Stimulasi si Kecil untuk #PintarnyaBeda

Satu-satu kuatnya anakku    Dua-dua juga hebat akalnya   Tiga-tiga dekat dengan semua   Satu, dua, tiga, pintarnya memang beda.. ...

12.1.17

Wishlist Liburan: Mount Bromo

Aku dan suami penyuka wisata alam. Pokoknya kalau liburan, lokasi yang sering kami tuju adalah wisata alam. Suami adalah penghobi memotret pemandangan alam. Aku sendiri penghobi liburan low budget. Jadi kloplah liburan kami yang nggak akan jauh-jauh dari wisata pantai atau danau.

Kayaknya kurang afdol ya sebagai keluarga pecinta wisata alam kalau belum wisata ke pegunungan? Ke Kaliurang saja cuma mentok sampai Museum Gunung Merapi. Sebenarnya bukan tanpa alasan kami belum menjelajah pegunungan. Akan tetapi, berwisata mendaki gunung tentu berbeda dengan berwisata menikmati keindahan sunset dan sunrise di pantai. Kalau berwisata pantai, tidak perlu repot-repot berjalan jauh dan menanjak demi mendapatkan spot bagus di pantai. Akan tetapi, untuk wisata di pegunungan, kita perlu mempersiapkan kondisi fisik yang prima untuk mendaki gunung. Apalagi punya anak kecil, harus siap energi ekstra untuk menggendong anak saat mereka kelelahan.

Tapi itu dulu, waktu Ais masih kecil. Sekarang Ais sudah cukup besar dan sepertinya program mendaki gunung bisa segera direalisasikan di tahun 2017 ini. Pilihan yang akan dituju antara Dataran Tinggi Dieng atau Gunung Bromo. Kalau Dataran Tinggi Dieng sih sudah pernah mampir, cuma tidak sampai berkemah dan mendaki gunung disana. Kalau Gunung Bromo sih lewat saja belum pernah. Kayaknya kalau lihat foto-foto teman yang pernah kesana, sepertinya bagus juga ya disana?


Akhirnya aku browsing-browsing deh, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mendaki Gunung Bromo.

Jadi hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaki Gunung Bromo antara lain:

1. Persiapkan akomodasi menuju ke Bromo.
Hal yang utama dipersiapkan tentu saja akomodasi menuju Bromo. Bagaimana kendaraannya dan akan menginap dimana nantinya. Persiapan akomodasi harus sangat matang terutama bila mengambil waktu saat musim liburan. Mau naik kendaraan umum atau pribadi? Mau menginap dimana? Jangan sampai waktu habis di jalan karena macet sepanjang jalan atau kehabisan tempat penginapan.karena tidak memesan dari jauh hari.

2. Perhatikan kondisi cuaca
Paling enak mendaki gunung saat cuaca cerah, setuju? Jadi sebaiknya mendaki Mount Bromo saat musim kemarau, sehingga tidak terlalu was-was akan datangnya hujan. Oh ya, saat musim kemarau dikabarkan kalau mataharinya lebih dekat ke bumi sehingga tampak lebih besar.

3. Persiapkan fisik
Mendaki gunung butuh fisik yang kuat dan stamina prima. Sebelum ke Mount Bromo mungkin bisa simulasi dengan rutin berolahraga sehibgga nanti nggak keok di acara nanti.

4. List barang yang perlu dibawa
Mount Bromo mempunyai hawa yang sangat dingin, walaupun demikian sunrise dipuncak Mount Bromo sangatlah cantik dan merupakan tujuan utama pendaki. Untuk dapat berwisatadengan nyaman di Bromo, sebaiknya persiapkan barang-barang ini.

-Jaket tebal, syal, sarung tangan, topi kupluk, dan celana panjang tebal untuk menahan hawa dingin pegunungan
-Sepatu safety agar aman saat mendaki
-Senter untuk penerang saat mendaki di dini hari sebelum matahari terbit
-Masker untuk mencegah hamparan pasir tertelan dan menyebabkan radang tenggorokan
-Kamera. Tools paling wajib karena pemandangan Mount Bromo yang indah wajib diabadikan
-Makanan dan minuman, mending bawa sendiri deh daripada beli di jalan yang belum yakin kebersihan dan harganya

5. Persiapkan uang tunai yang cukup
Daerah Bromo bukanlah perkotaan yang sudah familiar dengan pembayaran tanpa tunai. Lokasi ATM juga sangat terbatas. Jadi jangan lupa membawa uang yang cukup untuk bekal selama di Gunung Bromo

Diantara semua persiapan itu, berdoa pada Allah demi kelancaran berlibur adalah yang paling utama. Aamiin. Nggak sabar segera pergi liburan ke Mount Bromo!!!
Reaksi:

3 komentar:

  1. Wah...liburan ke bromo ya. Belum pernah kesana je, kapan2 dicoba tips nya.. :D

    BalasHapus
  2. ini mausk di list tahun lalu, gagal. malah ke prau dieng

    BalasHapus
  3. kalau capek pas mau ke puncak ada kuda kok.

    biasanya anak kecil yang suka capet pas jalan ke kawah bromonya.

    Tapi gak seberat mendaki gunung yang lain kok.
    Dan pasti lelah bakal terobati ketika melihat keindahan alam di Bromo.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...