22.10.13

Persahabatan Jack si Pengusaha Kacang dan Sang Raksasa

http://stephanieklein.com/images/2010/02/jack-beanstalk.jpg

Jack jadi OKB(orang kaya baru) semenjak menanam pohon kacang ajaib. Gimana ngga? Pohon itu bisa menghasilkan berkilo kilo kacang tiap harinya, saking tingginya pohon itu. Oh ya, pohon ini tembus sampai rumah seorang Raksasa loh.. dan Jack sama Sang Raksasa ini sudah berteman baik. Mereka saling berkunjung tiap minggunya. Kadang kadang saling menginap juga. Jack sampai membuatkan kamar dan tempat tidur besar bila raksasa ini jatah menginap di tempat Jack. Meladeni tamu seorang raksasa itu gampang-gampang susah. Makannya banyak, gerak dan bersuara dikit bikin gempa. Sempet sih Jack diprotes sama warga, tapi berhubung Jack udah jadi pengusaha kacang yang sukses bo, jadi yah warga diberi hasil panen kacang juga udah seneng. Hehe..

Jack paling senang main ke tempat raksasa. Raksasa punya ibu yang baik dan perhatian. Jack kalau main kesana pasti dibuatkan semangkuk besar coklat hangat yang saking besarnya Jack bisa nyemplung disitu. Jack juga dibuatkan sepotong kue yang lebih tinggi dan lebih besar daripada Jack. Sembari bermain bersama raksasa, Jack ditemani harpa ajaib yang selalu melantunkan lagu lagu indah. Harpa ini pinter loh, dia bisa melantunkan lagu rock juga. Jadi deh mereka berdua kayak karokean dengan iringan music harpa. Pulang dari berkunjung Jack tak lupa untuk memetik kacang. Walaupun Jack sudah punya banyak pekerja, tapi dia ga mau berpangku tangan. Petikan kacang ini diletakkan dalam semacam ember yang dipasangi tali, menyerupai timba sumur. Embernya ada banyak, jadi kacang yang bisa dipetik juga banyak. Di bawah ada pekerjanya yang siap menerima kacang itu untuk dikemas langsung, dibuka kulitnya, ataupun dikeringkan dahulu, semua tergantung pesanan costumer. Jack berharap persahabatannya dengan raksasa tetap langgeng. Karena silaturahmi dengan raksasa inilah yang dirasa Jack melancarkan rejekinya.
“Ng..Jack..Jackiya..maukah kau menikah denganku?” Ujar Raksasa suatu ketika.
Harpa melantunkan lagu romantis, sehingga Jack alias Jackiya ga sanggup menolak.

Merekapun bahagia selamanya.
**End**
Jumlah:292 kata

Kisah Aslinya:
Jack disuruh ibunya menjual sapinya, tetapi malah ditukar dengan biji kacang ajaib. Semula ibunya marah besar, tetapi biji kacang ini memang benar benar ajaib. Pohon kacangnya tumbuh tinggi sekali sampai ke tempat raksasa di atas langit. Sang raksasa kaya namun jahat, Jack mencuri harta si raksasa sampai suatu ketika Jack ketahuan mencuri harpa, dan raksasa mengejar Jack yang turun ke bumi namun raksasa terjatuh dan mati. Singkat cerita Jack membawa pulang harpanya dan bertobat. berkat harpanya juga Jack menemukan jodoh seorang putri dan menjadi raja yang arif dan bijaksana. di cerita remake ini, Raksasanya baik hati dan yang punya ibu adalah si raksasa(bukan Jack seperti di versi asli). dan Jack di cerita ini adalah perempuan.
Reaksi:

9 komentar:

  1. kyaa jd beautiful and the beast

    BalasHapus
  2. Hai Mbak :D

    Mbak, ini cuma kayak sinopsis. Datar. Ga ada emosinya.
    Saya aja cuma baca 2 kalimat pertama, dan langsung loncat ke kalimat terakhir. Langsung bisa ambil kesimpulan hahahaha :D
    Padahal ini sebenernya twist nya loh.. tapi kenapa ga kebaca.

    Tambahan lagi, sebaiknya "menyesatkan" pembaca dengan menggunakan nama tokoh yang seolah-olah laki-laki tapi ternyata perempuan semata-mata gitu sebaiknya dihindari. Coba baca yang ada di sini ya...

    http://mondayflashfiction.blogspot.com/2013/06/pemerkosaan-yang-kita-lakukan-terhadap.html

    Keep writing!

    BalasHapus
  3. makasih komennya Mb Jiah n mb Helda
    @ Mbak Carra, hehe..ilmu per-flash fiction-ku masih cetek nih. sepertinya memang harus lebih banyak baca literatur lagi..Ok makasih sarannya..semoga prompt selanjutnya bisa lebih baik.aamiin

    BalasHapus
  4. Maaf Mbak, mau komentar banyak, hehe. Ada beberapa poin yang mau saya komenin.

    1. Ini cerita rakyat Indonesia bukan, ya? Maaf, kalo yang saya tangkap sih, disuruh menggubah cerita rakyat itu ya dari Indonesia. *abaikan kalau memang dibolehkan*

    2. Setuju sama mak Carra. Ini kayak sinopsis. Saya malah kayak lagi baca cerita di blog kesannya. Karena gaya penceritaannya santai dan bebas. Kurang cocok untuk sebuah fiksi. *menurut saya*

    3. Di foto gambar si Jack lelaki, tapi ending-nya ternyata Jack-nya perempuan. -____-

    Segitu aja dulu, sih. Mungkin ada tambahan lagi dari yang lainya nanti. Trimikisi. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. jacknya tomboy ceritanya..hehe..oh..harus cerita rakyat Indonesia toh?hehe, ini cerita dongeng luar sih mak..okelah..kayaknya aku kurang jeli nih baca tema..btw, maksih banget dah disuguhi kripik..next prompt Insya Allah better..*deg2an..prompt pertama sudah dikomen para suhu..

      Hapus
    2. suhu apa? suhu badan saya masih normal kok, mbak. saya masih sehat. :D *dikeplak mbak ediba*

      Hapus
  5. Setuju ama komennya para master MFF! Belajar lagi, yuk ... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..trims kk..my first prompt..di kritik suhu itu deg2an beud..

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...