28.3.18

Tips Mengindari Kecolongan Pulsa Saat Internetan


Sumber: pixabay.com
Penggunaan smartphone berbasis Android memang sudah bukan hal baru lagi. Kelebihan menggunakan ponsel pintar ini adalah kamu bisa selalu terhubung dengan sambungan internet. Jika dibandingkan dengan ponsel lama yang hanya bisa digunakan untuk telepon dan mengirim SMS, penggunaan ponsel pintar lebih banyak dipilih. Pengguna ponsel pintar bisa terus terkoneksi dengan teman dan sahabat melalui aplikasi seperti Whatsapp, Telegram, atau Line yang menggunakan kuota internet. Selain itu mereka juga bisa setiap saat mengakses sosial media milik mereka, dan mendapatkan informasi terbaru yang mereka butuhkan. 

Tentu saja hal tersebut membutuhkan kuota data untuk selalu terkoneksi dengan layanan internet. Hampir semua provider telekomunikasi menyediakan khusus paket data untuk menjawab kebutuhan ini, kamu bisa pulsa atau paket data operator yang kamu gunakan yang dijual di situs Traveloka. Mereka menawarkan beragam paket data dengan jumlah kuota yang bebeda dan dengan keunggulan masing-masing. Jadi kamu tinggal menyesuaikan besar kebutuhan kamu saat membeli pulsa Smartfren di situs Traveloka. Sudah cek sisa pulsa Smartfren kamu? Kalau sudah habis, segera beli agar bisa beli paket internetnya.
smartfren.com

Namun, adakalanya kita menemui pulsa yang tersedot otomatis saat menggunakan layanan internet pada smatrtphone ini. Tentu hal ini membuat kita tidak nyaman, karena tahu-tahu pulsa kita habis, dan tidak dapat menelpon atau mengirim pesan. 

Biasanya keadaan tersebut baru kita ketahui saat kita hendak menelepon atau mengirimkan SMS. Jangan panik dulu, kamu bisa melakukan cek pulsa untuk mengetahui apakah pulsamu benar-benar tersedot. Jika kamu menggunakan Smartfren, kamu bisa melakukan cek pulsa Smartfren. Beberapa cara cek pulsa Smartfren berikut bisa kamu ikuti untuk mengetahui nominal pulsa kamu.

Yang pertama dengan mengirimkan SMS ke 999 dengan mengetik “CEK”. Kamu juga bisa menggunakan layanan dial dengan mengetik *999# lalu tekan call. Dengan kedua cara ini kamu akan mendapatkan konfirmasi yang menginfokan berapa sisa pulsamu. Selain itu, kamu bisa menggunakan layanan pesan suara dengan menelepon ke nomer 999 dan mengikuti petunjuk operator. Jika kamu menginginkan informasi yang lebih lengkap, silakan mendownload aplikasi Smartfren di Play Store untuk pengguna smartphone android dan App Store untuk pengguna iPhone. Di sana terdapat menu yang bisa kamu pilih untuk mengetahui sisa pulsa, nomer Smartfrenmu, masa aktif dan info lengkap lainnya.

ponselgue.com

Kalau ternyata pulsa kamu berkurang karena paket data habis dan layanan internet langsung menyedot pulsa, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut untuk meminimalisirnya.

Mematikan dan menghidupkan aplikasi pada ponsel secara manual
Beberapa aplikasi pada Android membutuhkan akses internet saat digunakan. Kamu bisa terus memantau aplikasi apa saja yang menggunakan data internet. Namun ada pula aplikasi yang menyedot data internet secara langsung tanpa kita sadarai, seperti GPS. Kamu bisa mematikan aplikasi semacam ini secara manual saat tidak dibutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi seperti Traffic Monitor by RadioOpt untuk memantau aplikasi-aplikasi apa saja dalam ponselmu yang mengunakan data internet.

Mematikan pengaturan Auto-Update
Dengan mematikan pengaturan auto-update kamu bisa menghindari pulsamu tersedot layanan internet tanpa disadari. Biasanya aplikasi pada Android  akan meng-update  sendiri tanpa notifikasi permintaan. Dengan mengatur auto-update kamu bisa memperbarui aplikasi dalam ponselmu sesuai kebutuhanmu. 

Menghentikan Auto-Sync pada ponsel
Auto Sync adalah fitur yang mengatur agar aplikasi Android dapat langsung tersinkronisasi dengan server Google atau server-server aplikasi yang digunakan. Dengan mematikan Auto Sync kamu bisa menghentikan koneksi akses internet terhadap beberapa aplikasi yang sedang tersinkronisasi secara otomatis. 

Mengatur penggunaan data pada ponsel
Hampir semua ponsel Android  mempunyai fitur pengaturan data. Kamu bisa menggunakan fitur ini sesuai dengan kuota data yang kamu miliki. Biasanya, ponsel akan menampilkan pemberitahuan jika data internet yang kamu gunakan sudah sampai batas pengaturan, sehingga kamu bisa memperkirakan data internet yang kamu pakai, dan kapan harus mengisi ulang data internetmu.


Reaksi:

4 komentar:

  1. Saya sering banget yang namanya kecolongan pulsa, apalagi kalau lupa cek kuota, tiba-tiba udah kesedot aja pulsanya.

    BalasHapus
  2. Lah makasih tipsnya, saya sering kecolongan kalau lupa gak paketin internet.

    BalasHapus
  3. Intinya harus membuat aplikasi berjalan manual, biar gak kesedot pulsanya.

    BalasHapus
  4. iya paling sering pulsa kepotong internet. hahahha. kesel sih tapi ya gimana lagi udah terlanjur kepotong

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...