12.7.17

Tetap Sehat Selama Kehamilan dengan Multivitamin yang Tepat


Menurut perhitungan dokter, kehamilanku saat ini sudah memasuki 3 bulan. Saat Bulan Ramadan kemarin, adalah masa yang menyenangkan sekaligus perlu perjuangan. Menyenangkan karena selama kehamilan aku akan terbebas dari datang bulan yang membuat bolong puasaku. Tapi sekaligus perjuangan karena di trimester awal kehamilan aku mengalami mual sepanjang hari yang cukup mengganggu.

Gangguan mual di trimester awal kehamilan ini cukup membuatku was-was dengan kondisi kesehatanku. Gejala mualnya kadang disertai pusing, sehingga membuatku berfikir, jangan-jangan aku masuk angin atau flu? Kalau nggak hamil, pasti aku sudah menegak obat, tapi karena sekarang sedang hamil, maka gantinya aku mengkonsumsi vitamin untuk mempertahankan daya tahan tubuh.

Tantangan lain di Bulan Ramadan selama kehamilan adalah menjaga tubuh tetap vit selama mudik. Yang namanya mudik, apalagi mudik dengan perjalanan yang cukup jauh, tentunya memerlukan fisik yang prima. Apalagi dalam kondisi hamil dan berusaha tetap berpuasa, harus ekstra menjaga kesehatannya. Masalah mual dan lemas selama perjalanan mudik harus dilawan. Rasa mual itu aku alihkan dengan bernyanyi-nyanyi di dalam mobil. Untungnya sih bawa kendaraan pribadi, jadi yang terganggu dengan suaraku hanya anak dan suami, hihi.

Sesampainya di kampung halaman, tentu tidak mungkin hanya berdiam diri di kamar. Momen setahun sekali seperti ini tentu dimanfaatkan untuk bercengkrama bersama keluarga, menyiapkan hidangan lebaran, dan berkunjung ke tetangga plus sanak saudara. Terkadang juga bermain bersama anak dan sepupu-sepupunya yang semua berkumpul di tempat orang tua.
Menemani anak dan sepupunya bermain

Dengan kesibukan seperti itu, akhirnya aku hampir  limbung. Sebelum benar-benar sakit, aku putuskan untuk beristirahat total dan minum vitamin agar gejala sakitku segera sembuh. Aku tidak bisa langsung meminum obat flu seperti biasa saat aku tidak hamil, jadi vitamin adalah andalanku untuk proses penyembuhanku ini. Tentu saja aku harus memilih vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Pilihanku jatuh pada Theragran-M. Suplemen multivitamin dan mineral yang komplit untuk membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Kandungan vitaminnya mencukupi kebutuhan sesuai AKG, sehingga cukup minum 1 tablet saja sehari.

Dengan istirahat yang cukup dan konsumsi Theragran-M, Alhamdulillah mudik saat hamil kemarin terasa lebih berkesan karena tidak terganggu kondisi tubuh yang sakit dan teler.
Theragran-M, Vitamin yang mempercepat masa penyembuhan
Sepulang dari mudik, aku langsung disibukkan dengan urusan kantor yang kutinggalkan selama cuti mudik. Kondisi tubuh harus tetap vit, karena setelah mengambil cukup banyak izin selama mudik, aku tidak ingin mengambil izin karena kondisi fisik drop. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, aku berusaha untuk makan yang cukup dan teratur serta istirahat yang cukup. Aku pun sedia Theragran-M di dalam tas kerja yang dapat kuminun sewaktu-waktu bila kondisi tubuh drop dan butuh asupan multivitamin.

Kondisi tubuh saat hamil memang tidak seprima saat tidak hamil. Saat hamil mungkin akan terganggu dengan mual dan muntah. Kondisi mual selama kehamilan seringkali dianggap lumrah, akan tetapi kondisi tersebut dapat sangat mempengaruhi kesehatan ibu. Karena apabila mualnya disertai dengan muntah, tentu saja akan berdampak bagi kesehatan si ibu dan janin. Kondisi mual juga seringkali membuat ibu menjadi lesu dan malas berkegiatan.

Akan tetapi, mual bukan alasan bagi ibu hamil untuk malas berkegiatan, karena saat tubuh tidak berkegiatan, rasa mual akan semakin menjadi-jadi. Sebaiknya, tetap berkegiatan seperti biasa, kecuali alarm tubuh sudah berbunyi. Alarm tersebut antara lain:
1. Keluarnya flek. Ini bisa jadi pertanda ibu hamil kelelahan dan butuh istirahat.
2. Mengalami muntah hebat. Bila terjadi muntah hebat, maka ibu hamil tidak bisa memaksakan diri berkegiatan karena tubuhnya pasti sangat lemas.
3. Pusing yang berlebihan. Ibu hamil kadang-kadang mengalami pusing. Hal ini sebenarnya wajar, akan tetapi bila pusingnya berlebihan maka tentu hal ini harus diwaspadai.

Saat hamil, kondisi tubuh akan banyak mengalami perubahan yang kadang membuat tubuh merasa tidak nyaman. Tetap nikmati perubahan tersebut selama tidak ada tanda kegawatdaruratan. Penuhi kebutuhan tubuh dengan vitamin dan mineral yang memadai, perhatikan pola makan serta pola tidur juga. Semoga menjadi bumil yang bahagia selalu..^_^
Reaksi:

1 komentar:

  1. Theragran-M Aman juga buat ibu hamil ya, mbak Ardiba :)
    Semoga sehat terus bersama dede bayinya :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...