7.4.16

Solusi Belajar Masa Kini Lewat Aplikasi


Gumun. Istilah Bahasa Jawa yang berarti terheran-heran dan kagum. Kagum sama teknologi sudah semakin canggih sehingga cara belajar semakin beragam. Kalau dulu zamannya orang tua belajar cukup di sekolah, kalau sekarang kayaknya pasti harus ditambah dengan bimbingan belajar privat. Flashback ke masa sekolah dulu, aku sendiri diikutkan di dua tempat les demi meningkatkan nilai ujianku. Nah, tren bimbingan belajar ini semakin canggih sekarang. Kalau dulu yang namanya bimbingan belajar pasti harus bertatap muka antara guru dan murid, kalau sekarang sih tatap muka nggak terlalu penting, teknologi komunikasi sudah canggih. Tinggal chatting saja sama gurunya. Wah, semudah itukah?

Ya kalau punya guru privat sendiri yang bisa suka-suka digangguin sih bisa saja. Tapi nggak semua murid punya guru privat kan? Kalau ikutan bimbingan belajar klasikal, kadang-kadang nggak bisa paham secara menyeluruh juga karena banyaknya murid di kelas. Nah, sekarang ada aplikasi mobile untuk bimbingan belajar online nih. Nama aplikasinya Ruangguru. Selama periode trial sampai 15 April 2016, kita bisa bimbingan belajar privat gratis selama 15 menit dengan menggunakan referral code: belajargratis. Beneran gurunya itu fast response dan ramah sekali. Ini nih pengalamanku experience dengan aplikasi android Ruangguru.

Tampilan setelah berhasil sign up ke Ruangguru.

Sejujurnya saat berhasil bikin akun dan akan mengeksplore aplikasi ini, aku berharap mendapatkan banyak menu di aplikasi ini. Ternyata satu-satunya menu andalan di program ini adalah pada fitur chatting secara online dengan guru dari Ruangguru. Cara memulai chattingnya adalah dengan memilih menu tingkat sekolah dan mata pelajaran, terus upload soal yang ingin ditanyakan. Jangan lupa diberi notes untuk soal yang ingin dibahas. Aku sendiri kemarin mencoba Bahasa Inggris untuk umum. Maklumlah mamak satu anak ini masih butuh skor TOEFL yang tinggi, kali aja dapet tawaran S3. Wkwkw..

Waktu tunggu cepat, maksimal 180 detik.
Setelah upload soal, aku diminta menunggu untuk dicarikan guru/tutornya. Nggak lama loh nunggunya. Setelah tersambung dengan kakak guru (masih muda sih), langsung deh si kakak jelasin panjang dan lebar tentang soal yang kuupload. Penjelasannya runut dan responsnya cepat. Jadi nggak rugi lah trial 15 menit tadi. Lebih bagus lagi kalau tadi misalnya aku sudah menyiapkan banyak pertanyaan, jadi bisa benar-benar maksimal bimbingan privat gratisannya. Hehe..
Berasa lagi chattingan sama teman saja.
Oh ya, karena aplikasinya kurang memuaskan rasa ingin tahuku tentang program ini, langsung deh aku surfing ke websitenya di ruangguru.com. Disana cukup banyak penjelasan tentang Ruangguru. Aku bahkan sempat mendaftar jadi guru online di websitenya. Sebelum akhirnya sadar kalau yang bisa apply harus yang berdomisili di Jabodetabek *tepokjidat.




Kepo terus berlanjut. Aku yang metode belajarnya lewat soal-soal merasa tertantang mengerjakan tes online di website Ruangguru.com. Walau bukan siswa yang akan menghadapi UN, tetapi tentu bisa berguna buat persiapan ujian akhir siswaku nanti *persiapan sebagai guru privat. Soal-soal yang disajikan di website Ruangguru.com memang dirancang untuk persiapan ujian yang katanya computerized itu. Dengan berlatih mengerjakan soal secara online di website Ruangguru, sama saja dengan berlatih mental saat ujian nanti. Beneran berlatih mental, soalnya saat ujian nanti yang bikin rempong biasanya bukan materi ujian, tetapi urusan persiapan ujian seperti koneksi internet, manajemen waktu mengerjakan soal via internet, dll.

mendaftar tes online dan memilih soal di ruangguru.com
Iseng-iseng pilih simulasi tes online SBMPTN bagian kemampuan dasar dan sains. Wih, ternyata soal ujian masuk perguruan tinggi sekarang sulit ya *_*, tapi asyiknya di Ruangguru ini ada pembahasannya. Jadi kalau memang bersungguh-sungguh mengerjakan soal dan mencermati pembahasannya, mudah-mudahan sih lolos SBMPTN. Selain ada pembahasan soal, juga ada pembahasan mengenai kelebihan dan kelemahan kemampuan peserta tes online. Ada peringkat sesama user pengguna tes online juga loh. Daripada mengejar peringkat di permainan game online, mending mengejar peringkat di tes online ini kan?*sok bijak.
Contoh soal dan pembahasan di Ruangguru. Pembahasannya cukup jelas.
Kalau ada waktu, aku pengen coba menaklukan simulasi soal Tes Potensi Akademik SBMPTN yang ada di ruangguru.com ini. Soalnya, latihan soal potensi akademik ini masih diperlukan untuk mencari pekerjaan. Total soal ada 75 soal dalam waktu 60 menit. Bisa jadi simulasi CAT tes CPNS kan? Hehe *ketahuan deh orientasinya.

Overall, aplikasi dan website Ruangguru.com sudah sangat bagus. Namun, beberapa saran mungkin bisa dipertimbangkan untuk pengembangan website Rungguru.com dan aplikasi Ruangguru:
  1. Fitur untuk aplikasinya diperlengkap. Untuk tes online mungkin bisa dilakukan via aplikasi mobile android, jadi nggak hanya fitur chatting dengan guru saja.
  2. Fitur untuk memulai chatting nggak terbatas dengan mengupload soal yang ingin ditanyakan, tetapi bisa sending file, karena kalau mengandalkan foto kadang kurang jelas terbaca soalnya.
  3. Bank soal terus diperbaharui. Cara belajar berbasis internet seperti ini kedepannya akan menjadi andalan banyak murid di Indonesia.-bahkan seorang job seeker sepertiku, hehe-
Hmm, nulis blogpost ini sambil lihat anakku yang baru asyik nonton video streaming. Terbersit di pikiran, zaman anakku besar nanti, cara belajar bakalan seperti apa ya?

(nb: sponsored post, see disclosure)
Reaksi:

13 komentar:

  1. Boleh di coba ... Guru nya pun juga ramah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas. Fast response. Worthed lah 15 menitnya.

      Hapus
  2. Mantap neh,
    Apalagi sebentar lg Aida kelas 3 SMP dan Azka kelas 6 SD, bs jd alternatif neh utk menghadapi UN

    BalasHapus
  3. Anakku sudah nyobain soal-soal untuk ujian nasional SMP buat persiapan ujian bulan depan :)
    Smoga aplikasinya semakin lengkap ya, membantu sekali buat belajar anak-anak nih.

    BalasHapus
  4. Kumpulan soalnya lumayan banyak ya, jadi bisa cicil untuk UN nanti

    BalasHapus
  5. hebat yah... jaman sekarang apa aja bisa menggunakan aplikasi.... kereeennn...

    BalasHapus
  6. Iya benar, fitur aplikasi di gadget kurang banyak ya. Anakku sudah coba, lumayanlah buat belajar, apalagi dia masuk UN SD nanti bulan Mei :)

    BalasHapus
  7. Wih keren ya mak, bisa belajar online ini.
    Btw, maak saya suka tampilan baru blog ini, eh bener kan karena kemarin kok gak kayak gini ;)

    BalasHapus
  8. Aku baru download, belum nyobain.

    BalasHapus
  9. Buat yang anaknya mau ujian pasti terbantu sekali. Kalo aku masih sibuk sama ujianku sendiri, anak masih TK, belum ada ujian, hehe...

    BalasHapus
  10. bagus sekali untuk sarana belajar anak, izin donlot yah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...