Stimulasi si Kecil untuk #PintarnyaBeda

Satu-satu kuatnya anakku    Dua-dua juga hebat akalnya   Tiga-tiga dekat dengan semua   Satu, dua, tiga, pintarnya memang beda.. ...

10.4.17

Survei SD IGM dan SD Khalifah Annizam Palembang


Menyambung tulisan sebelumnya tentang memilih sekolah. Memilih jenjang sekolah lebih tepatnya, wakakakak. Rasanya lebih plong kalau aku jabarkan sekalian hasil surveiku. Mengingat lokasi tinggal kami di sekitar Maskarebet Palembang, jadi survei sekolahnya disekitar situ saja. Nggak mau cari sekolah yang terlalu jauh lah. Anak SD yang penting sekolah dekat rumah saja.

1. SD IGM Palembang
Ini sekolah pertama yang aku survei. Soalnya ini sekolah paling heits di kawasan ini. Adekku dulu SMU disini, pelajaran IT disini lumayan unggul. Dan eksul komputer disini tersertifikasi. Buat anak kelas 1 SD ada pengenalan perangkat komputer yang tersertifikasi. Berikut rincian biaya di SD IGM Palembang:
Ujian saringan masuk: Rp. 300.000
Registrasi ulang: Rp. 3.000.000
Uang pembangunan: Rp. 10.000.000- 11.500.000 (tergantung periode pendaftaran)
SPP per bulan: Rp. 950.000
Total: Rp. 14.250.000- 15.750.000

Plus:
1. Ruang kelas luas.
2. Aman.Masuk ke kawasan sekolah dilengkapi dengan security door.
3. Akreditasi A

Minus:
1. Mahal (catet, emak irit paling anti sama yang mahal2)
2. Belajar mengajar di dalam gedung dan ber AC. Takutnya anak kurang udara segar. Hehe.

2. SD Khalifah Annizam
Pertama masuk ke sekolah ini, aku jadi teringat sama SD LHI di Jogja. Tapi lokasinya nggak seluas LHI sih. Staf administrasinya ramah dan jujur kepincut sama kehangatan para guru saat menyambut Ais. Sayang Aisnya masih malu-malu.

Rincian biaya pendidikan di SD Khalifah Annizam:
Pendaftaan: Rp. 350.000
Uang pembangunan: Rp. 4.700.000
Uang perlengkapan: Rp. 2.050.000
Uang seragam: Rp. 2.100.000
SPP per bulan: Rp. 650.000
Total: Rp. 9.850.000
Ada diskon sampai 1 juta untuk alumni TK Khalifah dan mendaftar sebelum Februari.

Plus:
1. Kurikulumnya sejalan sama prinsip pendidikan di rumah.
2. Lokasi bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki.
3. Ada rekomendasi dari teman dan membuktikan sendiri kalau guru-gurunya helpful.

Minus:
1. Kurang area terbuka. Tapi lumayan sih masih ada halaman di depan sekolah.
2. Untuk kantong mamak pelit nan medit, biaya segitu masih mahal, buahahaha..
3. Belum akreditasi

Tapi aku harus realistis lah. Namanya pendidikan pasti ada biayanya. Apalagi maunya pendidikan yang bagus. Sebenarnya ada 1 lagi SD IT di lingkungan Maskarebet yaitu SD Fathonah. Tapi kemarin belum sempat survei kesana. Aku update kalau sudah survey ya...

Tapi overall aku kepincut sama SD Khalifah. Soalnya lokasinya paling dekat rumah, dan guru-gurunya menyenangkan. Masalah biaya, untuk ukuran SD IT sangat terjangkau. Dan walaupun belum akreditasi, aku tidak mempermasalahkannya. Soalnya akreditasi SD tidak terlalu berpengaruh, kecuali mungkin nanti mau pindah ke SMP yang mensyaratkan dari lulusan SD terakreditasi. Tapi kan, Ais bakalan SD selama 6 tahun, optimis deh kalau dalam waktu 6 tahun itu pasti SD Khalifah sudah terakreditasi. *kalau udah cinta, apa aja excuse deh kayaknya, hahaha..tapi ciyus deh, masalah akreditasi nggak terlalu aku pusingkan. Yang penting guru-gurunya komunikatif dan sabar sama Ais. Dan yang paling aku expect dari sekolah ini adalah prinsip semua anak adalah JUARA dan mengajarkan anak mengenali potensinya dan bekerja sama dengan teman-temannya. Yes, life is not about competition but collaboration.

Sabtu ini ada tes masuk SD Khalifah Annizam. Bakalan ada sesi wawancara dengan orang tua juga. Aku sudah exciting banget ni dari hari ini. Moga-moga semua berjalan lancar dan hasilnya sesuai yang dibaraokan. Aamiin.

Reaksi:

3 komentar:

  1. Ternyata pemikiran orang tua mana aja sama ya. Nyari sekolah yang deket sama rumah. Saya pun gitu mba. Eh pas dulu SD juga Ibu saya demikian, pas sekolah saya bahkan cuma beberapa langkah dari rumah hehe

    BalasHapus
  2. ditunggu ya bu review sd fathonahnya.. saya juga ada rencana mindahin anak dari sdn 139 ke it..tapi masih bingung antara khalifah atau fathonah.. salam

    BalasHapus
  3. Wah mb.. biayane mahaaal ya.. tapi sesuai dgn yg didapet mah gpp sih. Aku jg tertarik SD Khalifah. Kalo TK mah ngikut sama perkebunan tempat suami aja deh.. thx infonya mb..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...