22.6.16

List Tempat Wajib Kunjung di Bandung


Dari kecil aku selalu mupeng pengen mampir ke Bandung kalau lagi mudik dari Palembang menuju Yogyakarta. Tetapi sayang, Bandung nggak masuk jalur mudik dan kebetulan kita nggak punya saudara dekat disana, jadi niat ke Bandung sering gagal di tengah jalan. Kalau waktu kecil dulu, aku mupeng sama kuliner Bandung yang katanya enak pake banget. Terus kalau ibu kayaknya mupeng belanja baju di Bandung, maklumlah Bandung kan pusatnya factory outlet.

Kalau sekarang, berhubung sudah berdomisili di Yogyakarta, tambah kecil deh kemungkinan main ke Bandung. Padahal Bandung sudah semakin kece saja, sampai aku buat list tempat yang wajib aku kunjungi kalau berkesempatan ke Bandung. Ini dia list tempat yang bakal aku kunjungi di Bandung.

1. Museum Geologi Bandung

Kami sekeluarga pecinta museum, jadi tempat wajib yang harus dikunjungi adalah museum, yeay! Museum Geologi Bandung ini tempat bersejarah karena sudah berdiri sejak tahun 1928. Penasaran banget sama koleksi bebatuan, mineral, dan fossil di museum ini!
Alamat: Jl. Diponegoro No. 57, Cihaurgeulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat

2. Gedung Sate

Letak Gedung Sate tak jauh dari museum Geologi Bandung. Yang jelas Gedung Sate ini adalah icon Kota Bandung, jadi rasanya baru afdol check in di Bandung kalau sudah berfoto di sini, haha!
Alamat: Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Jawa Barat

3. Masjid Raya Bandung

Sebagai umat muslim rasanya nggak afdol kalau belum solat di masjid terbesar se Bandung ini. Jadi pastinya bakal menyempatkan diri solat disini nih.
Masjid Raya Bandung memiliki luas bangunan sebesar 8.575 m2 sehingga dapat menampung sebanyak 12.412 jemaah. Banyak juga kan kapasitasnya?
Alamat: Jl. Dalem Kaum No. 14 Alun-alun, Kec. Regol, Kota Bandung – Jawa Barat.
Telepon 022 4240275 / 022 4240275

4. Pasar Baru Bandung

Namanya liburan, rasanya nggak afdol kalau nggak beli oleh-oleh. Nah, buat beli oleh-oleh sepertinya aku bakalan ke Pasar Baru Bandung atau sekarang dikenal dengan Pasar Baru Trade Center. Sekalian beli grosiran biar harganya lebih murah, gitu, hehe.
Alamat: Jl. Otto Iskandar Dinata No. 70, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Telepon: 022 4245555.

5. Saung Angklung Udjo

Kalau ternyata masih ada waktu, rasanya pengen mampir ke Saung Angklung Udjo. Kita sekeluarga kan suka musik, jadi pastinya bakalan asyik banget kalau bisa bersantap siang sambil menikmati musik disini, ya kan? Apalagi Ais bisa belajar budaya Sunda juga di sini.
Alamat: Jl. Padasuka No. 118, Bandung, Jawa Barat 40192
Telepon: 022 7271714.

6. Kebun Binatang Bandung

Ais adalah pecinta binatang. Makanya kayaknya Kebun Binatang Bandung perlu masuk list empat wajib kunjung di Bandung nih. Kebun binatang ini dibangun pada area seluas 13,5 ha dan menampung sekitar 1800 satwa berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan dunia.Yang bikin tambah seru adalah karena terdapat pula berbagai wahana menarik selai satwa yaitu museum zoologi, arena bermain anak, flying fox, kolam perahu dan wahana hewan tunggang (Gajah / Unta). Kayaknya pasti betah deh Ais main di sini.
Alamat: Jalan Kebon Binatang No. 6 Taman Sari Bandung 40132
Telepon: 022 2507302

7. Trans Studio Bandung

Aku penasaran sama tempat ini. Soalnya promonya kan selalu ada kalau lagi nonton Trans TV atau Trans 7 (ya iyalah). Lokasinya juga di tengah kota, jadi mudah untuk akses kesananya. Tetapi nggak terlalu prioritas kesana sih, soalnya tiketnya lumayan mahal dan Ais sepertinya belum terlalu tertarik dengan wahana-wahana bermain di sini.
Alamat: Jl. Gatot Subroto No. 289, Bandung, Jawa Barat
Telepon: (022) 7323674

Nah, dengan list tempat kunjung sebanyak itu, pastinya harus nginep dong ya di Bandung. Sebenarnya banyak sih tempat penginapan murah di Bandung. Cuma sekali-sekali iseng lah cek harga hilton di Bandung. Kalau dapat harga hotel berbintang dengan cukup murah kan lumayan, eh tapi kalau ada yang nawarin tempat menginap, itu kayaknya lebih lumayan lagi deh, haha! Dasar iriters garis keras.

Sumber informasi wisata dan gambar: Wikipedia
Reaksi:

11 komentar:

  1. Alhamdulillah aku wes pernah ngerasin masuk Trans Studio Bandung, pengin ngulangin lagi kapan2 ama keluarga.

    BalasHapus
  2. semua belon pernah didatangin di Bandung. Kayaknya perlu ke Bandung lagi deh hehe

    BalasHapus
  3. Bandung itu visitable semuaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang aku di belahan Jawa Tengah, jarang kesitu

      Hapus
  4. Belum kesampean ke Saung Angklung Ujo. Udah niatin ke sana ga jadi mulu huhuhu

    BalasHapus
  5. Saya pernah ke saung angklung mang Udjo ...
    Dan ya ... itu tempat yang sangat baik untuk pendidikan (usik) anak-anak
    Manajemen pertunjukannya ditata dengan sangat apik dan rapi

    salut

    salam saya

    BalasHapus
  6. saung angklung belum pernah,, sama studio trans tv... dulu waktu beberapa kali main ke bandung belum ada transstudio. kapan ya bisa ke sana lagi... :-)

    BalasHapus
  7. Ish saya belum ada kunjungi satupun hiks hiks... yang penting udah tau list tempat wajibnya, next time bisa langsung ke tempat-tempat ini yaa :D

    BalasHapus
  8. aku belum pernah ke saung angklung, tapi pernah ada guru di SMA yang juga jadi pengajar di sana. ^^
    ITB juga visitable kok mbaak

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...