2.4.16

Perhatikan ini sebelum bertamu!


Bertamu adalah salah satu sarana menyambung tali silaturahmi dan mengakrabkan antar tetangga. Tuan rumah punya kewajiban untuk memuliakan tamu. Namun demikian, perlu diperhatikan adab bertamu. Jangan sampai tuan rumah tidak mampu memuliakan tamu karena tamunya sendiri nggak bisa memuliakan dirinya sendiri.

1. Perhatikan waktu berkunjung saat bertamu.
Waktu berkunjung di pagi hari sebaiknya dihindari karena biasanya tuan rumah sedang sibuk mempersiapkan berangkat ke kantor, sekolah, atau pun kerempongan di pagi hari pada umumnya. Paling aman adalah dengan memberi kabar terlebih dahulu saat akan bertamu. Jangan sampai tuan rumah menjadi kurang berkenan dengan kedatangan kita, dan malah dianggap mengganggu.


2. Perhatikan frekuensi berkunjung.
Mungkin sebenarnya tamu hanya butuh teman ngobrol, tapi berkunjung terlalu sering ke rumah orang bukan tidak mungkin malah hanya akan mengganggunya. Mungkin tuan rumah tidak menyampaikan keberatannya atas kedatangan tamu secara langsung. Tapi jadi tamu yang tahu diri lah. Kalau saat jam makan siang atau jam makan malam kita masih aja bertamu, masak iya tuan rumah nggak menawarkan makan? Kalau pun menawarkan, boleh jadi cuma basa basi loh. Intinya, jadi tamu yang tahu dirilah!



3. Apa tujuan bertamu?

Orang akan senang kalau dibutuhkan dan mendapat imbal balik dari bantuannya itu. Tetapi justru malesin banget kalau dapat tamu yang setiap hari minta tolong terus tapi nggak ada imbal balik untuk tuan rumah yang menolong. Benalu amat gitu ya kesannya?



4. Perhatikan kondisi tuan rumah.

Mrnjenguk orang sakit itu baik. Tapi jangan sampai kedatangan kita malah mengganggu waktu istirahat si sakit. Peka dong sama kondisi tuan rumah. Kalau bisa menjenguknya sebentar saja. Begitu juga ketika keluarga tuan rumah sedang bermasalah, nggak usah sok-sokan datang sebagai pahlawan. Emang siapa lo?



5. Jangan minta dilayani tuan rumah.

Ada loh tipe tamu yang nggak tahu diri, belum ditawari minum udah minta dibuatin minum. Belum ditawari makan udah nyindir-nyindir minta ditawari makan. Helo? Niatnya bertamu apa mau makan di warteg? Untuk tamu model begini dijamin bikin ilfil tuan rumah. Amit-amit jangan sampai jadi tamu yang model begini.
Reaksi:

20 komentar:

  1. Sukaaakk! dan memang seeperti itu seharusnya ya.. untungnya sy kl bertamu, selalu menempatkan diri seperti saya ingin ditamuin,, hihihihihihi

    BalasHapus
  2. Eh ya ampuuun.. Ada gitu tipe nomer 5?.
    Belum pernah nemuin, semoga nggak, qeqeqe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampe mak. Nyebelin banget soale.

      Hapus
  3. request mak wkwk :v cara bertamu ke rumah calon mertua :3 biar di setujua proposalnya haha

    BalasHapus
  4. Dulu saya kurang suka dengan kunjungan yang tiba2, cuman setelah tinggal disini dimana hampir semua kunjungan harus diagendakan, kok sesekali pernah merasa kangen dengan teman yang tiba2 mampir gitu hehehe...

    BalasHapus
  5. Kulo nuwun, saya mau bertamu :)

    BalasHapus
  6. yup betul, aku mah jarang ada tamu. Mungkin aku mebatasi diri terutama sama tetangga, krn aku pernah merasa terganggu karena hmpir setipa saat datang, padahal aku baru datang kantor, ataua ku lagi sibuk di dapur hanay untuk curhat

    BalasHapus
  7. Mba Diba..ini blognya kok jadi ndak mobile friendly yah. Heheh maaf out of topic

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya. Kenapa ya? Nggak pernah ngutak ngatik lg sih. Maafkeun ya Mbak..

      Hapus
  8. Aku paling sering ketamuan, kalo emang tamunya yang udah deket banget sih gpp point no 5. tapi kalo hanya selewat aiihh jadi ilpil yaak :D

    Pernah donk bertamu (paman sendiri), tiap bertamu istrinya selalu menawarkan, mau minum, mau makan, mau baso (tapi ga dikeluarin ntu minum/makanan). Alhasil Paman maah, jangan ditawarin,langsung aja suguhin .
    huhuuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipe2 janji palsu juga malesin ya mak..wkwkwk

      Hapus
  9. nah, menurutku yang paling penting no.1. Perhatikan jam kunjung. Terutama bila bertamu ke rumah cewe. Bila sampai lewat jam kunjung bisa gawat

    BalasHapus
  10. poin no, 2 sering bngt aku abaikan min, makasi sdh mengingatkan

    BalasHapus
  11. Nomor 1 itu penting banget, masa iya bertamu jam 9 malam.. Hellooooo.. hiks
    Ada juga ya tipe nomor 5 mak, speachless deh

    BalasHapus
  12. memang penting nih tata krama bertamu, perlu diterapkan.

    BalasHapus
  13. Ini bagus, ngk kaya temen saya bertamunya sudah malam bener

    BalasHapus
  14. jadi begitu ya cara bertamu yang benar...

    BalasHapus
  15. duh mbak... tetangga sebelah makanannya enak-enak, jadi aku namu terus deh :)))

    BalasHapus
  16. ada yang bertamu jam 9malam lebih, eh ternyata ada tetangga yang nganter berkat :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...