26.6.16

Jilbab dan Ciput untuk Kesempurnaan Hijab


Jilbab merupakan kain yang menutupi kepala. Dalam penggunaannya, jilbab yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan syariat Islam. Dalam aturan agama Islam, penggunaan jilbab diwajibkan bagi muslimah. Masyarakat pada umumnya masih memiliki pandangan bahwa penggunaan jilbab hanya untuk menutupi kepala. Padahal dalam aturannya, jilbab merupakan busana muslimah yang bentuknya berupa terusan panjang yang menutupi seluruh aurat. Penggunaan model jilbab inilah yang sesuai dengan syariat islam yang dalam penggunaannya dikenal sebagai hijab. Maka dari itu, secara umum jilbab merupakan pakaian longgar yang tidak membentuk lekuk tubuh dan dijulurkan ke seluruh tubuh hingga tanah.
Apabila jilbab diartikan sebagai kain penutup kepala. Hal tersebut memiliki pengertian bahwa jilbab yang digunakan sebagai kain penutup kepala sebaiknya tidak menampakan rambut atau bagian – bagian lainnya. Oleh karena itu, dalam penggunaannya jilbab disertai dengan penggunaan ciput. Ciput dalam fungsinya untuk menutupi rambut dari jilbab yang menerawang atau tipis, mencegah rambut yang suka keluar seenaknya, serta menjadikan ciput sebagai salah satu jalan untuk dapat berkreasi dengan jilbab yang akan digunakan oleh para penggunanya. Melalui penggunaan ciput para muslimah dapat menggunakan jilbab dengan berbagai bahan yang tersedia. Selain itu, jilbab yang digunakan pun dapat dikreasikan tanpa takut akan membuat rambut terlihat atau akan membuat penampilan menjadi kurang rapi.

Dengan demikian, ciput dalam penggunaannya dapat membantu para muslimah untuk mempraktikan fungsi jilbab yang sesungguhnya. Jilbab secara sempit diartikan sebagai kain penutup kepala. Kain penutup kepala terbuat dari berbagai bahan. Untuk menyiasati bahan – bahan kain penutup kepala yang dapat memperlihatkan bagian – bagian tubuh muslimah dapat menggunakan ciput sebagai pelapis jilbab yang digunakan. Hal tersebut sesuai dengan fungsi ciput itu sendiri untuk menutupi rambut dari jilbab yang menerawang atau tipis, mencegah rambut yang suka keluar seenaknya, serta menjadikan ciput sebagai salah satu jalan untuk dapat berkreasi dengan jilbab yang akan digunakan oleh para muslimah yang aktif dalam berbagai kegiatan setiap harinya. Berbagai produk berkenaan dengan ciput dan aksesoris jilbab dapat di beli di hijup.com
Reaksi:

8 komentar:

  1. Aku sampe skerang masih suka kagok mbak kalau pake ciput, harus gmana ya itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. senyamannya aja sih. Kadang aku juga nggak pakai ciput.

      Hapus
  2. Iya bener. Aku kalo gak pake ciput bawaannya ngerasa bahwa helai rambut ada yg nyembul keluar aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang suka melorot juga jilbabnya. Hiks

      Hapus
  3. Aku suka kalau lihat cewek berciput saat mengenakan jilbab. Makin cantik

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...