22.12.15

Santai Kece di Resto Maple Tree Casual Dining

Arisan ilmu at Maple Tree Jogja

All in one kecenya! Begitu kesanku saat masuk ke area Resto Maple Tree Casual Dining. Suasananya hommy dan nyaman. Cocok banget buat bersantai kece. Nggak salah pilih tempat deh Mak Ika Koentjoro. Padahal rumahku hanya selemparan batu kalau mau ke sini, tapi dasar diriku bukan emak gaul (dan agak kere), makanya nggak tahu kalau ada tempat kece kayak gini. 

Oh ya, aku bersama para emak blogger berbondong-bondong ke restoran ini tujuannya adalah untuk mengikuti arisan ilmu. Kece kan arisannya? Nggak sekedar kocok undian, tapi bagi-bagi ilmu! Eh tapi, arisan ilmu kami malah nggak ada iuran sama sekali loh, jadi benar-benar dari dan untuk emak. 

Arisan Ilmu Food Plating and Photography with Smartphone




Arisan ilmu tanggal 12 Desember 2015 lalu mengangkat tema tentang Food Plating dan Photography. Pengisi materinya, untuk food plating ada dari crew Maple Tree, dan untuk food photography ada Mak Ika Koentjoro dan Mak Lies Wahyuni. MC acaranya ada Mak Indah Juli yang juga selaku MakPuh Kumpulan emak Blogger. Big thanks banget buat tiga emak kece ini, jadi ketambahan banyak ilmu sore ini.

Food Plating

Arisan ilmu at Maple Tree Jogja

Untuk mempersingkat waktu, acara pertama langsung masuk ke demo food plating dari crew Maple Tree Jogja. Ada dua menu yang diajarkan, yaitu burger dan menu andalan Maple Tree jogja, yaitu Bebek Peking. Untuk plating burger sebenarnya tidak terlalu sulit, karena hanya menumpuk roti, daging, sayur, kemudian roti lagi. Untuk garnish-nya cukup dengan potongan french fries dan taburan daun seledri cincang. Yang susah itu plating bebek pekingnya. Aku sampai sekarang masih belum bisa buat hiasan daun dari timun atau hiasan mawar dari tomat. Haha!

Basic Food Photography with Smartphone


Setelah crew Maple Tree Jogja menyelesaikan demo plating Burger dan Bebek Peking, materi selanjutnya adalah penjelasan tentang food photography bersama Mak Ika dan Mak Lies. Menurut Mak Ika, dalam memotret itu, yang utama hanya dua hal, yaitu dekorasi (makanya pelajaran food plating tadi cukup penting) dan pencahayaan/lightning. Nah, untuk materi basic food photography kali ini Mak Ika dan Mak Lies menjelaskan tentang bagaimana mendapatkan pencahayaan yang baik. Gambar di atas memperlihatkan Mak Ika sedang memegang diffuser, yang gunanya untuk mengurangi cahaya yang masuk. Kemudian Mak Lies memegang reflector, yang gunanya untuk memantulkan cahaya yang masuk. Dengan mengatur cahaya yang mengenai benda, maka akan didapatkan foto makanan yang dramatis. Pelajaran pencahayaan dari Mak Ika dan Mak Lies sempat aku coba praktekkan dengan objek susu jahe plus peyek kacang di rumah. Hasilnya memang belum sedramatis foto makanan yang biasa dihasilkan Mak Ika dan Mak Lies, tapi lumayan, jadi pede foto makanan dengan smartphone sendiri. Selengkapnya pelajaran pencahayaan di postingan ini.

Makanan kece dengan rasa kece di Resto Maple Tree Jogja


Resto Maple Tree Jogja terletak di Jl. Pakuningratan no 77 Yogyakarta. Letaknya mendekati jalan Magelang. Kalau dari Jalan Magelang, plang Maple Tree terlihat jelas, tapi kalau kemarin sih aku masuknya dari Jl. A. M. Sangaji. Letak Resto Maple Tree Jogja bersebelahan persis dengan Masjid Pakuningratan. Resto Maple Tree Jogja buka dari jam 12 siang sampai jam 11 malam. Andalan restoran ini adalah Bebek Peking. namun, karena aku nggak terlalu suka bebek, jadi bebek pekingnya boleh nyicip punya Mak Ririe. Enak sih, daging bebeknya empuk dan manis gurih bumbunya pas. Nggak salah deh kalau menu serba bebek di restoran ini juara rasanya! Oh ya, Mak Ririe juga pesan Es Singkawang. Semacam es campur dengan potongan buah nangka dan tape. Pokoknya pesanan Mak Ririe sore itu tepat semua deh! 


Sajian lezat dari Resto Maple Tree Jogja selain bebek peking adalah sajian mie dan pastanya. Creamy tomato chicken-nya memiliki citarasa asam dan creamy, sedangkan nuno beef de bologna terasa legit sekali kejunya. Pesananku sendiri yaitu mi goreng phad thai. Agak mirip sama bakmi Jowo sih, tapi ada citarasa bawang putih dan tauge goreng yang tidak ditemui di bakmi Jowo. 


Makanan lezat belum lengkap tanpa minuman segar! Aku sendiri pesan brown lime sugar yang rasanya manis-asam segar. Aku nggak mau pesan minuman bersusu seperti frappucino, oreo frappe, atau pun teh tarik, karena bayanganku nanti terlalu kenyang. Tapi akhirnya kemarin coba mencicip juga sih, hasilnay justru minuman yang paling enak adalah Es Singkawang-nya Mak Ririe, hehe.


Foto-foto Kece di Resto Maple Tree Jogja

Setelah semua makanan kami habis dan materi dari Mak Ika dan Mak Lusi seesai, kami kemudian narsis bareng disini. Memang benar kata Mak Indah Juli kalau resto ini instagramable. Sampai sekarang aku masih suka senyum sendiri melihat betapa kecenya kami di foto ini (yang bikin kece view-nya padahal, haha!). Nggak percaya, nih fotonya boleh nyulik dari facebook Mak Indah Juli. Jangan iri ya sama foto hit kita ini, hehe

Arisan Ilmu KEB at Maple Tree Jogja

Nah, berdasarkan pengalamanku kumpul bareng emak blogger di Resto maple Tree Casual Dining, ada yang kemudian berminat kesini? Soal harga cukup terjangkau kok. Untuk seporsi makanan dibanderol sekitar dua puluh ribu sampai lima puluh ribu, sedangkan minumannya nggak sampai dua puluh ribu. aku sendiri kemarin habis sekitar Rp. 44.000.

Resto Maple Tree Jogja

Jl. pakuningratan no 77 Yogyakarta
Telp:(0274) 584769
IG: mapletree_jogja

Postingan lain tentang kuliner ada di tagline Culinary. Monggo mampir.

Diary Ardiba tentang nge-blog di postingan Blogger's
Reaksi:

19 komentar:

  1. aduhhh laper...lempar bebek peking

    BalasHapus
  2. Nampak enak apalagi kalau makan di sana dan kamu traktir kami. Haha

    BalasHapus
  3. iihh tempatnya kece maak..
    cucok buat narsis2an eeaaa

    BalasHapus
  4. Aku penggila bebek MakDib, kudu rono ki.
    Ulasannya OK, untaian kalimatmu ki, wes jian khasa tenan

    BalasHapus
  5. makanannyaaa mantaaap yaaa...dan seklaian berbagi ilmuu..seruu tuh :)..pasti banyak foto-fotonyaaa hehehe

    BalasHapus
  6. Aku suka menu bebek.

    Tempat kece, yang poto2 juga kece

    BalasHapus
  7. Wow.. Bagus sekali itu terasnya.. Rasanya belum pernah ke kafe yang cantiknya begitu..

    BalasHapus
  8. Issshhh bikin perut keroncongan ...

    BalasHapus
  9. Postingannya kereeennn... Makasih sharingnyaaaa

    BalasHapus
  10. Wkwkwkkkk aku ya artisnya? Cocok bgt dg tema warna maple tree ya. Semoga diangkat jd ambassadornya. Aamiin.

    BalasHapus
  11. asiknyaaa kumpul sambil dapat ilmuuu....bebeknya menggodaaa...

    BalasHapus
  12. Gyaaaa asyiikk banget dapat ilmu dan kenyang juga. Ngileerrr sama si bebek ><

    BalasHapus
  13. Mau juga donk diajakin ke sini klo pas mampir Jogja lagi ya Mb Diba ;)

    BalasHapus
  14. wes, mak Lusi cocok jadi ambassador Maple Tree wkwkwkwk
    gayane wis meyakinkan :D

    BalasHapus
  15. Makanannya bikin ngiler semuaaaa

    BalasHapus
  16. bebek pekingnyaaaa mauuuuuu..........

    BalasHapus
  17. sayang pas gak bisa ikut, asyik yaaa

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...