22.11.16

Berbagai Minuman Unik dan Khas di Indonesia

 Indonesia memang tidak hanya terkenal dengan budaya yang ia miliki, Indonesia juga terkenal dengan sajian kuliner yang menggoda. Salah satunya minuman yang telah dikenal dari jaman dahulu dan menjadi favorit untuk para penikmatnya. Mungkin minuman yang sering sekali Anda nikmati ialah teh, kopi, air putih, dan juga jus buah. Akan tetapi di berbagai daerah Indonesia, Anda dapat menikmati minuman unik yang terbuat dari bahan yang tidak biasa, sehingga menggoda untuk dicoba.

1. Bir Pletok
Bir pletok. Foto: kokimasak

Minuman pertama ialah bir pletok. Memang, mayoritas masyarakat yang berada di Indonesia ialah muslim serta melarang minuman yang berbau alkohol. Akan tetapi, bukan berarti kreatifitas menciptakan berbagai minuman dapat luntur begitu saja. Bir pletok menjadi bukti jika banyak kreasi minuman Indonesia. Minuman yang berasal dari Betawi ini mempunyai bahan rempah serta tumbuhan yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Ia mempunyai rasa yang menyegarkan. Bir yang berasal dari Betawi ini dapat menghangatkan tubuh Anda. Bahan yang digunakan seperti sereh, gula, kayu manis, kapulaga, dan kayu secang yang digunakan untuk pewarna merah. Agar dapat menghasilkan rasa yang nikmat, diperlukan jahe gajah agar memiliki rasa yang mantap.

2. TST (Teh Susu Telur)
Teh Susu Telur. Foto: resepmsak.blogspot

TST merupakan salah satu minuman yang berasal dari Medan. Minuman ini terkenal memiliki rasa yang lezat. TST ialah minuman unik yang telah dikenal masyarakat luas. Hal ini bukan karena komposisinya yang unik melainkan ia dapat memulihkan tenaga. TST mempunyai komposisi seperti telur, teh, susu. Terdapat 2 macam telur yang digunakan yakni telur bebek dan ayam kampung. Protein yang berada di dalam telur ini yang bisa digunakan untuk membangkitkan stamina. Jika Anda sedang berjalan-jalan di Medan, Anda bisa dengan mudah menemukan minuman ini di warung.

3. Kopi Jos
Kopi Joss. Foto: jagat-resep.blogspot
Ada juga kopi jos. Bagi Anda yang sering berkunjung ke Jogja, mungkin sudah sering merasakan lezatnya kopi jos ini, namun bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke kota pelajar ini, ada minuman yang menunggu Anda. Salah satu keunikan yang diberikan oleh kopi jos ini ialah penyajiannya yang menggunakan arang panas. Inilah kenapa kopi ini disebut sebagai kopi jos. Mungkin kedengarannya aneh, namun untuk rasa jangan di tanya lagi. Banyak penggemar kopi yang memberikan acungan jempol untuk kopi ini. Biasanya akan ada banyak orang yang berkumpul di angkringan sambil menikmati kopi ini. Konon, arang yang sengaja di celup dalam kopi memiliki khasiat menetralkan kandungan kafein sehingga dapat dinikmati banyak orang.

4. Le Boh Timon
Le Boh Timon. Foto: jendelakuliner
Minuman lainnya ialah le boh timon. Bila Anda tinggal di Aceh, pasti Anda sudah begitu familiar dengan ie boh timon ini. Namun, untuk Anda yang tinggal diluaran Aceh, mungkin saja minuman yang satu ini masih begitu asing kedengarannya. Bahan utama dari le boh timon ini ialah mentimun yang disajikan dengan diparut bersama dengan jeruk nipis, gula pasir, dan juga madu. Timun yang digunakan untuk penyajian le boh timon ialah timun sayur. Minuman ini digunakan untuk menetralisir masakan yang memiliki banyak kandungan kolesterol.

5. Kopi Rarobang
Kopi Rarobang. Foto: jendelakuliner
Minuman unik asli Indonesia yang terakhir ialah kopi rarobang. Mungkin segelas kopi yang dinikmati bersama dengan susu dan gula pasti terasa biasa. Namun, bagaimana rasanya jika segelas kopi di campur dengan jahe. Tentu rasanya akan sangat menggoda. Kopi yang dicampur dengan jahe ini dapat Anda cicipi di Maluku. Kopi rarobang diracik menggunakan taburan jahe, daun pandan, kenari yang di sangrai, dan cengkeh.

Reaksi:

10 komentar:

  1. tst ini aku baru tau, kirain asli malaysia lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di Malaysia mungkin itu yang disebut teh tarik, tapi teh tarik tanpa telur kayaknya.

      Hapus
  2. wes, cuma kopi rarobang yang baru tahu. Unik ya mbak Diba nama2nya

    BalasHapus
  3. TST gaberani coba. Kayaknya itu aja olahan telur yg gabisa masuk di aku. Kalo telor setengah mateng biasa yg dikasih garem merica masih bisa, hehehe

    BalasHapus
  4. wah unik unik juga ya

    di magetan juga ada minuman yang menarik hlo, selain tentu enak

    BalasHapus
  5. kopi rarobang... mah baru denger..he2, aku pernah bikin teh telur... enak banget.. tapi ga pke susu.. terlalu eneg meburutku..

    BalasHapus
  6. saya paling suka kopi jos, rasanya ituloh bener-bener nendang deh, pas buat saya, hehehe

    BalasHapus
  7. Penasaran ama bir pletok
    Jahe gajah nya segede apa..heheheeh

    Es timun juga enak XD

    Kalau kopi arang apa udah masuk kategori ekstrim ya? Hehehehh

    BalasHapus
  8. STMJ kok gak ada ya?

    padahal unik banget lho, dan berkhasiat.

    Jadi pengen nyoba TST yang mirip-mirip STMJ

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...