2.11.14

Kuliah Umum Bersama Pak Anton Apriyantono

Program Pasca Sarjana Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian Universitas Gadjah Mada kedatangan tamu istimewa, dialah Pak Anton Apriyantono, Menteri Pertanian periode 2004-2009 lalu. Kedatangan Pak Anton ke kampus Teknologi Pertanian UGM dari tanggal 30 Oktober sampai 1 November 2014 adalah dalam rangka memberikan kuliah umum mengenai flavor dan peralatan penelitian berbasis kromatografi. Kuliah umum seperti ini rutin diadakan setiap tahun untuk memperdalam pemahaman mahasiswa mengenai peralatan penelitian berbasis kromatografi.

Saat ini Pak Anton mengajar di Bakrie University. Mahasiswa sana pasti senang ya punya dosen seperti Pak Anton. Betapa tidak, pembawaan Pak Anton sangat humble dan cara penyampaian materinya enak. Walaupun materinya tergolong berat, karena membahas mengenai peralatan canggih yang sebagai mahasiswa belum tentu 'beruntung' bisa berurusan dengan alat ini. Maklum harganya mihil pake bingits, hehe..

Kuliah umum ini dibagi dalam 3 hari. Hari pertama, yaitu Kamis, 30 Oktober 2014 berlangsung setengah hari, dari jam 13.30 WIB sampai 15.00 wib.

Hari Pertama

Kuliah hari pertama membahas mengenai sensomics, oleh-oleh Pak Anton dari seminar di Oxford, Inggris beberapa minggu yang lalu.

Sensomics adalah ilmu yang mempelajari tentang senyawa volatil yang bertanggung jawab pada flavor pada makanan. Jadi, banyak sekali senyawa volatil dalam makanan, kalau dihitung secara total, ada 10.000 senyawa volatil yang telah ditemukan, namun hanya 230 senyawa volatil yang bertanggung jawab terhadap flavor makanan. Dalam satu buah, itu hanya sekitar 3-40 senyawa volatil yang benar-benar bertanggung jawab pada bau dan rasa makanan tersebut.

Dalam mendapatkan senyawa yang benar-benar berperan ini, sensomics ini mengkombinasikan metode analisa produk secara umum, psycophysical(psikologis dan fisiologis) pada manusia, dan peralatan bioinformatika sehingga didapatkan senyawa flavor yang paling dominan dalam suatu bahan makanan.

Terus, apa dong gunanya penemuan ini? Penelitiannya lama, dan outputnya seperti apa?
Wow, gunanya banyak sekali, salah satunya ya supaya lebih akurat dalam mensintesa senyawa buatannya. Seperti dalam pembuatan parfum, biasanya peracik parfum sengaja menambahkan senyawa lain sebagai decoy. Dengan penambahan senyawa lain ini peniru parfum tidak akan mampu membuat racikan parfum yang mirip aslinya. Nah, sensomics ini berguna untuk mendeteksi senyawa yang paling berperan ini.* tapi siapa juga yang mau pakai metode canggih seperti ini hanya untuk membajak racikan parfum, hehe.

Hari Kedua
Hari kedua kuliah berlangsung dari pukul 08.00 - 16.00 WIB. Materi hari kedua ini adalah pembahasan tentang dasar kromatografi dan kromatografi gas (GC/ Gas Chromatography). Materi kuliahnya sangat padat, terdiri dari 5 file presentasi yang masing-masing filenya terdiri dari hampir 100 slide. Di hari kedua ini kita semua belajar tentang prinsip kromatografi, bagaimana prinsipnya, dan apa saja macam-macamnya.

Kromatografi, dari terminologinya adalah pemisahan. Yang dipisahkan disini adalah komponen sampelnya. Pemisahan dapat berdasarkan polaritasnya, kelarutannya, ataupun derajat ionisasinya. Kromatografi terdiri dari stationary phase/ fase diam, dan mobile phase/ fase bergerak. Senyawa sampel yang cenderung berikatan kuat dengan fase diam akan lama untuk keluar, sedangkan senyawa yang cenderung larut dalam fase bergerak akan keluar lebih dulu. Dari sinilah pemisahan terjadi. Bentuk pemisahan ini berupa gambar yang disebut kromatogram.

Prinsip Kromatografi (dokpri Pak Anton)
Contoh Kromatogram, semakin ke kanan berarti semakin lama senyawa kontak dengan fase diam
(dokpri Pak Anton)
Berdasarkan fase bergeraknya, kromatografi terdiri dari kromatografi cair/ liquid chromatography dan kromatografi gas/gas chromatography. Penggunaan ini berdasarkan sifat senyawa yang akan diuji, bila berbentuk gas, maka menggunakan kromatografi gas, bila cair, maka menggunakan kromatografi cair. Berikut gambar untuk lebih memperjelas. 

Jenis Kromatografi (dokpri Pak Anton)
Penelitian tentang senyawa flavor lebih banyak menggunakan GC, karena sampel yang diteliti berupa gas, maka alat yang digunakan pun menggunakan fase bergerak berupa gas.

Hari Ketiga
Hari ketiga masih dengan jadwal yang sama seperti hari kedua. Kuliah hari ketiga membahas tentang kromatografi cair (LC/Liquid Chromatography). Kromatografi cair ini banyak digunakan untuk mengidentifikasi senyawa-senyawa yang larut dalam pelarut polar(ex: air), ataupun non polar(ex: etanol). Identifikasi asam lemak, asam amino, ataupun minyak atsiri umumnya menggunakan alat ini.

Selain membahas tentang kromatografi, Pak Anton juga menjelaskan mengenai Mass Spectrometry. Prinsipnya adalah mengionisasi molekul sehingga kita bisa menghitung massa pecahan dari molekul. Mengerjakan Mass Spectrometry ibaratnya mengerjakan teka-teki silang, karena kita harus menebak-nebak, senyawa apa yang sebenarnya ada di dalam bahan dengan menghitung jumlah molekulnya.

Tebak-tebak buah leci, senyawa apakah dengan berat molekul 36 ini?
(dokpri Pak Anton)

Mass Spectrometry adalah identifikasi lebih lanjut dari kromatografi. Alat yang saat ini umum digunakan memadukan kedua alat ini, seperti GC-MS.

Tuh. Keren dan 'berat' juga kan materinya. Ini masih secuil kecil dari materi yang disampaikan. Kuliah selama tiga hari ini terasa masih kurang. Masih banyak kebingungan, terutama bagi mereka yang belum pernah menggunakan alat-alat yang diterangkan beliau. Untungnya beliau berbaik hati memberikan kontaknya. Kalau ada yang perlu ditanyakan, beliau mempersilahkan kami untuk menghubunginya. Bisa juga ke Bakrie University karena beliau masih aktif mengajar disana.
Memandang Pak Anton dari balik meja

Subhanallah. sungguh mengagumkan mantan menteri yang satu ini. Semoga semakin banyak putra bangsa seperti beliau. Tak segan berbagi ilmu, produktif, dan humble. Psst..beliau bahkan kabarnya tidak menerima honorarium untuk kuliah 3 hari yang berharga ini, sebagai gantinya kami ditraktir makan siang. Sudah dapat ilmu, dapat makan siang gratis pula! Alhamdulillah!
Foto bersama di akhir acara
Baca keseruan lain seputar Food Technology. Plis klik: I'm proud to be food technologist!
Reaksi:

1 komentar:

  1. Wah seru. Pak Anton memang keren. Salut sama beliau. ^^

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...