22.2.16

Inspirasi dari Travel Blogger dan Penulis Produktif

Pertama kali dimasukkan ke grup blogger kekinian (bloggerkekinian.com), aku banyak berkenalan dengan blogger-blogger keren. Salah satunya yang aku 'kepo'in adalah blognya Mbak Dian Radiata. Dari pertama masuk blognya yang berjudul www.adventurose.com, aku dibuat terkagum-kagum. Kekaguman pertama adalah karena tampilan blognya yang sederhana tetapi berkelas. Logo blognya eye catching banget. Jadi kepikiran mau bikin logo blog sendiri juga, hehe.

Baca juga: Sahabat sekaligus guru ngeblog-ku
Logo blognya eye catching banget!
Selain logo blognya yang eye catching abis, Mbak Dian ini ternyata punya segudang prestasi yang wow! Buku-buku hasil karyanya banyak, belum lagi publikasi media dan lomba blog yang berhasil dimenangkannya. Wih, salut deh sama produktivitasnya! Padahal Mbak Dian sendiri punya kesibukan seabrek sebagai Engineer di perusahaan pembuatan kapal di Batam. Waduh, gimana bagi waktunya tuh ya?
Beberapa buku karya Mbak Dian Radiata

Blognya memang memancarkan auranya yang suka menulis. Dia menceritakan bahwa dari 2007 dirinya sudah aktif ngeblog. Saat itu sedang jaya blognya multiply. Bahkan di tahun 2011 mendapat MPID Award untuk kategori Catatan Perjalanan Terbaik. Tapi sayang, multiply kemudian ditutup dan Mbak Dian saat itu sempat males nulis lagi tuh. Untungnya sekarang Mbak Dian kembali semangat menulis lewat blog www.adventurose.com ini.

Aku sendiri belum pernah bertemu langsung dengan Mbak Dian. Akan tetapi saat membaca blognya, aku merasa sepert sudah mengenalnya lama. Gaya menulisnya seakan sedang antusias bercerita denganku *ish geer, siapa elu coba! haha! Memang mungkin seperti itulah 'the power of blogging', sekalipun belum bertatap muka langsung, akan tetapi kedekatan itu dapat terjalin lewat untaian kata yang bercerita. Aku sendiri sebenarnya suka traveling, akan tetapi banyak kendala (terutama kendala biaya, haha!), yang menyebabkan keinginan plesiran itu sering tidak terealisasi. Akan tetapi aku tetap bahagia dan seringkali memanfaatkan kegiatan blogwalking ke teman-teman travel blogger seperti Mbak Dian ini untuk 'merasakan' travelling walau hanya lewat gambar dan kata-kata. Well, kelihatannya 'melas', tapi sebenarnya sangat bermanfaat buatku. Karena ketika menikmati tulisan perjalanan wisata seseorang, kita bisa merasakan sensasi berwisata tanpa harus bepergian, menyiapkan budget dan juga fisik. Selain itu kita juga bisa mendapat referensi mengenai tempat yang dituju, mulai dari apa saja yang harus disiapkan, berapa perkiraan budgetnya sampai spot-spot menarik mana saja yang bisa dituju di kawasan itu. 

Mbak Dian membagi catatan perjalannya dalam dua bagian, yaitu untuk destinasi wisata di Indonesia dan destinasi luar negeri dengan tajuk 'go abroad'. Membaca tulisan-tulisan Mbak Dian tak ubahnya sedang membaca tulisan di media cetak. Ya, tulisan Mbak Dian memang beberapa kali masuk media cetak. Ya nggak heran lah, kan sudah disinggung di awal ceritaku tadi, kalau Mbak Dian itu penulis yang cukup produktif menulis buku. Jadi nggak heran dong kalau tulisannya mampu memikat beberapa media cetak. Membaca tulisan Mbak Dian, selain bisa ikut merasakan berwisata bersamanya, aku juga belajar banyak hal, terutama menulis yang 'publishable'. Menulis di blog memang tidak ada editor khusus. Kita sendiri yang harus mengkoreksi tulisan kita. Belajar dari ahli yang sudah menembus banyak editor -seperti Mbak Dian- adalah salah satu cara mengasah kemampuan kita menjadi editor yang baik. Keep writing n inspiring Mbak Dian! 

Aku memang belum penah bertemu langsung dengan Mbak Dian. Tetapi kalau melihat fotonya di blog, aku jadi teringat dengan desainer terkenal Dian Pelangi. Wajahnya Mbak Dian chubby, mirip sama Dian Pelangi.  Eh, namanya sama-sama Dian ya? Jangan-jangan mereka bersaudara ya? Hehe. Entahlah...

Reaksi:

11 komentar:

  1. kayaknya kalau pake make up sama hijab yang sama bisa mirip banget deh.. :D

    BalasHapus
  2. Iya kan..dirimu juga setuju kan Mak..hehe

    BalasHapus
  3. Masih penasaran mba dee pake jilbab warna pelangi gitu....

    BalasHapus
  4. Huaaaaaa..... Speechless disamain ama Dian Pelangi *blushing :D
    Makasih tulisannya ya mbak Dibaaa... *ketjup!

    BalasHapus
  5. Huaaaaaa..... Speechless disamain ama Dian Pelangi *blushing :D
    Makasih tulisannya ya mbak Dibaaa... *ketjup!

    BalasHapus
  6. aih, coba langsung kepoin blog mbak Dian!

    BalasHapus
  7. Membaca tulisan mba Ardiba ini kayaknya adventurose menarik menarik juga, salam kenal ya Mba Dian. Izin berkunjung.

    BalasHapus
  8. Wessss gimana bagi waktunya ya itu. Keren banget.

    BalasHapus
  9. Mbak Dian emang keren, jadi inget belum nulis ttg doi

    BalasHapus
  10. coba saya lihat e lebih dekat, mana yg lebih cantik. hehe

    BalasHapus
  11. Keren, hehe... ternyata saya juga sudah pernah baca dan mampir me blog beliau. Keren emang

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...