26.5.16

Suket Resto: Healthy, Clean (and Full) Eating


Jam sudah menunjukkan pukul 10.20. Aku pun bersiap menuju kampus tercinta. Kali ini bukan dalam urusan akademis mau pun masalah administrasi di kampus. Tapi hari ini aku spesial datang ke kampus buat ketemuan sama sahabat semasa kuliah yang sekarang jadi dosen di almamater ini. Sudah lama nih nggak berjumpa dengan doi. Apalagi karena dia sekarang sedang menyelesaikan S3 nya di Copenhagen. Untungnya dia lagi rehat plus menyelesaikan penelitiannya di Indonesia, jadi kami bisa ketemuan.

Kami janji bertemu di ruangan kerjanya. Ruangannya ini berada jauh dari ruangan dosen lain, aku membayangkan kalau aku yang haus berinteraksi berada di ruangan sepi seperti ini, mungkin aku sudah lama mengibarkan bendera putih. Tapi untungnya sih internet lancar. Interaksi bisa via medsos kali ya hihi. Kok malah ngelantur.

Jadi, sekalian kongkow, kami berencana menjajal resto dengan konsep clean eating atau safe environment gitu. Pilihan jatuh ke Suket Resto yang berada di daerah Condong Catur. Penasaran sama menu raw food yang ditawarkan di resto ini. Tak terlalu jauh jarak restoran ini dari kampus. Sekitar perjalanan 20 menit sudah plus kena lampu merah dan jalanan yang lumayan ramai.

Suket Resto ini masih satu gedung (dan pegawai) dengan Rumput Hotel. Kami datang tepat di jam buka resto. Pengunjungnya hanya kami. Kupikir karena memang restonya baru buka, ternyata sampai jam setengah 1 tetap tak ada pengunjung lain, mungkin karena menu makanan disini tergolong unik dan gak biasa buat lidah orang Jogja. Soal harga padahal ya standar saja sih untuk sekelas restoran hotel.

Aku memesan Matcha Cake dan ABC (apple, bit, carrot) Coldpressed Juice. Sedangkan temanku, karena dia belum sarapan, jadilah cukup kalap memesan makanan, mulai dari Lasagna Tempe, Chia Pudding, Almond Butter Shake, dan Potato Mustard. Lumayan, bisa ikutan icip-icip plus numpang jepret buat postingan blog. Haha!

Menu makanan dan minuman dikeluarkan dalam jeda waktu tertentu sesuai dengan urut-urutan minuman, main course, dan dessert. Kami nggak pesan menu appetizer sih, wong udah kelaparan juga. Haha.

1. Review minuman di Suket Resto: Lemon Ginger, Almond Butter Shake dan ABC Coldpress

Suket Resto rupanya menyediakan welcome drink untuk semua tamu. Padahal aku yakin sih ini sebenarnya welcome drink untuk tamu hotel. Tapi sip lah, jadi nambah satu menu yang bisa direview. Kami tebak-tebakan mengenai minuman apakah ini? Infused water? Terlalu keruh. Jus leci? Tetapi aromanya kok jahe? Pas dirasakan, ternyata terdapat rasa jahe dan jeruk nipis yang dominan. Akhirnya kami nanya sama waiternya, minuman apakah ini? Ternyata namanya Lemon Ginger.
Lemon Ginger for free!
Terbuat dari rebusan jahe dan perasan lemon. Boleh juga ya sensory kami buat tebak-tebakan bahan makanan. Haha!

Menu minuman pesanan yang kami coba pertama kali adalah Almond Butter Shake. Minuman ini katanya sih emang recomended di resto ini. Nggak salah sih, rasanya memang enak sekali, nggak mengira kalau ini bahan makanan mentah. Oh ya, isi dari Almond Butter Shake ini antara lain:

  • Almond milk
  • Almond butter
  • Oat
  • Banana
  • Maple syrup
  • Spices(kayaknya sih serbuk kayu manis)

Boleh dicoba untuk milk shake homemade nih. Untuk segelas Almond Butter Shake yang begitu padat, dibanderol sekitar 25 ribu.


Menu minuman kedua sekaligus menu pesananku adalah ABC coldpressed. Coldpressed adalah teknologi ekstraksi terkini yang memungkinkan mengeluarkan sari dari buah dan sayur lebih optimal dari segi kuantitas maupun kualitas nutrisinya. Tampilan minumannya juga sangat menarik dengan warna merah pekat dari buah bit. Untuk rasa, standar lah. Namanya juga tanpa gula. Cukup manis, tetapi agak langu. So far buat yang suka minum jus sih rasa minuman ini cukup segar. Paduan rasa apel yang asam segar, buah bit yang manis dan earthy (semacam bau tanah, tapi konotasi positif), dan rasa wortel mentah yang agak langu tapi manis. Cukup 18 ribu saja.

2. Main course  di Suket Resto: Tempe Lasagna dan Potato Mustard

Menu Almond Butter Shake cukup mengenyangkan. Tapi belum lengkap kalau belum diisi dengan menu main course. Ada Tempe Lasagna dan Potato Mustard yang lengkap protein dan karbohidratnya. Ada lemak dari mustard di Potato Mustard-nya juga nih. Tampilan menunya juga photogenic banget nih. Kita keroyokan menghabiskan dua menu ini. Soalnya walaupun temanku ini belum sarapan, tapi kapasitas perutnya rada kecil nih. Beda sama aku yang kayak karet perutnya. Haha.

Potato Mustard.

Tampilan Potato Mustardnya genit banget ya? Hihi. Bentuknya menyerupai kalung. Tetapi rasanya agak sangar bo. Bumbu mustard berpadu dengan paprika dan bombay mentah menjadikan kentangnya penuh citarasa. Ada sensasi semriwing dari mustardnya. Sepertinya ada campuran cuka makan di mustardnya. Oh ya, kentangnya direbus, jadi menu ini recomended banget buat yang lagi diet loh. Sepiring Potato Mustard harganya 23ribu rupiah.

Tempe Lasagna.

Menu ini tampilan dan rasanya di luar ekspektasiku. Bayanganku yang namanya Lasagna itu berarti tampilan dan rasanya ala-ala Italia gitu. Ternyata ini lasagna versi Asian bo! Bumbu Lasagnanya mirip bumbu kuning kayak kalau kita mau bikin ayam ungkep. Ada sayur-sayuran (bayam sepertinya) di antara tumpukan tempe. Rasa lasagna ini sepertinya ingin mengadopsi citarasa tempe mendoan deh. Yang bikin menu makanan ini semakin sehat adalah adanya sayuran segar dan untuk menambah selera makan, ada juga homemade chutney. Kata temanku, chutney itu semacam saus khas India. Rasanya kayak lagi makan asam Jawa. Seriusan deh, soalnya warnanya coklat gelap dan rasanya asam, persis rasanya asam jawa. Sepiring Tempe Lasagna harganya 31 ribu.

3. Dessert di Suket Resto: Matcha Cake dan Chia Pudding

Matcha Cake 
Selain minuman ABC coldpressed, aku hanya memesan Matcha Cake untuk makanannya. Pesananku keluar terakhir sekali bersama Chia Pudding. Untungnya yah aku udah (banyak) icip-icip menu pesanan temanku. Jadi nggak krik-krik banget nunggu si matcha. Jujur agak kecewa dengan tampilan Matcha Cakenya yang ternyata pendek gitu. Padahal ternyata padat dan mengenyangkan sekali. Terdiri dari dua layer berwarna coklat dan hijau. Ekspektasiku si warna hijau ini bakalan berasa matcha banget. Ternyata lebih dominan rasa kelapanya, plus ada asam dari lemon dan tekstur lembut dari alpukat. Untuk bagian coklatnya adalah campuran walnut, almond dan kurma. Rasanya sangat 'kaya'. Tetapi jujur saja citarasa matchanya jadi kurang dapet. Untungnya ketolong dengan taburan bubuk matcha. Harga Matcha Cake agak tinggi, 35 ribu. Besok kalau kesini lagi prefer pesan Carrot Cake, Strawberry Cake (28 ribu), atau Mini Lime Tart (18 ribu) saja lah.


Chia Pudding
Chia ini mirip biji selasih. Aku sendiri kurang paham bedanya. Kayaknya sih kalau sudah mengembang jadi gedean si chia ini deh. Yang bikin unik adalah campuran susu dan potongan buah-buahan tropis pisang dan stroberi yang bikin citarasa puding menjadi unik. Sebaiknya jangan makan chia-nya tanpa potongan buahnya, soalnya rasanya agak tawar, tapi memang ada gurih dari susu yang cukup menolong rasanya. Tapi citarasa paripurna baru lengkap bila chia disantap bersama dengan potongan buah tropis. Segelas Chia Pudding harganya 23 ribu. Lumayan mengenyangkan nih, chia-nya kayak mengembang di perut sih, haha!

Well, semua menu yang kami pesan hari ini cukup mengenyangkan dan pas untuk makan siang kami. Harapannya sih kenyangnya bisa bertahan sampai sore, tapi dasar Orang Indonesia, 'ra sego ra wareg', belum juga matahari terbenam perut ini sudah kembali keroncongan. Haha!

Catatan penting:
  • Menu paling recomended dan paling mengenyangkan di Suket Resto adalah Almond Butter Shake. Rasa manisnya pas dan creamy almondnya, hmmm, nagih! Masih kebayang nih gurih dan manisnya susu almond dipadu dengan pisang dan sirup maplenya. Menyendok minuman ini sensasinya seperti menyendok es krim, dingin, lembut, dan creamy. Must try item!
  • Ada promo diskon 20% di Suket Resto. Caranya dengan follow akun Instagram Suket Resto di @SuketResto, terus upload foto menu di Suket Resto dan mention Suket Resto. Kemarin aku upload Lemon Ginger di Instagram, terus dapat diskon 20% deh, lumayan bingits kan?
Suket Resto ada di:
Jl. Cempaka Baru No.28 Condong Catur, Yogyakarta 
email: suketresto@gmail.com
telpon: 08156875857
website: suketresto.com

See more about my cullinary in label FOOD

 
Reaksi:

7 komentar:

  1. Aduuh ngeliat fotonya langsung ngiler mbak. Konsep resto seperti ini bagus ya, sangat mendukung healthy lifestyle. Jadi buat yang sedang berdiet atau memang menjaga pola makan sehat bisa tetap makan enak tanpa rasa kuatir.

    Sayang jauh banget dari Depok. Hiks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya di daerah Jabodetabek mungkin lebih banyak pilihan resto kayak gini, tapi, yang lumayan terjangkau seperti di resto ini...i dont think so...

      Hapus
  2. Chakep, mak! cepet banget review-nya.. Ane masih males.. seringnya mah 'super late post'. Gimana ya biar gak males nulis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus segera ditulis setelah kejadian. Ini aja aku masih banyak foto2 terbengkalai belum sempet buat postingannya.

      Hapus
  3. Cocok untuk hangout ya, nggak semacam big lunch gitu.

    BalasHapus
  4. Langsung ngiler Mak Dib. Penasaran sama lasagnanya malahan

    BalasHapus
  5. kayanya enak yah mbak almond butter shakenya jadi ngiler pengen nyobain :)kapan kapan pengen main ke yogya ah,,

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...