sayang banget, tanah di Indonesia itu subur, masak nggak dimanfaatkan sekedar untuk ditanami cabe, tomat, terong, atau mungkin bunga-bungaan yang cantik dan wangi.
Sebagai anak gedongan, maksudnya kanan kiri gedung semua alias tinggal di ruko, bukan berarti Ais gak bisa merasakan asyiknya berkebun. Alhamdulillah ruko yang kami sewa menyediakan sepetak tanah yang bisa kami gunakan untuk bercocok tanam. Jadi, bersama ayahnya, Ais rutin berkebun di halaman belakang ruko.
Kunci mengajarkan anak berkebun adalah dengan memberikan contoh yang nyata. Dan lagi, sekarang akses informasi banyak mengenai kegiatan berkebun. Jadi, makin gampang mengajarkan berkebun dengan anak kan?
Ayahnya Ais sewaktu kecil sering membantu bapaknya bertani. Jadi sedikit banyak ayahnya Ais paham bagaimana cara bercocok tanam. Menurutnya, ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan ayahnya Ais untuk mengajarkan berkebun kepada Ais.
1. Siapkan segala peralatan yang dibutuhkan. Benih atau bibit tanaman yang diinginkan, polibag, semprotan air. Semua peralatan harus sudah siap, supaya antusiasme anak tidak keburu turun.
2. Supaya anak tidak terlalu lama menunggu tanamannya tumbuh, bisa memilih bertanam dari bibit tanaman. Yaitu, tanaman yang sudah lengkap batang dan daunnya, namun ukurannya masih kecil dan belum berbunga/berbuah. Tetapi, disiapkan juga benih/biji tanaman yang sudah siap semai, supaya anak juga tahu proses berkebun kalau dari biji. 
3. Disiplin merawat tanaman. Jangan sampai lupa jadwal menyiram tanaman, kapan memberi pupuk, dan menyiangi rumput liar. Kadang anak suka lupa kalau punya tanaman kan? Nah, orang tua harus konsisten mengingatkan dan mengajak anak untuk berkebun sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
4. Pakai lotion anti nyamuk supaya anak nggak ribut gatal tergigit nyamuk.
5. Yang terpenting, orang tua harus siap anak kotor, karena berkebun itu kegiatan yang agak "messy". Di awal berkebun, mungkin anak justru fokus bermain tanah, ya biarkan saja. Yang penting selanjutnya dia akan menyukai kegiatan berkebun.
Nah, dengan konsistensi ayahnya Ais mengajarkan Ais berkebun, saat ini di halaman ruko telah tumbuh pohon cabe yang cukup ranum. Selanjutnya, ayahnya Ais ingin bereksperimen menanam bunga dari benih. Kebetulan calon rumah baru kami memiliki halaman depan yang cukup untuk ditanami bunga-bungaan. Kalau halaman ditanami bunga kan cantik tuh. Apalagi, di marketplace sekarang banyak bertebaran produk benih bunga yang ya ampun, cantik-cantik banget bunganya. Hmm, menanam bunga lavender kayaknya bagus ya? Bisa sekalian jadi anti nyamuk alami, ya kan? Atau kalau ada bunga rosela boleh juga nih, buat nanti diseduh menjadi teh rosela.
Berkebun adalah kegiatan yang menyenangkan dan menguntungkan. Yuk jadi generasi yang gemar berkebun. Dengan berkebun, kita bisa mengisi waktu luang dan syukur-syukur mampu mencukupi sebagian kebutuhan pangan kita. Ya kan?