Stimulasi si Kecil untuk #PintarnyaBeda

Satu-satu kuatnya anakku    Dua-dua juga hebat akalnya   Tiga-tiga dekat dengan semua   Satu, dua, tiga, pintarnya memang beda.. ...

13.3.17

Makanan Penyebab Sakit Jantung


Penyebab dari Sakit Jantung bisa bermacam-macam. Salah satunya dari makanan yang kita konsumsi. Makanan berminyak dan bersantan kental rentan menjadi penyebab jantung koroner. Konsumsi buah dan sayur yang tepat dapat mengurangi kemungkinan terkena jantung koroner akibat makanan. Akan tetapi, perhatikan pula jenis buah dan sayur yang dimakan.

1. Pilihlah buah yang tinggi serat

Jantung koroner disebabkan oleh penyumbatan koroner atau 'selang' pada jantung. Yang menyebabkan selang itu tersumbat adalah kerena kolesterol yang menumpuk di selang. Nah, salah satu mengurangi kolesterol di tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang tinggi serat. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat, maka asupan makanan berkolesterol cenderung akan berkurang. Mungkin itu sebabnya dianjurkan makan buah sebelum makan besar. Biar perutnya diisi dulu dengan makanan sehat, baru kemudian makanan berat (yang kadang kurang sehat) masuk. Jadi konsumsi makanan kurang sehatnya bisa terkontrol.

Selain itu, sifat sebagian serat makanan adalah larut lemak. Jadi serat juga bermanfaat untuk menyerap dan meluruhkan lemak di tubuh lho. Jadi, yuk perbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat.

2. Usahakan konsumsi sayuran mentah

Sayuran yang belum dimasak memiliki lebih banyak kandungan nutrisi dibandingkan sayuran yang sudah dimasak. Hal ini disebabkan sayuran memiliki banyak mikronutrien yang rentan rusak bila terkena panas. Sayur juga memiliki zat warna yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Memasaknya justru meluruhkan zat warna tersebut. Jadi kalau mau manfaat sayurnya maksimal, ya makan sayuran mentah.

3. Kurangi konsumsi sayur yang digoreng atau dimasak santan

Terkadang kita mengurangi rasa bersalah tidak mengkonsumsi sayur segar dengan kemudian mengonsumsi sayuran yang digoreng (dibuat bakwan sayur atau keripik), atau sayuran bersantan. Nah, sayur model begini sudah nggak menyehatkan lagi karena sudah bercampur dengan lemak dan kolesterol. Kalau memang tidak  doyan makan sayur mentah, mungkin sayurnya bisa dibuat sop, sayur bening, atau dikukus sebentar.

4. Makan buah dan sayur dengan jenis yang beragam

Jangan terpaku pada satu jenis buah dan sayur. Tubuh ini perlu asupan nutrisi dari bermacam-macam buah dan sayur. Kalau hanya mengandalkan satu jenis buah atau sayur, dikhawatirkan ada mikronutrien yang berlebihan atau malah tidak tercukupi jumlahnya.

5. Perhatikan porsi buah dan sayur yang dikonsumsi

Konsumsilah buah dan sayur dengan porsi yang cukup. Menurut Tumpeng Gizi Seimbang, takaran konsumsi buah dalah 3 porsi dan sayuran 5 porsi. Nah, kalau karbohidrat itu sekitar 8 porsi. Jadi kasarannya kita minimal konsumsi buah 3/8 dari porsi makanan utama dan sayur 5/8 porsi makanan utama. Boleh lebih, karena kan belum masuk porsi lauknya.

Nah, nggak susah sebenarnya mencegah makanan menjadi penyebab penyakit jantung. Lebih bagus lagi, kalau makanan sehat ini diikuti dengan olahraga yang rutin. Jadi tambah sehat dan tambah semangat dalam beraktivitas pastinya.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...