28.3.16

Mendidik Anak Secara Cerdas dengan Metode Hypnoparenting

Anak sekarang semakin cerdas dan tak jarang pintar berargumen alias ngeyel, sehingga sebagai orang tua kita harus terus meng-upgrade diri biar nggak kalah cerdas dengan si anak. Salah satu cara mendidik anak secra cerdas yaitu dengan metode hypnoparenting. Wah apa itu hypnoparenting? Kok auranya negatif nih?



Bertempat di lantai 2 Jogja Expo Centre, diselenggarakan seminar hypnoparenting yang diselenggarakan oleh parcom (parenting comitte) Olifant School Yogyakarta. Pembicara untuk materi ini juga seorang dokter yang mumpuni di bidang kejiwaan, dr Wahyudi, MSc, Sp.KJ. Beliau saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Jiwa Militer RSPAU dr. S. Hardjolukito dan memiliki praktek hypnotherapy di Mitra Keluarga Yogyakarta.

dr Wahyudi, badannya tegap kayak Pak SBY ^_^

Hypno berasal dari kata hipnosis/hipnotis, sedangkan parenting berarti orang tua. Kita bahas satu persatu yuk.

Hipnotis
Hipnotis berarti memasukkan sugesti dengan masuk ke alam bawah sadar. Nah, hipnotis orang tua kepada anaknya untuk merubah perilaku tidak baik anaknya menjadi perilaku baik, maka hipnotis yang seperti ini halal, jadi hipnotis itu nggak selalu bermakna negatif kan? Oh ya, hipnotis sendiri adalah salah satu ilmu komunikasi yah. Jadi, bukan termasuk ilmu hitam, klenik apalagi gendam.

Sebagai dokter kejiwaan, beliau menyadari bahwa konsentrasi seseorang itu terbatas pada 11 menit pertama, Oleh karena itu, pada seminar kali ini beliau menyuguhkan video di sela presentasinya. Beberapa video yang disuguhkan adalah video praktek beliau. Beberapa teknik hipnotis diperlihatkan di video presentasi dr Wahyudi, antara lain teknik fiksasi mata, teknik jabat tangan, teknik sentuh dahi dan teknik anchor. Teknik terakhir ini tidak perlu keahlian khusus untuk melakukannya, sehingga dapat diaplikasikan untuk self hipnotis. 


Parenting
Dalam parenting, perlu dipahami bahwa anak adalah cerminan orang tua. Kalau anak bandel, yang harus intropeksi orang tuanya dulu.

Baca juga: Karena setiap anak itu unik, ibunya pun harus unik.

Konsep dasar parenting!
Sebelum menyelesaikan masalah anak, selesaikan dulu masalah orang tuanya. Bila masalahnya berat, jangan malu untuk meminta bantuan psikolog. Psikolog adalah sarjana psikologi yang membantu konseling sebelum permasalahan sampai mengganggu syaraf. Kalau diibaratkan, psikolog ibaratnya teman curhat. Bila gangguan sudah mengenai syaraf, barulah meminta bantuan dokter jiwa atau psikiater. Psikiater adalah dokter spesialis kejiwaan, sehingga bila seseorang mengalami permasalahan hidup yang sampai mengganggu syarafnya, maka dianjurkan berobat ke psikiater. Nggak hanya orang gila kok yang berobat ke psikiater, jadi jangan malu ke psikiater.

Teknik hypnoparenting


Cara dan waktu yang tepat untuk merubah anak? Saat otak di fase alpha dan theta. Yaitu antara fase sadar (beta) dan fase sebelum tidur nyenyak (delta).


Apa yang terjadi di dua gelombang ini? Pada fase ini lebih mudah memasukkan sugesti. Ada dua tahapan waktu untuk bisa memasuki tahapan ini, yaitu saat menjelang tidur dan saat pertengahan tidur.

1. Teknik sugesti menjelang tidur. Afirmasi ini cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Pastikan setelah disugesti anak tertidur, karena bila setelah 1 jam tidak tidur maka sugesti tidak efektif.

2. Saat pertengahan tidur. Hypnotherapy ini efektif dilakukan untuk anak-anak. Dilakukan saat anak sedang tidur nyenyak diganggu sedikit, umumnya anak akan bergerak sedikit, tetapi tidak sampai terbangun. Saat itu baru beri affirmasinya. Jaga agar anak kembali tertidur nyenyak setelah itu.

10% prosentase keberhasilan sugesti cepat dan bagus untuk mereka yang gampang terpengaruh. 85% sugesti cukup berhasil dengan harus diulang sekitar 3-6 kali. 5% sisanya mengalami kegagalan, karena memang ada individu yang terlalu sulit untuk disugesti.

Setelah pemaparan tentang cara hypnoparenting, acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab dengan dr. Wahyudi. Sebisa mungkin dr. Wahyudi menjawab pertanyaan, karena menurut beliau, orang gila saja bisa dia jawab pertanyaannya, apalagi kalau orang waras yang bertanya, hehe.


Pertanyaan.

1. Sugesti ke anak didik dalam kondisi beta/sadar, bagaimana caranya?

Pengajar bukan ke mengubah perilaku tetapi lebih ke mengulang pelajaran. Jadi tidak perlu cari2 waktu di gelombang teta dan beta.
Kenapa belajar di pagi hari lebih cepat masuk? Karena ada sisi2 dalam diri yang masih di gelombang 2.
Keefektifan hipnosis pada gelombang 3 yang katanya paling efektif untuk merestruktur kontennya atau file pikirannya.

2. Bagaimana mengetahui bahwa gangguan kejiwaan karena permasalahan psikis atau gangguan jin?

Untuk tahu gangguan karena jin atau gangguan psikis. Perhatikan penyebabnya. Kalau mendadak berarti karena jin. Kalau dikasih obat bisa tenang, berarti gangguan psikis.

3. Bagaimana bahasa sugesti yang baik?

Bahasa sugesti tidak saklek. Lakukan senyaman mungkin. Bila perlu buat contekan untuk affirmasinya.

4. Kapan batasan waktu menyatakan bahwa hypnotherapy gagal?

Menurut literatur, kalau selama 3 kali belum ada perubahan, berarti dianggap sulit. 6 kali seharusnya sudah 90% berhasil.

5. Apakah jenis kelamin dan usia berpengaruh pada keberhasilan hypnotherapy?

Jenis kelamin relatif berpengaruh. Wanita dan dewasa lebih mudah dihipnotherapy. Anak2 kadang kurang kooperatif. Paling tidak 4 SD baru bisa diterapi aktif. Orang tua juga susah karena cenderung merasa lebih pintar dan berpengalaman.

6. Apa perlu minta persetujuan anak untuk hypnoparenting?

Ya. Agar hasil hypnoparenting ke anak bisa maksimal.

7. Apakah dongeng dan mendengarkan murrotal Al Quran sebelum tidur bagian dari hypnotherapy?

Dongeng adalah bagian dari hypnotherapy. Jangan lupa pesan di akhir cerita. Mendengarkan murrotal sebelum tidur juga baik.

Sekilas info tentang gangguan jiwa.

Gangguan jiwa dapat terjadi karena kerusakan 3 hal:

1. Kerusakan Organik akibat otaknya yang rusak.
Untuk kerusakan organik tidak bisa di-hypnotherapy karena kaitannya sudah kerusakan saraf.

2. Kerusakan neurotransmiter.
Hal ini terjadi pada penderita skizophrenia, gila, autis berat. Kerusakan pada neurotransmitter juga tidak dapat diperbaiki dengan hypnotherapy.

3. Kerusakan Memory/gangguan memori.
Untuk pasien dengan masalah gangguan memori, hal ini masih bisa disembuhkan dengan dihipnoterapi. Syaratnya pasien masih bisa rileks, karena hipnotherapy dilakukan pada fase alpha dan theta, dimana kondisi pasien tidak sadar, tetapi juga belum tertidur lelap.

Menjelang pukul 13.30 siang, seluruh rangkaian acara ditutup. Tak lupa ketua Parcom Olifat, Ibu Ian Agisti Dewi Rani, SIP memberi kenang-kenangan kepada dr. Wahyudi, M.Sc, Sp. KJ.

Penyerahan kenang-kenangan sekaligus penutupan acara.
Buat yang lagi cari referensi mengenai hypnotheraphy:

dr Wahyudi, M.Sc, Sp. KJ:
Telp/ SMS/ WA: 0813 9096 9000
email: wahyudi.au@gmail.com
Kantor: RSPAU dr S Hardjolukito, Yogyakarta
Praktek: Mitra Keluarga. Jalan Perum Soka Asri Blok P no 1, Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.
Reaksi:

16 komentar:

  1. Bermanfaat sangat nih artikelnya... ;)

    BalasHapus
  2. Nice share mba, saya sudah pernah lakukan sejak anak usia 13 bulan karena dulu anak saya jika bangun tidur pasti nangis hebat akhirnya saya terapi metode ini alhamdulilah berhasil hanya saja bertahan sekitar 1 bulan hehehe krn saya jarang lg hypnosis maka muncul lg deh nangis bangun tidur. Salam kenal mba ^^

    BalasHapus
  3. No 6 maksudnya ijin ke siapa mak?wah aku harus coba banget yang perlu dihipnosis. Sama kayak mb herva, anakku kalau ngilir dan bangun ttidur sering nangis.tp biasanya memang kalau kecapekan atau kalau lg sakit

    BalasHapus
  4. No 6 maksudnya ijin ke siapa mak?wah aku harus coba banget yang perlu dihipnosis. Sama kayak mb herva, anakku kalau ngilir dan bangun ttidur sering nangis.tp biasanya memang kalau kecapekan atau kalau lg sakit

    BalasHapus
  5. Keren ini my roommate at EastParc...Mamah muda kekinian :)

    BalasHapus
  6. kapan bisa menghipnoterapy mba... maksudnya..bisakah dimulai sejak usia satu tahun...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari bayi baru lahir juga bisa, cuma paling susah ya bedain fase beta, delta, alpha or theta nya. Kan bobok teyus biasanya..hehe

      Hapus
  7. wah sekarang metode hypno sudah banyak diterapkan ya, dari psikolog, kusus bahasa inggris dan cara mendidik anak

    BalasHapus
  8. Apakah ada efek samping dari metode hypno seperti ini mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya nggak ada mas. Yang penting sugestinya positif aja.

      Hapus
  9. Mau diajak doonk kalau ada lagi hihihii...

    BalasHapus
  10. dibaa,, ajarii hypnotis donggg... *_*

    BalasHapus
  11. bekal buat entar supaya bisa jadi Super Daddy hehehe... makasih sudah share ilmunya mbak Ardiba

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...