Stimulasi si Kecil untuk #PintarnyaBeda

Satu-satu kuatnya anakku    Dua-dua juga hebat akalnya   Tiga-tiga dekat dengan semua   Satu, dua, tiga, pintarnya memang beda.. ...

15.6.17

Mudik Selamat, Aman, dan Nyaman, dengan Pesawat


Dari awal bulan Maret, aku dan ibuku mulai rutin buka salah satu website booking tiket pesawat di Indonesia. Demi apa? Demi tiket murah buat mudik. Hehehehe, dan perburuan kami Alhamdulillah tidak sia-sia. Kami berhasil mendapat tiket pesawat dengan harga yang cukup normal. Walau pun konsekuensinya kami harus cuti kerja lebih awal. Hmm, tapi nggak apa-apa lah, kan diizinkan juga, hehe..
Selamat tinggal Palembang. Kami mudik dulu

Bepergian dengan pesawat sudah menjadi prioritas kami. Soalnya sebagai transmigran, rute mudik kami cukup jauh. Menggunakan transportasi darat akan menghabiskan waktu lebih lama, membutuhkan energi dan emosi yang lebih juga (seringnya macet dan lama menunggu antrian di pelabuhan, lol). Makanya, walau harga tiket pesawat lebih mahal, tapi masih lebih baik naik pesawat dibanding menggunakan bis.

Harga tiket pesawat mahal? Kayaknya nggak juga deh. Studi kasus saja nih, untuk mudikku dengan rute Palembang-Jogja. Kebetulan kemarin hasil hunting tiket pesawat kami sekeluarga dapat tiket pesawat 700 ribu per orang. Coba dibandingkan dengan tiket bus Palembang-Jogja yang seharga 450 ribu rupiah per orang. Ada selisih sekitar 250 ribu. Tapi, selama di perjalanan darat pasti kita butuh beberapa kali membeli makan di jalan. Anggap saja untuk makan di jalan habis 100 ribu (perjalanan 2 hari 2 malam cuy, 100ribu sudah minim banget sebenarnya). Dari sisa 150 ribu itu, masih harus dikurangi ongkos pijat (karena tulang pasti rasanya patah-patah habis perjalanan lama begitu), terus waktu 2 hari itu dari mana? Bolos kerja kan terpaksa? Potong gaji. Nah loh!
Naik pesawat mahal? Yakin?
Bukannya mau jelek-jelekin transportasi darat. Tapi, kalau perjalanannya memang membutuhkan waktu lebih dari sehari jika ditempuh dengan darat, lebih baik pilih menggunakan pesawat saja. Selain sangat menghemat waktu perjalanan, mudik menggunakan pesawat juga lebih nyaman dan aman. Lumayan menghemat waktu dan tenaga selama di perjalanan.

Mudik selamat dengan naik pesawat.

Standar penerbangan di Indonesia sudah bertaraf Internasional. Pilot dan awak kabin di pesawat adalah tenaga terdidik dan profesional sesuai bidangnya. Standar keselamatan menjadi prioritas utama penerbangan. Makanya, kalau naik pesawat jangan 'ndeso'. Disuruh jangan menyalakan handphone, eh malah asik telponan. Berbahaya tuh!

Mudik aman dengan naik pesawat.

Perhatikan deh, diantara bandara, terminal, stasiun, atau pelabuhan, mana yang tingkat pengamanannya  paling yahud? Yes, bandara juara dalam hal pengamanan. Security system di bandara ini yang sekarang mulai diadopsi stasiun. Sistem check in dan pemeriksaan bagasi, walaupun agak merepotkan, tapi sejatinya itu untuk melindungi kita, ya kan? Akses dan kesempatan orang untuk berbuat jahat diminimalkan dengan sistem tersebut.
Security system yang ketat, meminimalkan tindak kejahatan dan memaksimalkan keamanan

Mudik nyaman dengan pesawat.

Armada pesawat untuk komersial biasanya memiliki tempat duduk yang empuk dan nyaman, ruangan pesawat yang besar dan full AC, serta memiliki fasilitas bagasi yang cukup besar (sekitar 20kg per orang). Kurang nyaman gimana coba? Dan sebenarnya, yang membuat perjalanan menggunakan transportasi udara sangat nyaman adalah karena singkatnya waktu yang diperlukan untuk menjelajahi satu tempat ke tempat lain. Aku ingat betul, dulu zaman SD, naik pesawat itu masih merupakan barang mewah. Jadi kami sekeluarga naik bus dan terkadang membawa kendaraan pribadi. Saat itu alokasi waktu mudik bisa seminggu sendiri. Perjalanan kadang macet, bisa sampai 4 hari. Setelah sampai ke kota tujuan, perlu recovery minimal sehari untuk mengembalikan stamina. Kalau lagi apes, bisa dua sampai tiga hari tuh pemulihannya.
Mudik nyaman dengan pesawat!

Nah, semenjak pesawat tidak semahal dulu, kami sekeluarga lebih memilih mudik dengan pesawat. Karena waktu sangat berharga, kesehatan dan stamina juga tak kalah pentingnya. Dengan menggunakan transportasi udara, kami bisa mudik dengan selamat,aman, dan nyaman, serta tepat waktu sampai tujuan.

Oh ya, sekarang DJPU (Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan) membentuk komunitas bernama #SobatAviasi , langsung deh aku tertarik buat ikutan. Info tentang #SobatAviasi ada disini:
Instagram: @djpu151
Facebook: Direktorat Jendral Perhubungan Udara
Website: http://selamanya.id/

Wah, ternyata di websitenya ada pengumuman lomba vlog yang sedang diadakan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara (DJPU). Langsung deh submit buat ikutan, walaupun vlognya sederhana, setidaknya menggambarkan kenapa mudik menggunakan transportasi udara itu selamat, aman, dan nyaman.




Reaksi:

29 komentar:

  1. hahaha iya waktu mudik seminggu kalau menggunakan transportasi darat hanya bisa menggunakan 2 hari saja di kampung halaman, selebihnya habis di perjalanan. Lebih hemat waktu dan efisien sih ya..

    BalasHapus
  2. Naik pesawat memanh pilihan yang paling praktis buat mudik. Apalagi kayak aku yang memang mudiknya harus nyebrang pulau (Bali dan Kendari) mau cepet yo naik pesawatlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. La iya. Yg jauh2 kyk kita mah kudu naik pesawat drpd capek di jalan..

      Hapus
  3. Balasan
    1. Halo...sampai jumpa di sea games ya Bang. Hihi..

      Hapus
  4. Di video Ais lucuu... Selamat mudik yaa.. Have a safe flightt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah perjalanan lancar maak..

      Hapus
  5. mudik aman dan nyaman sampai tujuan mungkin tujuan semua orang ni. mantap mba video tipsnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas. Harapan semua orang pastinya..

      Hapus
  6. Iya juga sich... Tak pikir2 mmg aslinya lbh murah pesawat, cepat pulaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillahnya pesawat sdh menjangkau di byk daerah sih yaa

      Hapus
  7. saat ini mudik dengan menggunakan pesawat sudah lebih mudah dan terjangkau yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Harga tiketnya makin kompetitif

      Hapus
  8. saat pemeriksaan itu yang agak malas, karena harus siapin semuanya, salah satunya melepas ikat pinggang :D untung aja waktu itu celana gak kedodoran

    BalasHapus
  9. perjalanan dinas aja aku milih pake pesawat mba apalagi mudik hahaha uda mah klo mudik puasa bener bgt pke pesawat y hemat tenanga n utamanya emosi 😂 semakin kesini pesawat uda ga jd transportasi mewah sdh bisa terjangkau alhamdulilah nyaman deh perjalanan y mba

    BalasHapus
  10. Naik pesawatnya lebih murah dibanding jalur darat yg makan waktu dan butuh pijet, wkwkwk

    BalasHapus
  11. Waaah...udah mudik ya. Gasik ya mudiknya. Selamat berkumpul dg keluarga ya

    BalasHapus
  12. Mudik pakai pesawat memang lebih menghemat waktu dan tak menguras tenaga karena bebas macet

    BalasHapus
  13. AKu pun lebih suka naik pesawat kalau ke Sby, lebih cepet. Apalagi bawa balita ya, kepengennya cepet nyampe aja hehe :D

    BalasHapus
  14. wah terbang aman & selamat itu yang paripurna, kalau bisa nyaman yaa alhamdulillah ya mba. eniwei saya suka bagian yang 'huru-hara' berburu tiket promo nan murah, kalau benar-benar dapat tiket murah, puasnya ngga ketulungan hahaha :D

    BalasHapus
  15. Setujuuuuuu...
    Memang sebaiknya kalau mudik pakai pesawt saja. apalahi kalau kita bawa balita resikonya besar.
    Kan anak-anak yang masih di bawah umur 2thn masih gratis naik psawatnya hehehhehe....

    BalasHapus
  16. kalau dihitung2 dan dibandingkan sih, mudik pakai pesawat emang jadinya lebih murah ya. Apalagi kalau perjalanan mudik ratusan kilometer dan harus bawa balita... kebayang rewelnya di jalan

    BalasHapus
  17. Aku pernah naik bus dari Jakarta ke Malang, capeknya rasanya tidak hilang-hilang. Akhirnya sekarang ganti pesawat atau kereta. Salam mba Ardiba

    BalasHapus
  18. Mudik pake pesawat cepet nyampe juga ya

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah ya Mbak berkat cari tiket jauh hari harganya masih kebilang normal :)

    BalasHapus
  20. sekarang memang harga tiket pesawat nggak beda jauh dengan kereta jadi enakan memang naik pesawat lebih hemat waktu dan tenaga. Good luck mba semoga menang yaa lomba blognya ^^. Salam kenal.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...