7.6.16

5 Tips Untuk Hidup Lebih Bahagia


Menjadi sehat dan bahagia sebenarnya tidak susah. Happiness is made. Pepatah itu benar sekali, karena hanya diri kita sendiri yang bisa menantukan mau bahagia ataukah sedih saat menghadapi suatu hal. Memulai hidup lebih bahagia bisa dimulai dari lima tips sederhana ini.

1. Berpikiran positif dan jauh dari prasangka buruk
Always think positive! (picture on pixabay)
Prasangka buruk dan ketakutan berlebihan akan mengurangi kebahagiaan hidup kita. Membaca berita kriminal lalu pikiran kita akan terkuras untuk khawatir dan berpikiran buruk. Padahal setiap pelaku kejahatan pasti mempunyai motif dalam melakukan kejahatan. Selama kita menjalani hidup dengan benar, tidak pernah dengan sengaja merugikan orang, dan senantiasa berserah diri kepada Sang Pencipta, ketakutan berlebihan dalam diri kita seharusnya dapat kita kurangi.

2. Tidak beorientasi hasil dan berusaha menikmati proses
Menikmati proses dari setiap perjalanan (photo on pixabay)

Kadang lelah ya mendapati mimpi kita belum juga terwujud. Misalkan dulu saat belum menikah dan (ngebet) pengen nikah. Saat ngebet banget kok ya kayaknya jodoh nggak juga mendekat, eh begitu setel santai, nggak terlalu ngebet, tiba-tiba jalan jodoh mulus kayak di jalan tol. Alhamdulillah. Ternyata dengan menikmati setiap proses menuju hasil yang diinginkan membuat indra kita awas terhadap segala sesuatunya, tidak kehilangan kesempatan berharga, dan lebih bahagia pastinya.

3. Tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain
Percayalah, rumput tetangga selalu (tampak) lebih hijau. (photo on shutterstock)
Ini penyakit utama perenggut kebahagiaan, yaitu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Padahal nggak akan ada habisnya membandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena kita semua itu diciptakan unik oleh Sang Pencipta. Jadi, daripada membandingkan diri sendiri dengan orang lain, lebih baik fokus untuk memperbaiki diri dan memenangkan pertarungan terbesar, yaitu mengalahkan diri sendiri.

4. Memilih makanan yang enak dan sehat
Makan bersama keluarga selalu enak! (photo on pixabay)
Pernah dengar istilah 'kamu adalah apa yang kamu makan'? Ternyata saluran pencernaan dan otak kita memiliki koneksi yang disebut gut-brain axis, oleh karena itu, makanan yang kita makan akan mempengaruhi mood kita. Pilihlah makanan yang sesuai selera kita dengan tetap memperhatikan nilai gizinya. Kebersamaan dengan teman atau keluarga juga akan menambah nikmat waktu bersantap. Happy tummy happy people!

5. Olahraga untuk menyehatkan tubuh dan menyegarkan pikiran
Olahraga itu menyenagkan! (photo on pixabay)
Olahraga diperlukan untuk menyehatkan tubuh. Selain itu, olahraga dapat menyegarkan pikiran sehingga hati akan merasa lebih bahagia. Pilihlah olahraga yang menyenangkan, seperti fitness. Bila perlu, untuk memantapkan hasil olahraga bisa mengkonsumsi suplemen olahraga fitness. Bila merasa berat untuk datang ke tempat fitness, dengarkan saja lagu dengan beat tinggi sembari berjoget. Bisa menyehatkan tubuh dan membuat hati riang, bukan?
Reaksi:

2 komentar:

  1. 5 tips yang bener banget, kalau berharap hasil biasanya jadi kecewa kalau tdk sesuai, stress deh :-)

    BalasHapus
  2. Bahagia itu ketika kita bersyukur atas apa yang kita miliki sekarang. Kadang ada orang yang kaya tetapi tidak bersyukur atas apa yang dimilikinya, namun orang yang biasa biasa aja tapi ia selalu bersyukur :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...