6.4.16

Solusi Membawa Anak Saat Acara Seminar


Serunya tinggal di kota besar seperti Yogyakarta, salah satunya banyak event kece bertebaran. Event yang banyak dan bermacam-macam. Wah, kalau diturutin kayaknya badan pengen dibagi ya biar bisa ikutan semua. Apalagi buat mamah muda kayak aku. Gejolak kawula muda haus eksistensi masih membara, tetapi di lain sisi juga sudah punya tanggungan anak yang masih balita unyu-unyu. Memang sih, ada tetangga baik yang bersedia dititipi anakku kalau aku harus pergi ke kampus, seminar atau pun acara offline blogger. Tapi ada kalanya kan  anak pengennya ikut ibunya pergi. Aku sendiri bukan tipe ibu yang tega menolak permintaan anak, apalagi kadang acara acara blogger atau seminar seru di akhir minggu, saat dimana anak memang harus quality time bersama ibunya.

Kalau sudah di posisi seperti itu, win-win solutionnya adalah dengan mengajak anak ikut ke acara deh. Tapi, sebelum memutuskan mengajak anak ke acara, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi nih. Syarat utama yang harus dipenuhi adalah internet kencang. Kenapa coba? Soalnya cara efektif bikin anak anteng saat ikut acara ibunya, ya dengan video-video streaming di youtube. Bukan solusi yang bagus sih sebenarnya, tapi ini masih lebih baik kan, daripada anak berlarian tak tentu arah atau bikin ribut di acara. Soalnya memang fitrahnya anak itu bermain-main kan? Nah, untuk sementara menemani ibu acara, main-mainnya ya via tablet dulu. Salah satu amunisi wajib bikin anak anteng bermain tablet, ya dengan melengkapi tablet dengan simcard yang mendukung internet cepat.

Pengalaman buruk nih ya. Suatu hari aku mengajak anakku ke sebuah acara dimana saat itu memang aku sendiri kurang amunisi buat mengantisipasi kalau anak rewel. Maklum saja sih aslinya aku percaya anakku ini kooperatif banget. Seringnya dia pengertian banget sama aku. Tapi namanya anak-anak, ternyata nggak bisakalau terlalu lama di posisi duduk yang sama alias duduk anteng. Hari itu kok ya aku lupa bawa tablet. Akhirnya smartphoneku yang jadi sasaran uprek-uprek. Waduh, padahal smartphoneku lagi nggak pasang kuota internet yang besar. Kalau dipakai buat streaming bisa mendadak habis pulsanya. Akhirnya aku matikan deh mobile data-nya. Bisa ditebak dong, anakku langsung bete dan ngambek. Dia nggak bisa lagi menikmati di pangkuan ibunya. Padahal mainan mobil kesukaannya saat itu sudah dibawa. Tapi namanya juga anak-anak, kalau sudah bosan ya nggak bisa diajak kompromi. Aih, malu abis deh rasanya. Suasana seminar mendadak sedikit ramai dengan celotehan anakku yang minta pulang. Demi ketentraman dan kesejahteraan peserta seminar lain, akhirnya aku 'amankan' anakku keluar ruangan. Untung gak berapa lama dia kecapekan terus tertidur, kalau nggak tidur mungkin aku menyerah nggak ikut acara seminar itu sampai selesai.

Semenjak kejadian itu, aku terus-menerus mewanti-wanti diriku sendiri untuk mempersiapkan segala sesuatunya bila ingin membawa anak ke acara. Yang terpenting yaitu mempersiapkan gadget beserta simcardnya!

Sebenarnya sih bisa saja memanfaatkan wifi yang ada. Tapi kadang malah repot sendiri kalau mengandalkan wifi gratisan. Pernah internetnya putus-nyambung. Gara-gara itu anakku malah jadi bete, soalnya streaming video jadi buffering terus. Kalau anak bete, ibunya bisa ketuleran bete nih. Makanya, untung banget sudah menemukan simcard dengan kuota yang cukup untuk anak streaming video dengan puas, kartunya sudah diisi IM3 Oreedoo. Jaringan Indosat Oreedoo tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Harga paket kuotanya juga cukup terjangkau. Semenjak amunisi gadget buat anak tercukupi dengan baik, bawa anak ke acara seminar jadi nggak masalah. Anak bisa bereksplorasi dengan dunianya, sementara ibunya juga puas mereguk ilmu seminar. Ah, heaven...
Saat Fun Blogging kemarin. Ibunya sibuk live tweet, anaknya sibuk streaming video ^_^

Reaksi:

15 komentar:

  1. weeehhh template baruuuu dan krn internet kencaaangggg jadi tambah rajin ni dibaaaa...

    BalasHapus
  2. Ini bisa menjadi solusi untuk para ibu-ibu yang sudah memiliki keturunan yang memiliki segudang acara namun harus bawa anak kemana-mana hihi

    BalasHapus
  3. Anak2 anteng ya kalau dipegangin gadget

    BalasHapus
  4. cihuuuii template baruuu, perdana banget nich comment. Ia bener kemaren internet gak sip agak rewel jadinya hehe

    BalasHapus
  5. Masalah kalau panitia acara gak kasib uzin bawa anak... ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu yang harus dipastikan sebelum acara sih.

      Hapus
  6. Wuih template baru niy..lebih keren mak..sukak^^

    BalasHapus
  7. Mobile friendly nih templatenya. Aku kalau bawa anak ada mas bojo maunya=)

    BalasHapus
  8. Sama neh Mbak, aku juga ngalamin dilema kalo mau ikutan acara blogger sementara Aiman pengin sama aku saat weekend. Sementara Mama Ivon juga lagi hamil besar, capek n kasian kalo harus ngatasi Aim yang aktif itu. Jadinya, ikutan acara ga total karena sambil ngemong.

    BalasHapus
  9. Bener banget mba Ardiba,kalau bawa anak ke seminar emang gadget beserta simcard yang ada kuota itu sangat-sangat membantu :P

    BalasHapus
  10. Kalau aku tambah buku bacaan karena anak-anak suka baca buku.

    BalasHapus
  11. Internet kenceng, anak anteng, ibu ikut acara sampe mateng..#eh :D

    BalasHapus
  12. Harusnya terakhir ada soundtrack Heaven Bryan Adams. Hahaha. Aku sedih lah gak ikut ini. Bagi ilmunya napaaaaaaaaaaa.

    BalasHapus
  13. Azka kalau ikut acara jk anteng pegang gadget. Intinya, kalau ditanyai mau ikut acara , dijawab dg pertanyaan: nanti ada permainannya gak?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...