3.6.16

Sasanti Restaurant, Rasa dan Suasana yang Membuat Bahagia


Pola hidup sehat ideal tidak hanya didapat dari makanan sehat dan olahraga yang cukup. Perasaan hati dan memori yang bahagia juga berkontribusi untuk kehidupan yang lebih sehat. Pengalaman kuliner yang menyenangkan dan membangkitkan memori indah bisa didapatkan di Sasanti Restaurant. Sasanti tidak hanya berusaha menyajikan menu makanan yang lezat di lidah, akan tetapi juga akan lezat untuk diingat.

Berlokasi di Palagan Tentara Pelajar Yogyakarta, papan nama Sasanti Retaurant terlihat dengan jelas sebelum memasuki area Hyatt. Akan tetapi jangan sampai salah masuk ke outlet Gendhis, karena Sasanti Restaurant terletak menjorok ke dalam. Semula aku berpikir jalan masuk menuju Sasanti Reastaurant ini adalah jalan menuju sebuah kompleks perumahan. Ternyata lokasinya menjorok ke dalam adalah untuk memberikan ruang parkir yang seluas-luasnya untuk tamu.

Oh ya, kalau bukan karena ajakan temanku yang tempo hari mengajakku ke Suket Resto, rasanya nggak mungkin aku menjejakkan kaki ke restoran ini, ini restoran high class bo! Tetapi rezeki memang nggak kemana sih. Hehe.

Memasuki area restoran, kami disuguhi suasana remang-remang nan romantis. Sesampainya di area restoran, suasana romantis dan syahdu makin jelas terasa. Sayup-sayup terdengar live band yang menghibur tamu sepanjang malam, setiap hari, kecuali hari Minggu. Sebagai penggemar musik, adanya live band yang mendendangkan lagu-lagu hits terasa sangat menghiburku.
Live band di Sasanti Restaurant
Saatnya memilih menu. Sasanti Restaurant terkenal dengan makanan tradisional khas Indonesia-nya, konsultannya saja Bapak William Wongso, pakar kuliner terkenal itu. Waiter merekomendasikan Kawista dan Healthy Juice untuk minuman dingin dan hot chocholate untuk minuman panas. Untuk appetizer kami penasaran dengan mento, makanan tradisional yang sudah mulai jarang ditemukan. Untuk main course kami memilih nasi campur Sasanti spesial dengan asumsi ada bermacam menu yang bisa kami nikmati sekaligus dalam satu piring. Temanku yang sedang penelitian tentang tempe penasaran dengan bandeng isi sambal tempe. Untuk dessert kami memilih Srikaya Cream Brulle.

Minuman spesial di Sasanti Restaurant: Healthy Juice, Hot Chocolate, dan Kawista
Fresh drink at Sasanti Restaurant
Healthy Juice di Sasanti Restaurant sangat recommended menurutku. Jus ini terbuat dari perpaduan buah nanas, lemon, dan sayur pokchoy. Aku pikir akan ada rasa langu dari sayur pokchoy, tetapi itu tidak terasa sama sekali. Rasa segar dari nanas dan lemon sangat dominan dengan tingkat kemanisan yang pas. Pokoknya segar sampai tegukan terakhir.

Minuman Kawista ini terdiri dari ekstrak buah kawista, soda, dan lemon. Disajikan dengan batang tebu yang sudah dikupas. Buat temanku yang zaman kecilnya suka nyesep tebu(menghisap sari tebu langsung dari batangnya), adanya batang tebu di minumannya berhasil membuatnya bernostalgia dengan masa kecilnya. Rasa buah Kawista masih kurang familiar di lidahku tetapi perpaduan soda dan lemonnya membuat rasanya mix antara asam dari lemon, semriwing dari soda, dan flavor eksotis dari buah Kawista.

Hot chocolatenya terasa sangat creamy dan dan nyoklat. Disajikan tanpa gula sehingga kita bisa memilih jenis dan banyaknya gula yang akan digunakan. Sayang coklatnya keburu habis sebelum sempat difoto, hehe.

Appetizer must try di Sasanti Restaurant: Mento

Anyone knows mento? Aku sendiri taunya mentho alias lentho, yaitu emping singkong yang kerasnya cukup lumayan untuk melatih otot rongga mulut, haha! Etapi kalau tanpa 'h', mento itu berarti makanan khas Madura yang terdiri dari daging cincang yang dibalut dadar terigu, disiram santan kental, dan dikukus dalam balutan daun pisang. Rasanya seperti menikmati lemper daging minus nasi ketannya. Benar-benar membangkitkan selera makan.
Mento, walau sepintas mirip nagasari, tetapi ini rasanya gurih. 

Main Course di Sasanti Restaurant: Nasi Campur Sasanti Special dan Bandeng Bakar Isi Sambal Tempe

Nasi campur Sasanti Special adalah main course istimewa dengan segala macam daging dalam satu piring. Ada sate dari daging Wagyu (Sapi Jepang) yang sangat istimewa dan lembut, kari ikan yang sangat meresap bumbunya, oseng pepaya yang legit tanpa rasa pahit, udang pedas dengan kematangan yang pas, sambal terasi dengan tingkat kepedasan sedang, dan disajikan dengan tiga jenis nasi, merah, putih, dan kuning.


Aku penasaran dengan bedanya daging Wagyu dibanding daging sapi biasa. Ternyata bila dibandingkan daging sapi biasa, daging Wagyu tidak terasa berlemak dan bagian dalam daging Wagyu ini masih kemerahan. Padahal menurut temanku, sate Wagyu yang disajikan ini termasuk agak overcooked, jadi dagingnya kemerahan tentu bukan karena kurang matang.


Lanjut ke menu kedua yaitu bandeng bakar isi tempe. Bandeng bakar isi tempe yang disajikan adalah bandeng bakar besar dan utuh tanpa duri dengan isi sambal tempe yang super pedas. Pada piring saji juga disediakan sambal terasi dan sambal kecap. Jadi, kita bisa menikmati bandeng dengan tiga jenis sambal sekaligus! Satu porsi bandeng bakar isi tempe bisa disantap untuk 3-4 orang karena porsinya yang cukup besar.
a big bandeng with 3 kinds of sambals
Sarikaya Cream Brulle, Dessert Nikmat Khas Sasanti Restaurant

Sebagai dessert, Srikaya Cream Brulle terlihat sangat menggoda. Gurihnya santan berpadu dengan manisnya gula jawa terasa pas di lidah. Ditambah dengan aroma kayu manis dan jahe membuat rasa srikaya ini terasa begitu eksotis. Terdapat lapisan karamel yang tipis di atas srikaya sehingga sensasi pahit dari karamelnya tidak mendominasi srikaya ini.
a cup of Srikaya Cream Brulle
Sebagai restoran yang tidak hanya concern masalah rasa tetapi juga suasana dan kualitas, Sasanti Restaurant memang menyasar konsumen kelas menengah ke atas. Untuk sejumlah makanan yang kami pesan, menghabiskan kocek lebih dari empat ratus ribu. Sebuah nominal yang cukup besar buatku walau pun memang sebanding dengan rasa dan suasana yang disajikan.

Sasanti Restaurant
Jalan Palagan Tentara Pelajar No. 52A, Sariharjo, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telpon: (0274) 866345
Jam Buka: Setiap hari, 11.00–22.00
Mail: info@sasantirestaurant.com
www.sasantirestaurant.com
facebook: sasanti.jogja
ig n twitter: @sasantilounge

Reaksi:

4 komentar:

  1. Wah, kayaknya perlu dicoba nih mbak, hehehehe.....Tq info menariknya.

    BalasHapus
  2. Bisa banget ni buat dinner romantis, hehe

    BalasHapus
  3. Nasi campurnya menginin banget Mba :). Oiya di sini tiap minggu ke berapa gitu ada pasar sehatnya, sasanti healthy hangout, tenantnya asik2 dan lebih terjangkau wkwkw :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...