9.7.17

Nglathak Kekinian di Kota Jogja

Sore itu kulaju motorku ke daerah kampus UGM. Bukan untuk ke kampus, melainkan untuk mengikuti halal bi halal blogger Jogja yang diprakarsai oleh @WawanJogja. Lokasi pertemuan di Nglathak. Dari namanya sudah jelas kalau ini rumah makan sate kambing, yes?
Sate Klathak Mozarella dan Teh Biru di Nglathak

Betul banget. Nglathak yang berlokasi di Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 adalah tempat makan sate kambing khas Jogja alias sate klathak. Tapi klathaknya bukan sembarang klathak, mau tau istimewanya?

Sejarah Nglathak
Muhammad Subroto (Mas To) selaku pemilik Nglathak, membuka warung Nglathak pada bulan Mei 2015 dengan konsep warung kaki lima. Tetapi warung model ini hanya bertahan sampai bulan Maret 2016 karena terkendala lahan berjualan kaki lima yang semakin tergusur parkiran mobil.
Mas To, owner Nglathak (kanan) dan Om Wawan (kiri)
Pada bulan Desember 2016, Nglathak hadir kembali dengan konsep rumah makan dan berlokasi permanen di kawasan saat ini. Yang istimewa dari Nglathak ini adalah menunya yang kekinian. Ada sate klatak mozarella dan gulai dengan pedas berlevel. Kekinian banget bukan?

Prinsip Mas To dalam menjalankan bisnisnya adalah agar dapat berdaya bersama. Kalau kata Om Wawan, Nglathak ini udah kayak etalasenya UKM. 100% bahan yang digunakan adalah produksi lokal dan menggunakan bahan tradisional. Contohnya saja keju mozarellanya yang endes ini, ternyata produksi Fabio di Wonosari. Dengan sumber susu yang diambil langsung dari Cangkringan.

Selain sate klathak mozarella dan gulai berlevel, ada menu minuman yang kekinian tapi tradisional loh. Namanya green smoothie yogurt. Yogurtnya terbuat dari campuran yogurt dan daun kelor. Daripada pakai matcha yang notabene produk impor, lebih baik pakai daun kelor kan? Selain sama nikmatnya, daun kelor secara ilmiah terbukti lebih berkhasiat dengan kandungan protein lebih tinggi.

Yang unik, daging yang digunakan untuk sate dan olahan kambing lain menggunakan domba betina yang sudah afkir, yaitu yang sudah tidak bisa beranak. Tapi, walau begitu, dagingnya tetap lembut, selembut kambing muda. Cobain deh.
Suguhan kami sore itu. Yummy kan?
Saat ini, Nglathak punya varian baru yaitu nasi goreng kambing dan nasi goreng ayam.

Nggak perlu khawatir soal harga. Kisaran harga di Nglathak yang paling mahal hanya sekitar 22 ribu. Itu sudah dapat sepiring nasi lengkap dengan 2 tusuk besar sate klathak mozarella dan kuah klathak. Jam bukanya dari jam 12 siang sampai jam 9 malam. Setiap hari buka kecuali hari Jumat, Nglathak tutup.
Daftar menu di Nglathak. Terjangkau kan?
Nglathak menawarkan peminjaman tempat di luar jam operasional secara gratis loh, buat teman-teman yang mau mengadakan acara dengan kapasitas 20 (meja) dan 30-35 (lesehan). Hanya satu syarat penggunaannya, yaitu no asap rokok. Gampil banget syaratnya kan? Yuk kapan kita nongki di Nglathak?

Nglathak
Alamat: Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
IG: @nglathak
Fb: Nglathak
Reservasi: 089677808142/dm IG
Reaksi:

4 komentar:

  1. selama ini saya hanya mengenal sate klathak seperti pada umumnya, tapi ternyata sekarang ada yg dimodifikasi, tentu lebih enak nehh.. jadi pengen nyoba... nice info mbak ardiba..

    BalasHapus
  2. Udah ngebayangin aja nikmatnya sate klathak ini. Kalau ke Yogya harus masuk wihlist nih. Nice info juga, Mbak Ardiba :)

    BalasHapus
  3. Masih ngebayangin sate kambing pake keju, kalau minumannya menarik, perlu dicoba nih.

    BalasHapus
  4. wuih uniknya idenya, saya nggak pernah tahunih ada matcha diganti sama daun kelor, jadi penasaran banget pengen nyobain

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...