24.7.16

Jamin Masa Tua dengan Rutin Menabung


Membiasakan diri untuk hidup hemat dan rutin menabung adalah cara terbaik untuk mempersiapkan masa depan. Buat yang masih single, menabung seringkali dialokasikan untuk persiapan menikah. Bagi yang sudah berkeluarga, menabung seringkali dialokasikan untuk pendidikan anak. Apa pun status dan tujuan menabungnya, kebiasaan menabung harus dimiliki semua orang untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Kondisi perekonomian dan iklim investasi di dalam maupun di luar negeri cukup fluktuatif dan nilai mata uang cenderung menurun dari tahun ke tahun (inflasi), walaupun penanaman modal dalam negeri semakin gencar akhir-akhir ini. Oleh karena itu, menabung sebaiknya tidak sembarang menabung. Akan tetapi, menabunglah dalam bentuk yang tepat, sehingga hasil tabungan bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Tips rutin menabung
Bagi sebagian orang, menabung adalah kegiatan yang cukup sulit dilakukan. Terkadang tidak ada uang yang bisa ditabung dan bahkan terpaksa berhutang. Untuk memulai rutin menabung, sebaiknya dimulai dengan gaya hidup sederhana dan apa adanya. Iya, apa adanya. Jangan keblinger sama yang namanya barang kreditan atau pun diskonan. Kecuali memang sudah ada budget untuk itu. Dengan gaya hidup sederhana maka kita dapat menyisihkan uang untuk ditabung. Segera sisihkan dana untuk menabung tersebut di awal bulan. Jangan ditunda-tunda, karena penundaan akan membuat uang tersebut malah terpakai.

Jangan gabungkan uang tabungan dengan uang konsumsi
Ini nih cara efektif untuk konsisten menabung. Pisahkan uang yang dialokasikan untuk kebutuhan selama sebulan dan uang yang dialokasikan untuk menabung. Akan lebih baik kalau rekeningnya terpisah yang tidak ada ATMnya. Jadi kalau mau 'membobol' tabungan butuh usaha ekstra.

Diversifikasikan jenis tabungan
Bila menabung dalam bentuk tabungan biasa, sejatinya kita 'dirampok' dengan perampok terselubung bernama inflasi. Oleh karena itu, sebaiknya diversifikasikan tabungan dalam berbagai bentuk investasi. Beberapa investasi yang bisa digunakan antara lain, tabungan emas, deposito, reksadana, maupun unit link. Apabila tertarik bermain saham, maka investasi jenis ini bisa menjadi pilihan yang cukup menggiurkan. Sekarang sangat mudah caranya bila ingin bermain saham. Tinggal buka rekening efek di sekuritas yang biasanya terdapat di bank-bank besar seperti Mandiri, BCA, BNI, dll. Setelah memiliki rekening efek maka kita bisa 'belanja' saham, reksadana, atau oun obligasi sesuai kemauan dan penawaran yang ada. Investasi sekarang jauh lebih mudah dibanding dahulu, sekarang sudah tidak ada persyaratan minimal dana di rekening efek. Jadi saldo nol rupiah pun tetap bisa transaksi, ya transaksi jual maksudnya, kalau beli mana bisa kalau saldo rekening efek nol rupiah.

Dengan rutin menabung dan menginvestasikan di tempat yang tepat, maka hari tua yang tenang bukan hanya impian. Apa pun pekerjaan dan berapapun penghasilannya, kita semua berhak memiliki hari tua yang terjamin. Mulailah menjamin diri sendiri dengan rutin menabung.
Reaksi:

4 komentar:

  1. Menabung memang harus dipaksakan, kalau ga dipaksa uang pasti habis terus ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak. Harus dialokasikan dari awal terima uang.

      Hapus
  2. Sekarang masih susah nabung hiks, uang datang dan pergi seperti air mengalir :D

    BalasHapus
  3. ini yang susah, udah direncanakan untuk nabung adaaa aja godaan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...