10.6.16

Ada Apa Saja di Anyer?


Bila mendengar kata Anyer, apa yang ada di pikiran kita? Kalau aku sih langsung ingat pelajaran sejarah yang tentang kerja rodi pembangunan jalan dari Anyer ke Panarukan itu. Anyer sendiri memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata pantai, budaya, dan religi yang rasanya sayang untuk dilewatkan. 


Berikut rekomendasi bermacam jenis tempat wisata di Anyer:

1. Pantai Anyer
Pantai Anyer, Banten. Sumber: http://www.manjaw.com/

Pantai ini sangat terkenal. Biasa digunakan untuk berwisata warga Jakarta saat akhir pekan. Pasir di pantai ini masih bersih dan halus. Banyak aktifitas yang dapat dilakukan di pantai ini, antara lain berenang, bermain pasir, menikmati pemandangan pantai, bermain olahraga air, berselancar, atau menikmati santapan hidangan laut di pinggir pantai yang nikmat.

Lokasi: Jl. Raya Anyer-Sirih, Sindanglaya, Kec. Serang, Serang, Banten

2. Arung Jeram Sungai Ciberang
Arung Jeram Sungai Ciberang. Sumber: http://www.manjaw.com/

Buat yang menyukai wisata alam bisa pula mencoba arung jeram di Sungai Ciberang. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu bahwa Sungai Ciberang tidak sedang surut. Hati-hati di perjalanan! Lokasi menuju perjalanan cukup menakutkan sekaligus menantang.

OFFICIAL OPERATOR: Banten Rafting Ciberang (BRC)
Kp. Muhara Ds. Ciladaeun Kec. Lebakgedong Kab. Lebak Prov. Banten,Lebakgedong,Banten
banten-rafting.com
0877-7191-0290

3. Pulau Burung
Pulau Dua/Burung. Sumber: http://www.manjaw.com/

Pulau Burung sebenarnya bernama Pulau Dua. Akan tetapi pulau ini sering disebut sebagai Pulau Burung dikarenakan banyaknya spesies burung yang berkumpul di pulau ini pada bulan April sampai dengan Agustus. Selain bulan tersebut, burung-burung itu kembali ke tempat asalnya. Seperti jambore ala burung saja ya? Hehehe

Lokasi: Pulau Dua/ Burung, Sawah Luhur, Kota Serang, Banten

4. Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten. Sumber: http://www.manjaw.com/

Wisata di Anyer tidak lengkap bila tidak menjelasajah wisata religi di Masjid Agung Banten. Merupakan peninggalan bersejarah Kerajaan Islam di Banten.Dibangun dengan perpadun dari berbagai kebudayaan, antara lain Jawa, China, dan Eropa. Di lokasi ini juga terdapat makam orang-orang yang berjasa bagi penyebaran Islam di Indonesia.

Lokasi: Desa Kasemen, Kecamatan Kasemen, Banten, Kec. Serang, Kota Serang Kasemen, Banten
0823-1910-1000

5. Kampung Baduy
Kampung Baduy. Sumber: http://www.manjaw.com/

Masih ingat dengan Suku Baduy? Suku yang masih kental dengan budaya Sunda. Wisata di Kampung Baduy dapat menjadi wisata budaya di Anyer. Kampung yang berlokasi di Kabupaten Lebak, Banten ini memiliki penduduk sekitar 8.000 jiwa. Suku Baduy sendiri terbagi menjadi Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar. Suku Baduy Dalam masih primitif dan tidak berbaur dengan dunia luar, sedangkan Suku Baduy Luar lebih terbuka dan mau berbaur degan dengan kehidupan luar.


Wah, menarik sekali ya wisata di Anyer? Berbagai wisata mulai dari alam, budaya, sampai sejarah tersedia di Anyer. Untuk mencapai Anyer tidaklah jauh dari Jakarta. Daerah Anyer sendiri termasuk dalam kecamatan di Banten dan untuk akomodasi tidak masalah karena banyak tersedia hotel murah di anyer.
Reaksi:

2 komentar:

  1. pulau burung itu kayaknya kece banget ya difoto, penasaran deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak. Cuma ya itu, burungnya cuma di bulan2 tertentu aja.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...