4.11.16

Mari Memperpanjang Umur Pakai Tubuh Kita!

Sayangi tubuh kita! (pixabay)

Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang paham bagaimana cara hidup yang sehat. Dari pola makan dan gaya hidup saja, banyak yang sudah tidak sehat. Pekerja kantoran dan pekerja yang lebih banyak berkutat di komputer biasanya jarang berolahraga karena seharian duduk dan asyik di depan komputer. Hal ini akan semakin parah apabila ternyata pola makannya juga tidak sehat. Minum kopi, makan makanan instan, dan makan makanan junk food biasanya menjadi menu favorit para kaum sibuk. Alasan kepraktisan membuat menu-menu seperti ini sering dikonsumsi sebagai teman lembur. Padahal, makanan instan atau pun junk food umumnya berkalori tinggi sehingga kurang tepat untuk dikonsumsi, apalagi di malam hari. Apabila kondisi ini terus berlanjut, maka kemungkinan terkena penyakit degeneratif akan lebih besar.

Kenapa bisa terkena penyakit degeneratif?

Terkena penyakit degeneratif sebenarnya lumrah untuk orang lanjut usia. Karena penyakit degeneratif adalah penyakit yang disebabkan kerusakan jaringan atau organ tubuh. Kalau diibaratkan seperti masa expired dalam tubuh. Nah, gaya hidup tidak sehat justru akan mempercepat masa expired tersebut. Dengan asupan kalori yang tidak terkontrol, tubuh dapat kelebihan kadar gula yang akhirnya berujung pada penyakit diabetes. Penyakit diabetes adalah penyakit dimana kadar gula dalam darah lebih tinggi dari batas normal. Dalam kondisi ini, darah akan terlalu pekat sehingga akan menyulitkan metabolisme tubuh dan dapat mengakibatkan penyakit berbahaya lain, seperti jantung koroner maupun tekanan darah tinggi. Penyakit seperti inilah yang akan memperpendek masa pakai tubuh kita. Oleh karena itu, kita perlu menjaga 'masa pakai' tubuh kita.

Menjaga 'masa pakai' tubuh

Pola hidup sehat akan memperpanjang 'masa pakai' tubuh kita. Dengan diet makan makanan sehat serta olahraga yang teratur akan menjaga kondisi tubuh kita. Makanlah makanan dengan gizi seimbang, cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dengan jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Kurangi makanan manis dan berminyak. Serta gerakkanlah tubuh secara rutin agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

Panduan gizi seimbang

Berdasarkan panduan gizi seimbang yang dikeluarkan Depkes RI, jumlah terbesar makanan yang harus diasup setiap harinya adalah karbohidrat dan sayur yaitu sebanyak 3-4 porsi. Kemudian buah-buahan sebanyak 2-3 porsi,protein 2-4 porsi, maksimal 4 sendok makan garam, 1 sendok teh garam, dan 5 sendok makan minyak. Sayangnya, masyarakat Indonesia cenderung susah untuk mengurangi asupan gula. Kebiasaan minum teh manis tanpa disadari dapat menambah asupan gula dalam tubuh secara berlebihan. Untuk dapat tetap menikmati manisnya hidup, dapat dengan melakukan diet sehat tropicana slim yang berisikan tips dan cara diet rendah kalori yang benar. Ternyata saat haus, disarankan untuk mengkonsumsi air putih agar tubuh tidak mendapat tambahan kalori dari minuman. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Air putih juga termasuk dalam panduan gizi seimbang dengan porsi setidaknya 8 gelas air per hari.
Reaksi:

5 komentar:

  1. wah harus mulai mengatur pola hidup dari sekarang nih :)

    BalasHapus
  2. bagi saya yang bekerja di depan komputer memang susah untuk mengatur pola hidup sehat, apalagi dengan berolahraga.. malesnya minta ampun, pengennya ngemil teruss..

    BalasHapus
  3. Memang mau olahraga itu susaaaah banget yaaa

    BalasHapus
  4. hmmm..setuju setuju.. kadang kita tidak terlalu memperhatikan kesehatan dengan tidak mengatur pola makan

    BalasHapus
  5. iya nih, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga, namun gimana bagi orang yang kerjanya hanya di depan komputer

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...