10.1.14

Kuliah Online Bunda Cekatan: Mengatur Rumah dengan Prinsip 5R

Intro: Kuliah Ibu Profesional ini terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian bunda sayang, bunda cekatan, dan bunda produktif. Pertama kita harus menguasai tahapan bunda sayang, pada tahapan bunda sayang kita diajarkan untuk memahami mendidik anak dengan baik. Selanjutnya adalah bunda cekatan, ini adalah kemampuan dasar memanajemen rumah, membagi waktu dengan kegiatan luar rumah. Bila sudah bisa menerapkan teori bunda sayang dan bunda cekatan, selanjutnya adalah tahapan bunda produktif.

Akhirnya, kuliah online Bunda Cekatan dimulai lagi setelah dua minggu libur. Pada kali ini Bu Septi membawakan materi mengenai mengatur rumah agar serasa hotel bintang lima. Prinsipnya 5R, sebuah konsep penataan lingkungan kerja yang berfokus pada:
  • Kebersihan dan efisiensi tempat kerja
  • Standarisasi Prosedur kerja
  • Mengeliminasi segala sesuatu yang tidak diperlukan
  • Meningkatkan kualitas hasil kerja dan safety
  • Tahapan penting dalam menjalankan Waste Management
Prinsip 5S/R:

  1. Seiri/ Ringkas: Pergunakan benda sesuai peruntukannya, jadi kalau nyari ga repot. Singkirkan barang-barang yang ga perlu. Barang yang sering diginakan diletakkan di tempat yang gampang terjangkau. Yang jarang dipakai bisa disimpan di gudang. Mainan anak tidak di display, cukup kasih mainan secukupnya, selain mainan lebih awet, anak jadi berasa punya mainan baru terus, padahal anak yang lupa aja punya maianan itu.

  1. Seiton/ Rapi: setelah ringkas, lemari dan tempat penyimpanan lainnya hendaknya rapi. Biar kalo nyari ga repot*tutup muka, aku paling berantakan sedunia

  1. Seiso/ Resik: Ada rutinitas membersihkan/ terjadwal. Jangan menunda bersih-bersih. Sebelum tidur tuntaskan cucian piring dan bersih-bersih.

  1. Seiketsu/ Rawat: Jangan membeli barang kalau tidak bisa merawatnya. *makanya ga punya perhiasan, tas branded or baju sutera, udah mahal, ga bisa ngerawat lagi

  1. Shitsuke/ Rajin: Jangan malas melakukan 4 S/R diatas setiap hari. Sebaiknya 4 S/R ini dilakukan berurutan, semua ditata secara ringkas, dirapikan, dibersihkan, dan dirawat dengan baik. Barang yang ditata rapi dan rutin dibersihkan biasanya awet dan terawat. Paksa diri untuk disiplin menaruh barang pada tempatnya. Siapkan tempat khusus untuk kunci, HP, biasanya kalau ibunya disiplin, sekeluarga bisa ikutan disiplin. *tampar-tampar diri sendiri. Mau sampe kapan selebor begini. Hehe...

Yuk pelan-pelan mulai rapi dari diri sendiri.

Dengan bersih-bersih jadi ketahuan suka beli barang yang ga perlu atau tidak. Menahan godaan untuk belanja yang ga perlu. Selalu budget pengeluaran, misal 200 rb. Sedekahkan dulu 10 persen (20rb), biar terhindar godaan belanja yang ga perlu.

Teori Kaizen

Teori Kaizen adalah tindakan merubah proses kerja menjadi lebih baik. Sekecil apapun perubahan (baik) itulah Kaizen.
Mupeng punya rumah 'wah' kayak gini? Mulailah dari rumah sendiri. Jadi kalo berkesempatan punya rumah mewah bisa bersih dan rapi.

Kadang tempat penyimpanan jadi mainan anak, dan selalu berantakan. Solusinya diberitahu dan diajak bersihkan bersama. Sebelum anak puas berantakin, biarin aja diberantakin, kalau perlu ikut ngacak-ngacak, dibuat asyik aja, jadi ketika diajak membersihkan, anak pasti mau. *menurutku juga ga perlu seklek banget ya? Apalagi kalau anaknya masih balita. Tapi tetap konsisten ajarkan dan contohkan mengembalikan pada tempatnya. Nanti kan jadi terbiasa.

Memberikan anak atau karyawan ruangan khusus? Jangan lupa untuk mentraining/mengajarkan bagaimana merapikan? Mengkalsifikasikan barang? Kalau sampai masih berantakan, ya berarti salah kita ngajarinnya.

Delegasi masak dan mengurus rumah di kita. Kalo asisten melakukan kesalahan, berarti salah kita mentraining.

Mengajarkan anak pekerjaan rumah? Terapkan hari khusus, jadi ga perlu khawatir kalau rumah ga beres. Pada hari khusus ini terserah deh rumah berantakan.

****

Seri kuliah online Bunda Cekatan:


Seri buku Ibu Profesional, Bunda Cekatan ini sudah tersedia lho! Bisa pesan ke saya (WA=085327858828). Cuma 55 ribu aja!



Baca keseruan lain seputar keluarga. Plis klik: Housewife's diary
Simak juga resume kuliah online yang pernah kuikuti: Kuliah Online 
Reaksi:

8 komentar:

  1. nice sharing Dib!:* wikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wikan. km komen dari mana to?kok pake anonim. aku komen dari hp uangel je

      Hapus
  2. Pinginnnnn bgt rumah rapi...tp penghuni lain suka naruh barang sembarangan jd deh amburadul tiap hari...paling seneng klo semua dah brgkt...suami kerja anak sekolah...rumah akan rapi n kinclong sp sore...bgt plg...aduhai...kaos kaki,baju, tas kemana2...( kok jd curhat...hihi )...by the way makasih ni infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mb..gayane sharing tapi belum praktek juga. maklum otak kanan..*eh kok malah nyari pembenaran?

      Hapus
  3. Daku anggota ibuprofesional. Sudah download juga kuliah onlinenya. Eh, tapi ini jauh bnget ya dari keseharian saya..hahaha..

    BalasHapus
  4. Toss dari sesama yang paling berantakan. Duh rasanya waktu gak cukup buat bersih2....

    Nice sharing mba, ntar cobain ah...

    BalasHapus
  5. kalau udah deadline ya masukkan ke dalam satu kotak, simpan! hihihihihihihihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...