14.6.16

Menonton Tarian Sakral Kecak Bali

Tari Kecak

Banyak penginapan hotel murah di Bali dengan fasilitas yang nyaman buat istirahat dan nyaman buat wisatawan. Penginapan murah bisa di pesan secara online jauh hari. Jika bingung, kalian coba tanya kepada petugas tiket atau tukang parkir meminta dicarikan penginapan yang murah. Penginapan murah biasanya berupa homestay atau wisma. Fasilitasnya juga beragam, mulai dari yang ber Ac sampai yang kipas angin. Dari yang kamar mandi sendiri ada yang sampai bebarengan. Kalau mau hotel yang super ekslusif juga ada tapi tentunya ini bukan solusi bagi traveler yang berkantong tipis.
Yang penting nyaman.
Akhirnya saya tiba di pura uluwatu 17.20 WITA. Penonton sudah berkumpul menuju disekitar area pertunjukan. Dari sisi lain terlihat para penari kecak sedang bersiap – siap.  Para penari terdiri dari pria bertelajang dada dan menggukan sarung kota – kotak hitam serta di telingganya terselip sebuah bunga. Disekitar area juga terdapat suluh / obor bambu sebagai pelengkap upacara tarian. sayapun menikmati Sunset dibalik pura sangat indah dengan awan yang membiru berpadu kilauan cahaya matahari dan deburan obak. Angin bertiup semerbak aroma pantai lembut menerpa tubuh. Sungguh pemandangan harmoni alam yang luar biasa.
Ulu Watu
Uluwatu sunset
Ketika mentari mulai tenggelam, penontonpun sudah bersiap menyaksikan tarian kecak yang magis itu. sayapun segera bergegas menuju area pertunjukan yang berbentuk setengah lingkaran. Ditengahnya terdapat tunggu danga beberapa suluh / obor yang sudah dinyalakan. Denyut Jantungpun berdetak kencang,   para penari memasuki area lapangan mengelilingi suluh sambil melantunkan kata ’’Cak cak cak…’’ ciri khas tarian Kecak. Lantunan sangat harmoni seolah bernada tapi tidak pasti. Sungguh unik, para penari bagaikan tidak sadar hanyut dalam lantunan suara tersebut. Gerakan tarinya cukup sederhana, tapi sangat kompak. Terkadang sambil duduk, terkadang juga berdiri sembari menggerakkan tangan bersamaan ke atas.
Tari Kecak
Tari Kecak
Kisah yang dipentaskan dalam tarian kecak ini dalah ramayana. Berawal Rahwana yang jatuh cinta dengan permaisuri Rama yaitu Dewi Sinta. Akhirnya Rahawana menculiknya namun Sinta berhasil direbut kembali oleh Rama dengan bantuan Anoman. Alur cerita akan dibacakan dengan bahasa bali dan Indonesia serta sinopsis berbahasa Inggris bagi wisatawan asing. Tentunya cerita ini sudah tidak asing lagi, silahkan googling ya...
Hanoman Tari Kecak
Hanoman Obong
Hampir satu jam antraksi pementasan berlangsung, dan ditutup dengan tarian penutup pementasan. Saat saya ke merapat ke penginapan untuk istirahat dengan segudang cerita dan pengalaman di Pulau Dewata.
Reaksi:

3 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...