8.7.15

Tujuh Fakta Air Agar Tetap Fit Selama Bulan Puasa



Saat bulan puasa begini, banyak tuh anjuran makan ini dan itu, tapi kita sering terlupa sama satu hal kecil tapi penting ini, yaitu asupan cairan berupa air putih. Memang air tidak mengandung nutrisi, tapi air punya banyak manfaat sebagai zat gizi di tubuh loh. Air berfungsi sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, sebagai pengatur suhu tubuh, sebagai pelarut, sebagai pelumas dan bantalan, sebagai media transportasi, dan sebagai media eliminasi toksin dan produk sisa metabolisme (1).

Tuh, banyak sekali ya manfaat air di dalam tubuh? Jadi, biar puasa tetap fit, perhatikan deh tujuh fakta air di bawah ini.

1. Asupan air yang cukup membuatmu tetap fokus dan konsentrasi




Inget dong iklan Aqua yang nunjukin betapa konyolnya kita kalau kekurangan air putih? Kalau lagi nggak puasa sih sebaiknya selalu bekal air putih kemana pun. Tujuannya biar setiap kali merasa haus bisa langsung minum. Nah kalau lagi puasa? Asupan air tetap harus terpenuhi dong ya? Gimana dong ngaturnya?

Saat bulan puasa, kita tetap bisa kok mengkonsumsi 8 gelas air sesuai anjuran(sebenarnya sih asupan kita tidak bisa lebih atau kurang dari 8 gelas, karena tergantung sama berat badan juga, tapi kisaran kasarnya memang segitu). Inget aja rumus #Aqua242.

Apa tuh #Aqua242? Jadi minum dua gelas air putih di saat buka. Empat gelas air putih sepanjang malam sampai mau tidur. Dan dua gelas air putih di saat sahur

Dengan manajemen 2+4+2 ini, asupan air putih selama berpuasa akan terpenuhi dengan baik. Harusnya sih nggak ada lagi 'drama' salah mengenali orang atau nggak bisa buka pintu kantor karena kurang cairan. Faktanya, kekurangan cairan 3-5% memang dapat menurunkan konsentrasi (1).

2. Asupan air yang cukup akan membuat buang air lebih teratur




Tahu nggak kenapa buah dan sayur dianjurkan untuk melancarkan buang air? Selain karena kandungan seratnya, buah dan sayur memiliki kandungan air yang tinggi, jadi dapat menghidrasi feses sehingga lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Nah, gaya hidup sehat kita tentu belum komplit dong kalau tidak diimbangi asupan air putih yang cukup, Ingat lagi #Aqua242 saat bulan puasa.

3. Air putih dapat menjadi detoks bagi racun di dalam tubuh




Terkadang kita tidak bisa mengontrol asupan makan kita. Kesibukan bekerja dapat memaksa kita untuk makan makanan instan karena kebutuhan akan kepraktisan. Sejatinya sih kita paham bahwa ada 'racun' yang sedang dimasukkan ke dalam tubuh ketika kita menyantap makanan instan. Merasa bersalah? Obati rasa bersalahmu dengan banyak-banyak mengkonsumsi air putih. Biarkan racun dari pengawet dan perisa sintetis itu keluar melalui urinmu.*psst, tapi tetep sebaiknya jangan sering-sering makan makanan instan lah ya. Hidup homemade food and drink!

4. Asupan air yang cukup menghindarkan dari permasalahan kecantikan seperti bibir kering dan pecah-pecah atau pun kulit kasar




Nah ini tinta tebal khususnya buat para wanita. Mau dong tetap terlihat mempesona selama puasa. Tapi, punya masalah bibir pecah-pecah dan kulit kasar serta kering? Sebelum heboh pakai kosmetik ini dan itu, cek dulu deh bagaimana asupan airmu? Apalagi bulan puasa gini, biasanya pas buka puasa perutnya keburu penuh sama bermacam takjil dan menu makan yang lebih istimewa dari hari biasa. Akibatnya asupan air putih saat berbuka kurang diperhatikan. Jadi, tetap ingat manajemen minum air putih 2+4+2 ya. Sebaiknya sih dahulukan minum air putih sebelum makan. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, minum air sebelum makan akan membuat lambung terisi, jadi nggak berlebihan saat makan. Bagus juga buat diet nih!

5. Air yang cukup membantu menstabilkan emosi




Tahu nggak? ketika tubuh kekurangan cairan sebesar 3% saja, emosi menjadi kurang stabil? Ya, karena kekurangan cairan dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat, akibatnya tubuh menjadi kurang nyaman, lebih mudah kepanasan, akhirnya lebih cepat tersulut deh emosinya. Wah, wah, bisa berkurang dong amalan berpuasa kita kalau gampang emosi. Yuk, cegah hal ini dengan banyak mengerjakan amalan ibadah baik wajib mau pun sunah dan manajemen asupan air putih 2+4+2 sepanjang buka hingga saat sahur.

6. Asupan air yang cukup mencegah penyakit musiman seperti demam dan panas dalam



Cuaca sering tak menentu. Sebentar panas, sebentar hujan, kalau pagi udara bisa dingin sekali, eh siangnya bisa panas terik. Tubuh harus beradaptasi dengan itu semua. Kalau nggak, tubuh akan memberi sinyal gangguan kesehatan seperti panas dalam sampai demam. Nah, salah satu bekal supaya tubuh bisa beradaptasi dengan berbagai tipe cuaca, ya dengan asupan air yang cukup. Dengan asupan air yang cukup, suhu tubuh menjadi tetap stabil, jadi nggak sampai panas dalam. Asupan air yang cukup juga menjamin nutrisi terdistribusi dengan baik, sesuai fungsi air sebagai media transportasi. Jadi, ingat manajemen air putih 2+4+2 biar tetap fit berpuasa di berbagai kondisi cuaca.


7. Air putih adalah pengganti cairan terbaik!

Pilih air putih, tanpa gula, tanpa kalori, gambar dari brilio.net
Selain memperhatikan asupan air yang masuk ke tubuh, kita perlu juga untuk memperhatikan jenis airnya. Kalau lagi bulan puasa gini sih bermacam jenis minuman sangat menggoda. Eh, tapi harus selektif dan dikontrol kandungan gulanya loh. Lebih baik dahulukan konsumsi air putih deh biar asupan minuman manismu lebih terkontrol. Sebaik-baik pengganti cairan tubuh adalah air putih, karena memang sesuai fungsinya, mengganti cairan tubuh. Nggak ada 'efek samping' seperti meningkatkan gula darah dan sebagainya.

Ternyata, nggak susah ya untuk tetap fit selama berpuasa. Dengan tubuh fit selama berpuasa, semoga amalan berpuasa kita bisa lebih maksimal dan mendapatkan kemenangan yang sebenarnya di hari raya. Aamin.

Referensi:
1. Lembar Fakta-Puasa Sehat Bersama Aqua 2+4+2
2. Mitos dan Fakta Minuman di Bulan Puasa

Tulisan ini  untuk diikutkan dalam kompetisi menulis Aqua 2+4+2. Keterangan lengkap disini.





Reaksi:

26 komentar:

  1. Yeay... bener banget. Aku kalo kurang minum air putih itu pasti sakit pinggang. Katanya sih, itu tandanya ginjal minta diperhatikan.
    Btw, baru nyadar aku belom follow blogmu, Mak. Yuk ah saling follow... #fakirfollowerberaksi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. What? Aku belum follow blogmu? Huhuhu..maafkeun..

      Hapus
  2. Makasih informasi artikelnya mba. Memang asupan air putih itu diperlukan banget buat tubuh kita

    BalasHapus
  3. Baca blog ini sambil minum teh hangat.
    Huaaa.. air putih mana, air putih. >.<

    Sukses lomba blognya yahh.. :)

    BalasHapus
  4. Saya nih..kurang banget minum airnya..padahal perlu banget.. >,<

    BalasHapus
  5. Ini blognya siapa ya? tengak-tengok kok nyasar di sini *kurang minum air* (aqua mana aqua) ^ ^
    Bener banget air sangat penting bagi tubuh kita.
    Btw, mau dong diajari cara bikin gambar-gambarnya, Mak.

    BalasHapus
  6. Ilustrasinya kece mba... :)
    Good luck ya lombanya ^^

    BalasHapus
  7. Saya sekeluarga juga pehobi air mineral. Kemana-mana masih bawa botol air hihi

    BalasHapus
  8. iya bner banget.. klo krg mnm itu ga enak. jadi hrs tetap jaga cairan ya mak..

    BalasHapus
  9. Bener bgt mak.... air putih is number one... hehehe...apapun makanannya air putih minumannya... smg menang mak :)

    BalasHapus
  10. Iyes mak2 semua..makasih ya pada komen..jadi terharuuu..
    Mak Dini Nuris..aku pake aplikasi phonto ini. Ada versi apple sm android. Cobain ya mak..

    BalasHapus
  11. Saya yg masih kurang minum air putih. Padahal penting bgt ya. Pengen minum banyak, begitu minum beser trus ke belakang terus. Skrg lagi belajar rajin minum air putih biar tampak seger :)

    BalasHapus
  12. Aku suka bgd mak air putih, skrg lagi semangat bgd nularin kesukaanku ini ke keluarga suami yg suka bgd minum yg manis2...
    Boleh deh nih, tulisanmu aku jdikan referensi y mak..tengkiuuu :)

    BalasHapus
  13. Kebiasaan keluargaku minum air putih dingin mbak..kalau gak dingin agak susah tuh minum.

    BalasHapus
  14. kalo ga minum air putih 8 gelas sehari itu berasa bgt bedanya mba... trutama di kulit... jd kusam -__-.. makanya aku slalu usahain bisa 8 glas sehari... ke toilet mulu bodo amat deh, drpd kulit cepet keriput :D

    BalasHapus
  15. Tambah ilmu lagi tentang air putih :)
    Sukses untuk lombanya ya.

    BalasHapus
  16. I looove air putih buat buka puasa mak.
    Moga juara yaaa :)

    BalasHapus
  17. Toss dulu sama semua emak2 pecinta air putih ^_^

    BalasHapus
  18. saya peminum air putih berat mak, kemana2 harus bawa tempat air minum, kalo kurang sedikit jadi pusing

    BalasHapus
  19. extraaa extraaa air putih itu penting...saat tak berpuasa, apalagi saat puasa :)

    BalasHapus
  20. Mantap mak diba infonya...tfs :)

    BalasHapus
  21. Semoga menang ya mak dib, ulasannya komplet

    BalasHapus
  22. saya kalau kurang minum suka migrain... :(

    BalasHapus
  23. aku juga suka minum air putih.. terutama buat kumur2 stl makan :D

    BalasHapus
  24. aku juga kalo kurang minum terasa banget kulitnya mengkerut, maklum mulai tua hehehehe

    BalasHapus
  25. Suka banget sama 7 fakta nya, Mak Diba. Makin kereeenn, nih. Miss youuuu

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...