1.5.16

Belanja senyaman bertamu di Tirana House


Ingin mencari produk branded dan berkualitas tapi nggak bikin kantong jebol? Barang KW sih sepertinya cukup terjangkau, tetapi kualitas tetap nggak bisa dibohongi kan? Jangan khawatir, butik/toko dengan model 'stock lot' bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan produk yang kita inginkan dengan harga yang terjangkau. Apalagi kalau tempatnya senyaman di rumah begini. Hmm, sepertinya bakalan ketagihan untuk terus 'bertamu' kesini. Awak KBJ berkesempatan nongkrong disini nih Selasa, 26 April lalu.


Sekilas tentang  Tirana House

Tirana House berdiri pada bulan April 2011, namun karena suatu hal maka untuk hari jadinya adalah 9 Juni. Butik yang memiliki dua outlet di Jogja dan satu outlet di lombok ini didirikan oleh Mbak Nunuk dan seorang sahabatnya semasa kuliah. Untuk 2 outlet di Jogja ditangani sendiri oleh Mbak Nunuk, sedangkan untuk outlet di Lombok bersifat franchise.

Konsep butik Tirana House adalah home shopping, jadi Mbak Nunuk dan among tamu(tidak mengenal istilah SPG) melayani tamu seperti tamu di rumah sendiri. Pelanggan akan ditemani berbelanja bahkan sekedar ngobrol-ngobrol atau wifi-an disini juga boleh.

Untuk produknya, Tirana House mengambil barang dengan sistem stock lot, yaitu barang sisa pabrik yang terjamin originalitasnya. Jadi jangan heran kalau lihat sepatu nike dengan kualitas persis di outlet yang di mall itu, tetapi harganya lebih murah sampai separuh harga! Tetapi kelemahan stock lot adalah biasanya ukuran dan model produk sudah tidak komplit lagi. Yah, tapi koleksi barang branded di Tirana House ini cukup banyak kok, jadi jangan khawatir.

Tempatnya nyaman untuk selfie *ups

Apa saja yang ada di Tirana House?

Outlet Tirana House ada di Suryodiningratan dan Kotabaru. Untuk outlet di Suryodiningratan konsepnya baju dewasa dan anak-anak, sedangkan Kotabaru lebih ke konsep teenager. Untuk produk parfum branded juga hanya tersedia di Tirana House Kotabaru. Mbak Nunuk berani jamin kalau kualitas produk yang dijual di Tirana House sama persis dengan yang beredar di pasaran.


Selain menjual produk branded dengan sistem stock lot, Tirana House juga menerima konsinyasi dengan local product dengan syarat kualitas produk tertentu. Dua rak di Tirana House Kotabaru bahkan didedikasikan untuk perancang busana lokal Indonesia. Kali ini yang beruntung menempati rak khusus Tirana House adalah produk dari btsy, karya perancang busana dari Solo, Betsy Swasitikowati. Sekilas tentang produk dan rancangannya ada di katalognya. Diharapkan selain menjual bajunya, perancang busana lokal akan lebih dikenal dan orang akan 'notice' dengan konsep karyanya. 

Rancangan busana Betsy kali ini diberi judul 'Nyonyah Pitut Erickson'. Seperti nama orang ya? Iyes, itu memang nama tantenya yang menikah dengan bule dan tinggal di luar negeri. Betsy terinspirasi dengan gaya berbusana tantenya ini dan mengaplikasikan dalam rancangan busananya. Motifnya terinspirasi motif batik kawung. Perpaduan warnanya cantik, cerah dan ceria. Produk yang tersedia hanya satu potong saja setiap modelnya. Jadi nggak perlu khawatir kembaran deh, hehe.


Fasilitas di Tirana House


Sebagai butik produk branded, Tirana House memiliki fasilitas standar untuk butik seperti toilet dan berbagai sistem pembayaran mulai dari cash, e-money, debit, maupun kartu kredit. Namun, ada satu jenis pembayaran unik di Tirana House yaitu: sistem cicilan.

Apa bedanya dengan pembayaran dengan kartu kredit?
Oh, jelas berbeda. Pembayaran dengan sistem cicilan ini urusannya langsung dengan Mbak Nunuk selaku owner Tirana House. Pernah suatu hari ada seorang ibu yang ingin membelikan anaknya gaun pesta di hari ulang tahun anaknya. Akan tetapi kondisi keuangan si ibu tidak terlalu baik. Nah, si ibu memanfaatkan fasilitas cicilan yang berlaku di Tirana House. Jadi si ibu 'menabung' di Tirana House sekitar satu bulan sebelum hari ulang tahun anaknya, nah pas hari ulang tahun anaknya, si ibu tinggal melunasi sisanya dan barang pun di tangan. Kalau istilah di onlineshop sih, sistem ini seperti 'bayar DP' gitu. Jadi pelanggan mencicil sampai lunas, baru kemudian barang bisa diambil. Kadang ada juga pelanggan yang lupa kalau dia sedang mencicil barang, pihak Tirana akan mengingatkan pelanggan seperti ini, dan Tirana tidak akan menjual barang yang sedang dicicil tersebut ke pelanggan lain, kecuali memang pelanggan yang tengah mencicil tersebut tidak jadi membeli barang tersebut. Tapi kata Mbak Nunuk sih biasanya pada jadi ambil semua (ya iyalah rugi amat duit yang udah keluar buat mencicil)
  
Motto Tirana House: Fashion, art, creativity, and dedication

Tirana House memiliki moto: Fashion, Art, Creativity, dan Dedication

Fashion. Tentu saja karena Tirana House menjual baju(fashion).

Art. Selain menjual baju, Tirana House juga memberi space buat para perajin untuk menampilkan karyanya di showroom Tirana House (art). Contoh karya perajin yang didisplay dan dipromosikan Tirana House adalah kalung dari keramik di bawah ini.


Creative. Tirana House memiliki konsep pemasaran yang kreatif dan unik. Tirana House mensupport berbagai kegiatan/event untuk diselenggarakan di outlet Tirana House seperti workshop kaligrafi maupun program bertajuk Kamis Seru yang menghadirkan sketsa wajah oleh Mimpi  Ngelukis, Henna painting oleh Khaila's Henna Jogja dan Tarot reading oleh Bobby Blanco.

Dedication. Tirana House mendukung pengurangan sampah plastik dengan menggunakan paper bag. Bahkan Tirana House tidak membungkus baju dengan plastik terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke paper bag. Bukan pelit atau nggak modal, tetapi itu semata untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik. Selain menghemat plastik, Tirana juga mendukung penghematan energi dengan menggunakan lampu LED yang awet dehingga mengurangi sampah bohlam juga. Outlet didesain banyak jendelanya sehingga memungkinkan penggunaan lampu secara minimal. Akan tetapi, untuk menyamankan pengunjung dalam memilih barang,  lampu tetap dinyalakan ketika ada pelanggan. Selain itu, untuk hiasan dan ornamen-ornamen di outlet, Tirana House prefer menggunakan bunga hidup dan bahan alami lainnya.

Bakal betah nih seharian di Tirana House. Buat yang pengen mampir, ini nih alamat lengkap Tirana House tempatku nongkrong sama KBJ hari ini:

Tirana House Kotabaru Jogja:
Jl. Abu Bakar Ali (sebelah Lagend Coffee), Kotabaru, Daerah Istimewa Yogyakarta

Cabang lain di Jogja:
Jl. Suryodiningratan No.55, Suryodiningratan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
(0274) 411615

Semoga menikmati Tirana House ^_^

Reaksi:

3 komentar:

  1. koleksi dari btsy warna-warnanya ciamik. Cerah tapi gak keramean gitu.

    BalasHapus
  2. wah keren banget nih, di bandung blum ada euy
    klo konsep yg serasa bertamu paling baru restoran2 aj

    BalasHapus
  3. kykna sejuk tempatnyaa juga

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...