19.7.21

Kegunaan karet ban dalam bekas untuk rumah tangga

Waktu aku ganti ban, bapak pesen supaya ban dalemnya dibawa pulang. Sependek yang aku tahu sih, ban dalem motor ini bisa buat tali kalo bawa barang banyak di boncengan motor. Atau juga buat mengikat barang supaya gak 'lari-lari' saat perjalanan menggunakan mobil (itu barang apa balita sih kok lari-lari? Lol). Tapi ternyata, kegunaan ban dalam motor lebih dari itu! Bahkan kalo kubilang, setiap rumah wajib sedia ini buat pertolongan pertama pada kecelakaan perkakas rumah. Iya, P3K nggak cuma perlu buat penghuni rumah, tapi barang-barangnya juga. Jadi fungsi ban dalam ini antara lain:


1. Menambal pipa bocor

Ketika ada pipa yang bocor di rumah, tentu kita berhasrat menambal atau mengganti bagian yang bocor tersebut dengan yang baru. Mengganti jelas butuh biaya besar, tetapi menambal tentu lebih ekonomis. Tetapi, ditambal pakai apa? Ada sih semacam isolasi anti bocor gitu di marketplace, tapi sebenernya ada cara yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan, yaitu menggunakan kresek bekas dan potongan karet ban dalam. Ramah lingkungan kan? Memanfaatkan kresek bekas lho ini. Haha. 

Step 1

Jadi, sebelum memperbaiki pipa, bila memungkinkan matikan dulu aliran airnya, biar gak basah kuyup selama memperbaiki pipa. Dikira lagi adegan sedih sinetron, Pipaku Sayang Pipaku Malang, wkwkwk. Tapi sebenernya dalam kondisi basah juga gak masalah, karena kresek sama karet bannya nggak terpengaruh sama basah, cuma mungkin nanti agak licin aja pas ngiket karet bannya. 

Step 2

Tutup area pipa yang bocor dengan plastik, bisa kresek bekas atau plastik bekas wadah beras, pokoknya plastik bekas aja, biar berkontribusi mengurangi sampah plastik ye kan? (Yaelah kayak udah ngurangi sampah plastik berapa kilo aja). 

Step 3

Lilitkan area yang sudah ditutup plastik tadi dengan karet ban dalam. Pastikan potongan karet ban cukup lebar dan panjang sehingga bisa menjangkau area pipa cukup banyak. Tapi jangan kelebaran juga, nanti karet ban susah diikatnya. 

Jadinya gini deh. Emang jadi nggak aesthetic, tp ya yang penting secara fungsional tetep oke ye kan.



2. Menambal perkakas yang patah



Suka sebel hanger di rumah patah? Itu aku sih. Sama bocil hanger buat mainan, ya sukses patah lah. Mana patahnya beda-beda lagi. Diisolasi juga nggak mempan. Tapi ternyata dengan potongan panjang karet ban dalam yang dilikitkan, semua masalah patah hanger bisa teratasi. Bisa diterapkan buat barang patah lain. Tapi bukan buat mengatasi patah hati dan patah semangat loh ya. 


3. Pengait saat mengemas barang

Seperti yang dibahas di awal, karet ban ini powerful buat keperluan traveling (distribusi ding). Semua barang yang dikhawatirkan akan tumpah atau jatuh bila beroindah tempat, bisa diikat dengan kuat menggunakan karet ban dalam. Eh, tapi jangan buat ngiket hati si dia yang sudah tidak mencintaimu lagi ya..hihi..


Selain ketiga 'life hack' tadi, karet ban dalam bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kursi. Tetapi, butuh banyak karet ban dalam plus ban luar bekas juga. Jadi kalo buat pemalas sepertiku, ya mending beli kursi baru atau lesehan aja. Haha!

Ada lagi ide yang lain?

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...