18.4.16

Wisata Seru Menyingkap Sejarah Panjang Vietnam

  
Wisata seru di Vietnam
Bangunan kerajaan khas Vietnam

Tahukah kamu bahwa Asia Tenggara punya segudang pantai eksotis di setiap negaranya? Ya, Indonesia, Thailand, bahkan Vietnam. Setelah sekian lama menutup diri dan menjadi negara yang terjajah, siapa sangka ternyata Vietnam menyimpan kekayaan alam yang menggoda untuk dilihat. Garis pantainya yang panjang menawarkan alam yang eksotis dan menyegarkan mata.

Wewangian pinus, keindahan padang pasir keemasan, sampai air laut segar berwarna hijau tosca hanyalah sedikit dari kecantikan yang ditawarkan negara yang satu ini. Terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, negara ini juga menyajikan situs sejarah penting dan beberapa di antaranya bahkan dijadikan situs warisan dunia oleh UNESCO.

Setelah Vietnam membuka diri, menuju ke negara ini tidaklah sulit. Banyak maskapai yang menawarkan rute perjalanan dari dan menuju ke Vietnam, salah satunya adalah Tiger Air. Maskapai milik Singapura yang bergerak di kelas LCC (Low-Cost Carrier) ini menyediakan rute menuju Hanoi dan Ho Chi Minh City dari berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bali, Surabaya, Makassar, dan Bandung. Tiger Air dapat menjadi pilihan tepat karena menyediakan kabin yang nyaman dengan kapasitas bagasi kabin mencapai 10 kg. Selain itu, tersedia juga makanan dan minuman ringan berbayar.

Meski menawarkan harga tiket perjalanan yang murah, pelayanan yang diberikan oleh Tiger Air adalah pelayanan yang berkualitas. Bila memang berniat mencari harga lebih murah, layanan sekelas Traveloka bisa menjadi pilihan, disamping kemudahannya ada banyak promo yang akan memangkas harga tiket yang tadinya sudah murah menjadi lebih murah lagi.

Beberapa penghargaan pernah disabet oleh Tiger Air, salah satunya adalah “Top 3 Airlines by Passenger Carriage” dari Changi Airlines Awards pada 2013. Dengan begitu, menjatuhkan pilihan maskapai menuju ke Vietnam kepada Tiger Air adalah pilihan cerdas dan hemat.

Sekarang, mari kita lihat warisan sejarah dan budaya yang dimiliki Vietnam yang menjadi daya tarik wisata negara ini.

Wisata Sejarah
Aktivitas Vietnam pada masa kerajaan berpusat di Vetnam Tengah. Hasilnya, sekarang, di kawasan Vietnam Tengah, Anda bisa menemukan berbagai situs warisan sejarah masa kerajaan. Bukan hanya itu, Vietnam adalah negara yang memiliki sejarah yang panjang. Tetap hidup dalam sejarahnya, Vietnam juga memiliki banyak lokasi sejarah menarik yang kini menjadi daya tarik wisata Vietnam. Beberapa lokasi wisata sejarah menarik di Vietnam bisa Anda lihat di bawah ini.

1.    Kompleks Monumen Hue
Sumber:anekatempatwisata.com

Berlokasi di Kota Hue, ibukota pertama Vietnam, monumen ini menawarkan bangunan-bangunan menarik, reruntuhan klasik, sisa-sisa kejayaan kerajaan Vietnam masa lampau. Bangunannya masih berdiri kokoh. Di Kompleks Monumen Hue ini, Anda juga bisa melihat beberapa tenpat wisata lainnya yang tidak kalah memukau.

2.    Imperial Enclosure
Ini adalah salah satu bangunan yang bisa Anda temukan di Kompleks Monumen Hue. Benteng Kekaisaran menuju Imperial City ini memiliki 4 pintu gerbang yang megah. Pada zaman dahulu, pintu gerbang ini dipergunakan untuk masuk ke dalam kota. Pintu gerbang utama yang cukup populer adalah Ngo Mon atau Noon Gate yang berada di sebelah Selatan. Pintu gerbang ini pada zaman dahulu dipergunakan sebagai jalur masuk khusus untuk para raja.
Sumber: http://sam-and-paul.com/


3.    Forbidden Purple City
Sebagaimana kerajaan lainnya, Vietnam pada masa lampau juga memiliki benteng tersembunyi yang dipergunakan khusus oleh para raja dan anggota kerajaan lainnya. Pada masanya, benteng ini adalah benteng yang terpencil dari dunia luar. Saat pembangunannya, benteng ini dibuat untuk menyerupai benteng serupa di China.

Sumber: raverseearth.com/tag/forbidden-purple-city/

Forbidden Purple City dikelilingi parit selebar 10 km dan 10 gerbang yang bisa dimasuki. Bangunan yang merupakan bangunan terakhir (terdalam) dari Imperial City ini dibangun pada awal abad ke-19 berdasarkan feng shui untuk memaksimalkan energi yang masuk. Meski sebagian besar bangunan di kompleks ini telah hancur akibat perang, beberapa di antaranya kini dibuka dan layak untuk Anda kunjungi.

4.    Terowongan Cu Chi
Perang Vietnam yang panjang menyisakan sejarah yang masih hidup sampai sekarang. Terowongan Cu Chi adalah bukti sejarah Vietnam yang masih dibiarkan apa adanya seperti sedia kala. Terowongan ini berada sekitar 40 km arah barat laut Kota Ho Chi Minh. Pada masanya, terowongan ini digunakan oleh para gerilyawan Viet Cong selama Perang Vietnam. Di sini, Anda akan diajak merangkak melihat-lihat bagian dalam gua.
Sumber: http://adhiekloperer.blogspot.co.id/

5.    Hanoi’s Army Museum
Museum ini menyajikan berbagai informasi terkait Tentara Rakyat Vietnam dan masa pemerintahan Partai Komunis di bawah kepemimpinan Presiden Ho Chi Minh. Ho Chi Minh adalah tokoh yang sangat berpengaruh dalam sejarah kemerdekaan Vietnam. Karena itu, namanya bahkan menjadi nama salah satu kota di Vietnam.

Sumber: Devitatour.com

Pada 17 Juli 1956, museum ini dibangun di pusat Kota Hanoi, berada dekat dengan Ho Chi Minh Mausoleum, yang merupakan makam Ho Chi Minh sekaligus tempat Anda bisa melihat tubuh Ho Chi Minh yang diawetkan. Di museum ini dipamerkan tank, senjata-senjata, dan patung-patung yang menggambarkan perjuangan Tentara Rakyat Vietnam. Mengunjungi museum ini dapat membuka wawasan Anda mengenai perjuangan kemerdekaan Vietnam. Untuk masuk ke museum ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk yang bila dirupiahkan kurang lebih Rp12.000.

Tertarik berwisata ke Vietnam?
Reaksi:

12 komentar:

  1. Ulasan menarik, semoga bisa berkunjung kesana. Secara Vietnam dulu merupakan salah satu negara bagian Majapahit. :p

    BalasHapus
  2. Boleh menjadi destinasi kalau sudah ada rezeki lebih berkunjung ke negera tetangga xD

    BalasHapus
  3. Wih apihk ya? kapan ya isa rana. Ahhh mupeng #kekep Dompet

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngomong we meh bobox kelonan dompet

      Hapus
  4. itu foto apa mbak? waktu saya ke vietnam nggak ada lihat gedung itu, bagus kayaknya, dan kelihatan kuno

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sih salah satu bangunan di kompleks Monumen Hue. Bangunan khas Vietnam seperti itu.

      Hapus
  5. kalau saya ada kesempatan mau mencoba merangkak di terowongan sepertinya menantang yah

    BalasHapus
  6. Duch kapan TIGER terbang lagi domestik di nusantara ini ??????

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...