Stimulasi si Kecil untuk #PintarnyaBeda

Satu-satu kuatnya anakku    Dua-dua juga hebat akalnya   Tiga-tiga dekat dengan semua   Satu, dua, tiga, pintarnya memang beda.. ...

21.11.16

Piknik Seru dan Instagramable di De MATA


Stress terus bilang, "Aku kurang piknik', yakin? Jangan-jangan abis piknik tetep stres, soalnya ternyata kamu ganti stres karena kurang duit. Hihi. Terus, solusinya gimana dong? Gampang. Makanya pilih tempat piknik yang dekat saja dong. Coba deh lihat sekeliling rumah, googling, pasti ketemu deh tempat piknik yang asyik. Kalau kebetulan berdomisili di Jogja, ada nih tempat wisata all ini one. Hanya datang ke tempat ini kita bisa menikmati romantisme ala Italia, eksotisme ala Seminyak Bali, berpose di atas kuda pegasus, bahkan tamasya ke bulan.
Tamasya ke bulan. Photo by @imasatrianto
Naik pegasus. Photo by @imasatrianto

Dimanakah itu?

Coba tebak!

Yes! Tempat itu adalah De MATA Eye Trick Museum. Walau sekedar tipuan mata, tapi lumayan banget kan buat narsis-narsisan. Kalau buatku yang biasa menikmati wisata dengan berfoto-foto, ke De MATA itu seperti berkunjung ke ratusan tempat wisata sekaligus menyalurkan hobi (ehem) bergaya. Haha..
Kebayang nggak sih 'piknik' masuk kaleng Khong Guan? (Foto dari kamera@imasatrianto)
Di museum ini, gambar-gambar 3Dnya atraktif dan perlu gaya tertentu supaya kita terlihat menyatu dengan gambar. Contoh saja gambar-gambar di bawah ini. Kelihatan bagus kan kalau gayanya maksimal? Haha

Tapi, pengambilan gambar juga perlu diperhatikan. Kayak foto ini, kalau misal lekukan temboknya nggak kelihatan, pasti lebih bagus. Tapi, kalau mau benar-benar bagus memang harus benar-benar diatur angle gambarnya.
Foto dari kamera@imasatrianto
Oh ya, kalau mau ke De MATA, sebaiknya bawa kamera yang full baterainya, plus baterai cadangan atau powerbank. Memori kamera juga harus dipastikan cukup. Soalnya, ada ratusan gambar 3D yang siap kita eksplorasi. Di satu gambar saja, nggak akan cukup 1 kali take! Karena pasti ketagihan pengen coba berbagai pose, hehe..

deMata terdiri dari dua bagian, yaitu De MATA dan De MATA Dua. Kali pertama ke De MATA sekitar tahun 2015 bersama anak, tante, dan sepupu. Waktu itu baru ada De MATA saja. Karena perginya dadakan, jadi memori HP dan baterai kamera nggak mencukupi. Rasanya kuciwa banget deh. Makanya waktu kemarin kesini lagi, aku sudah pastikan kamera dan HP dalam kondisi full baterai dan space cukup buat jepret sana-sini.

Kalau mau maksimal pose-pose di De MATA, jangan sekali-sekali ke De MATA sendiri. Soalnya nanti susah berfoto. Bisa sih minta tolong mbak atau mas guide, tapi masak iya seluruh gambar minta jepretin? Kasian si guide dong yaa. Terus, bisa mati gaya juga kalau cuma sendirian, karena yang seru itu ya berpose bersama kayak begini.
Foto dari kamera@imasatrianto

Kerasa dapet banget kan kebersamaan dan kehangatannya? Padahal beberapa di antara kami baru kenal hari itu lho.
Ke Menara Pisa cabang Jogja. (Foto dari kamera@imasatrianto)
Terus, kalau mau ke De MATA, lokasinya di mana?

De MATA terletak di kompleks XT Square. Selain De MATA 1 dan 2, ada juga De ARCA yang isinya patung-patung tokoh dunia. Bisa selfie sama Jokowi, Pak Harto, Hitler, Taylor Swift, bahkan The Avengers dan Hulk. Sayangnya sih, di De ARCA variasi gaya yang bisa dilakukan agak terbatas, namanya juga foto sama patung, nggak boleh dipegang-pegang juga. Makanya De ARCA ini agak sepi pengunjung.

Harga tiketnya berapa nih?

Harga tiketnya bervariasi. Kalau pas hari Senin-Jumat dari jam 10 sampai jam 3 sore, harga tiketnya adalah sebagai berikut:
De MATA: 35 ribu
De MATA 2: 25 ribu
De ARCA: 30 ribu
Jadi, 85 ribu bisa puas di 3 tempat tersebut.
Di atas jam 3 sore sampai jam 10 malam, harga tiket menjadi 100 ribu rupiah, Nah, kalau weekend, harga tiket menjadi 120 ribu rupiah. Kalau nggak mau ketiga tempat itu, bisa pilih satu tempat saja kok.

Harga tiketnya lumayan mahal ya?

Ya, kalau datang pas weekend memang kerasa sih mahalnya. Tapi sebenarnya itu sebanding lho. Karena di De MATA maupun De ARCA, kita bisa benar-benar sepuasnya berfoto disana tanpa dipungut biaya lagi. Mau minta tolong difotokan sama guide juga gratis. Kecuali mau cetak fotonya ya. Baru harus membayar (ya iyalah, modal ciin).

Ada fasilitas apa saja disana?

Lengkap. Mau cari merchandise, cari colokan, atau pengen ngemil-ngemil es krim. Ada disini. Mau makan juga di depan XT Square banyak food court. Masjid di kawasan XT Square jg cukup luas.

Surganya penggemar foto!

Kalau belum puas difoto di spot-spot De MATA, bisa juga menikmati foto dengan suasana Korea, Jepang, atau Belanda.Komplit sama sewa bajunya. Biaya foto mulai dari 75 ribu rupiah, sudah termasuk kostum. Kece kan?

Tertarik? Aku sendiri sih nagih pengen kesini lagiii...

Alamat De MATA Trick Eye Museum: di XT Square, Jl. Veteran No. 150-151-Yogyakarta
Facebook: De MATA-De ARCA
Twitter: @DeMATA_DeARCA
Website: dematamuseum.com
Instagram:@de_mata_de_arca
Telp: (0274) 380809
Wa: 081327166616
Reaksi:

8 komentar:

  1. waaaah dgn tiket segitu tapi tempatnya bgs begini, aku jg mau sih mbak :D... cakep nih trick eye nya... apalagi kalo posenya bisa heboh, jdnya juga kyk beneran :D . makin keren aja wisata di jogja... udh lama ga kesana mbak :D..

    BalasHapus
  2. Makasih referensinya siapa tau nanti ada kesempatan ke jogja

    BalasHapus
  3. Foto yang sama kucing lucu banget. Kamu tampak kecil, dan kucingnya raksasa. Jadi pengin poto di sini hiks

    BalasHapus
  4. Piknik biar nggak gampang panik, eaaaa.. Iki tarife leh moto ada nggak? Apik apik ya #muji dewek hahahahaha

    BalasHapus
  5. Bedanya DE Mata sama DE Mata 2 apa, Mak. Jadi penasaran

    BalasHapus
  6. MakDib, aku mau meguru deh sama makDib soal akting. Fotonya klo totalitas jadinya emang keren bangeeeettt.

    BalasHapus
  7. Waah...gambarnya udah baru semua ya..harus kesana lagi nih ajak tifa. Biar ikut eksyen juga

    BalasHapus
  8. Iya Mak Ari..gambarnya ganti2 terus
    @Tikah. Iya yuk kesni lagi
    @Mak Ika. Kalau yang deMATA 2 ada gambar yang 4D, tapi tempatnya lebih kecil. Aku sih paling suka disini, hehe
    @Manda. Wah, ra kuat mbayar e
    @Mak Kania dan Mb Fanny. Hayuk ke Jogja...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...