Stimulasi si Kecil untuk #PintarnyaBeda

Satu-satu kuatnya anakku    Dua-dua juga hebat akalnya   Tiga-tiga dekat dengan semua   Satu, dua, tiga, pintarnya memang beda.. ...

13.2.17

Roti Cane Pasti Jadi!


Malem-malem Ais minta ke Bungong Jeumpa pengen roti cane. Padahal kemaren baru dari sana. Requestnya besok mau bawa bekal roti cane pula. Waduh, habis berapa duit tuh entar #EmakTongpes. Kalau sudah begini, jadi tertantang bikin sendiri deh.

Browsing di google, nemu deh resep roti cane yang gampil banget di Cookpad. Yang posting resepnya namanya Darling. Tapi kata dia resep ini boleh dapet di FB. Udah di-recook 47 orang dan pada berhasil! Jadi pede dong bikin sendiri.

Pada dasarnya mirip kayak bikin donat tapi nggak pakai fermipan. Terus adonan direndam di dalam minyak selama 1 jam. Terus panggang di teflon. As simple as that.

Jadi, begini resep lengkapnya.

Bahan-bahan:
1. Tepung terigu (kurang lebih 300-400gram). Terigunya jenis apa? Terserah. Wong aku pake terigu kiloan boleh beli di warung tetangga yang sekilo 8ribu aja jadi kok. #belagu

2. Telur ayam (1 butir utuh). Mo telur segar, telur ayam tetangga, atau telur yang udah masuk kulkas, nggak masalah. Penak to?

3. Minyak goreng (50 ml dan 150 ml). Jadi, di adonan nanti ditambahkan minyak goreng 50 ml. Terus nanti adonan direndam di minyak, kira-kira butuh 150 ml buat merendam lah.

4. Air hangat (150 ml). Hangatnya berapa derajat celsius nggak usah terlalu diukur, xixixi. Pokoknya jangan kepanasan aja, ntar kalo putih telurnya mateng kan berabe, xixi.

5. Mentega (secukupnya) untuk olesan. Kalau pake butter rasanya jadi tambah endes. Tapi kalo adanya margarin band biru ato sejenisnya, ya nggak apa-apa pake itu.

6. Susu bubuk (1 sendok teh). Diskip juga nggak apa-apa.

7. Garam (secukupnya). Aku pakai 1 sendok teh sih kemarin.

8. Gula halus (secukupnya). Bisa diskip. Aku kemarin nggak pakai, soalnya rasa roti cane di Bungong Jeumpa nggak ada manis-manisnya gitu. Kan ceritanya mau bikin versi KW semirip mungkin, yes. Wkwkwk.

Lets cook!!!

1. Campurkan bahan cair dulu. Air hangat, telur, minyak goreng. Kocok pakai garpu sampai rata.

2. Setelah itu, masukkan  garam, susu bubuk dan terigu sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, eh, pokoknya sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.

3. Bentuk adonan bulat-bulat. Kemarin bikinnya sih segede separonya bola tenis gitu.

4. Rendam dalam minyak goreng. Tutup baian atas wadah dengan kain bersih. Jangan ditutup plastik yes. Biarkan si adonan bernafas, hehe.

Idealnya sih adonan direndam 1 jam, tapi kemarin direndam setengah jam udah lumayan oke kok hasilnya.

5. Pipihkan adonan yang sudah direndam minyak tadi. Udah berasa mau bikin martabak HAR ni, wkwkwk. Di atas adonan yang sudah tipis tadi, oleskan mentega tipis-tipis juga.

6. Gulung dan plintir-plintir adonan. Terus dibentuk bulet lagi kayak gini.

7. Lakukan poin 5 dan 6 sampai adonan habis. Dan sebelum mulai memanggang roti, jangan lupa cuci tangan dulu. Penting banget nih cuci tangan, soalnya semua tangan udah full of oil. Ciyus deh.

8. Adonan dipanggang di wajan teflon sambil ditekan-tekan supaya berbentuk pipih. Kagak usah nambah minyak lagi. Nanti minyak dari adonan bakalan keluar. Masaknya pakai api keciiiil aja ya. Biar gak cepet gosong.

Proses kedelapan adalah proses yang cukup panjang dan melelahkan #lebay. Sejaman lebih kayaknya aku manggang 12 adonan roti ini. Disambi-sambi nyuapin Ais n maenan hape juga sih, hehe.
Roti cane siap diserbuuu

Penasaran rasanya? Lumayan mirip sama roti canenya Bungong Jeumpa sih menurutku. Tapi kata Ais enakan yang di Bungong Jeumpa. Huh. Nyebelin deh tu bocah. Tapi biar bilang gitu nyatanya hampir 3 biji roti cane dimakan habis sama dia. Wkwkwk

Kalau beli, satu potong roti bisa sampai 10 ribu. Kalau bikin sendiri dengan takaran terigu hanya sekitar 300-400 gr, itu bisa jadi 12 biji. Untungnya udah berapa itu coba? #matahijau

Selain dimakan polosan, bisa juga ditambahin topping selai favorit, keju, atau susu kental manis. Paling endes pakai selai nanas ternyata *buat lidahku.

Yuk cobain buat. Jarang-jarang lo aku masak sekali jadi begini *sombongmeneh
Reaksi:

15 komentar:

  1. Lha? Aku coba bikin gagal maning gagal maning. Sampai bingung, mana yang salah, ya? :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ya jadinya cuma kayak gitu aja..mungkin ukiran teflonku pas jadi hasilnya lumayan..

      Ini kl djual aku yo rung pede ik..

      Hapus
  2. Roti cane enak kalau dimakan pakai kari/ :)

    BalasHapus
  3. Ketimbang beli, bakal lebih mudah kalau bikin sendiri, ya? :p Di sini malah gak ada yang jual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb Esti dimana? Perasaan sih mirip pastry gt rasanya..

      Hapus
  4. wah roti cane itu mirip roti maryam ya...makasih sharenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama..canai, prata, maryam. Beda istilah aja

      Hapus
  5. Bisa dicoba juga ni, atau paling enggak, icip dulu jg mau ibu Ais, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah isin nek dijajal manda. Deg2an oi..

      Hapus
  6. Hahaha...lucu mbak anaknya. Walau kritik tapi makannya banyak juga yak. Mungkin udah tahu prinsip dibuang sayang Mbak. Xixixi

    BalasHapus
  7. wuih,,ternyata gampang yaa..bikinnya...
    nyoba ah..
    thanks sharingnya :)

    BalasHapus
  8. hmmm... begitu, ya? tapi kayknya aku milih beli aja deeeggghh... #emakpemalasan

    BalasHapus
  9. Kayaknya kalo coba buat sendiri akan lebih enak deh,,, makasih infonya kak :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...