30.4.16

Ingat Makasar, ingat Mak Mugniar


Ingat Makasar, ingat Mak Mugniar

Ungkapan yang terkesan lebay, tapi memang itu yang sudah terpatri di kepalaku. Semenjak berkenalan lewat grup Kumpulan Emak Blogger sekitar dua tahun silam, aku senantiasa mengikuti perkembangan blog dari Blogger Makassar dan juga Srikandi Blogger Favorit tahun 2014 ini. Mulai dulu zamannya Mak Mugniar belum pakai domain pribadi, sampai akhirnya pakai domain pribadi. Gara-gara statusnya di FB yang bilang bahwa pindah alamat blog ke domain tld itu cepat dan nggak repot, jadi deh aku tergoda untuk hijrah ke domain tld juga, hehe.

Daya tarik seorang Mugniar Manakrama memang luar biasa buatku. She is so inspiring. Terlihat dari postingan-postingannya di blog. Tulisannya juga sering masuk ke media cetak, baru-baru ini di blognya dia cerita kalau dia bersama komunitas menulisnya, Ibu-Ibu Doyan Nulis Makassar ditawari untuk diliput oleh salah satu televisi nasional. Alhasil Mak Mugniar mejeng di layar kaca di seluruh Indonesia dong ya. Jadi ikut bangga sebagai temannya. *eh
Saat komunitas Mak Mugniar diliput. (foto dok. Mak Mugniar)

Selain banyak prestasi dan inspirasi Mak Mugniar sebagai Ibu Doyan Nulis dan Blogger Makassar, ada sebuah rangkaian postingan tentang pekerjaan Mak Mugniar yang bikin aku terinspirasi untuk mengikuti jejaknya.  Pekerjaan menarik itu adalah mystery shopper di Helion Research. Awalnya aku bingung saat membaca postingannya. Helion Research dan mystery shopper itu apaan ya? Ternyata itu adalah pekerjaan dimana kita berpura-pura berbelanja ke suatu toko, kemudian kita mengevaluasi kinerja toko tersebut. Poin-poin yang dievaluasi akan diberitahu oleh pihak Helion Research. Ibarat kata, kita shopping terus dibayar. Asyik kan? Wah, asyiknya ini ada syarat dan ketentuannya sih. Pengalaman Mak Mugniar sih, awal-awal jadi mystery shopper doi grogi abis. Ya iyalah, biasa shopping survey harga kesana kemari sesuai kehendak hati, tapi kali ini surveynya harus sesuai skenario yang ditetapkan Helion Research. Misi ini juga nggak boleh diketahui oleh pihak toko, wah-wah, kalau yang belum pengalaman bisa saja ketahuan. Mak Mugniar pernah menceritakan kasus dirinya ketahuan saat menjadi mystery shopper di blognya. Keseruan saat menjalani misi sebagai mystery shopper membuatku tertarik mendaftarkan diri.

Beberapa artikel tentang Helion di vlog Mak Mugniar.

Bukan Mak Mugniar kalau nggak menyajikan sesuatu secara komplit. Selain keseruan menjadi mystery shopper, Mak Mugniar juga menceritakan bagaimana cara mengambil honor dan mencairkan dana dari Helion Research. Kenapa sampai ada postingannya begitu? Ya iyalah. Helion Research kan perusahaan internasional, nanti bayaran setiap assignment berupa dollar. Nah, untuk bisa masuk ke tabungan kita, ada perjalanan yang (cukup) panjang. Mak Mugniar menjelaskan step by stepnya sesuai pengalamannya. Jadi, nggak ragu lagi buatku mendaftar Helion Research saat itu. Semua training dari Helion Research aku selesaikan, semua tetek bengek untuk pembayaran honor nantinya juga sudah aku siapkan. Intinya setelah membaca postingan di blog Mak Mugniar, aku langsung action biar segera bisa dapat assignment dari Helion Research. Namun sayangnya Helion Research belum memiliki assignment di sekitaran Yogyakarta. Jadi sampai detik ini belum bisa ngerasain jadi mystery shopper. Tapi aku yakin sih, kalau rezeki nggak akan kemana, apalagi Mak Mugniar yang baik hati saat itu berjanji akan mengabari kalau ada assignment Helion Research di sekitaran Yogyakarta. Buat teman-teman yang juga tertarik menjadi mystery shopper dan pengen kepo bagaimana pekerjaan di Helion Research, Mak Mugniar sudah banyak membahas ini di blognya. Silahkan buka blog Mak Mugniar di www.mugniar.com dan cari label HELION. 

Terima kasih supportnya Mak Mugniar. Tetap selalu menginspirasi semua.

Salah satu tulisan Mak Mugniar di media cetak. Inspiratif!


Reaksi:

7 komentar:

  1. wow, ada calon detektif juga rupanya, ditunggu kisah2nya kakak Diba :D
    Mau juga ah daftar, ntar berguru ama Mak Mugniar dulu :D

    BalasHapus
  2. iya mba, saya juga kalo ingat makasar, ya ingat mba Niar. Ingat mba Niar, ya ingat makasar hehe

    BalasHapus
  3. Iyaa..nunggu ada assignment di Jogja nih mb Lidha...

    Setuju ya Mb Santi...

    BalasHapus
  4. Iya ya Mak, belum ada untuk Jogja. Mudah2an besok2 ada. Untuk kota saya malah dikurangi jatah tokonya *hiks*

    Btw, terima kasih ya, apresiasinya :)

    BalasHapus
  5. Wah waaah, Diba langsung action ngikutin Kak Niar nih. Semoga segera ada rejekinya ya. Biar biasa ngerasain jadi mystery shopper jugak. Aku mau ngikutin jejak Kak Niar di konsisten nulisnya aja. Daku masih terseok-seok booo...:(

    BalasHapus
  6. Ini serius deh, jadi ikut penasaran sama MS Helion :D. Warbyazak mba Diba, langsung praktek yaa

    BalasHapus
  7. Semoga bisa ketemu sama mb niar di Makassar..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...