9.5.16

8 Wisata Bangunan Bersejarah di Medan

Kota Medan adalah kota besar di wilayah Sumatera yang perkembangannya cukup pesat dan ramai dari jumlah penduduknya. Di tengah kemajuan zaman dan makin menjamurnya tempat wisata modern di Medan, mengunjungi bangunan bersejarah di Medan juga tidak kalah menarik. Berikut 8 tempat wisata bangunan bersejarah di Medan.

1. Gedung Balai Kota Lama
sumber: 7topranking.com
Gedung Balai Kota Lama adalah lokasi pemerintahan di Kota Medan sejak tahun 1900. Sekitar 12 walikota Medan pernah berkantor di Gedung Balai Kota Lama. Namun, pada tahun 1990 dibangun Gedung Balai Kota Baru sehingga Gedung Balai Kota Lama sempat terbengkalai dan tidak terurus. Namun saat ini Gedung Balai Kota Lama sudah kembali terawat dan menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Medan.
Lokasi: Jalan Balai Kota Medan, Sumatera Utara.

2. Masjid Raya Medan
sumber:telusurindonesia.com
Masjid Raya Medan memiliki nama lain Masjid Raya Al-Mashun merupakan bangunan masjid kuno yang dibangun dari tahun 1906 sampai 1909. Gaya arsitektur masjid dipengaruhi oleh Kesultanan Deli dan merupakan perpaduan buadaya Timur Tengah, India, dan Spanyol. Bangunan berbentuk segi delapan dengan sayap di bagian selatan, timur, utara, dan barat.
Lokasi: Jl. Sisingamangaraja, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

3. Gedung London Sumatera
sumber: 7topranking.com

London Sumatera adalah nama salah satu perusahaan perkebunan besar di Sumatera. Bangunan ini sudah ada dari 1906 dan merupakan gedung pertama pada zaman itu yang sudah memiliki fasilitas lift. Bangunan berlantai 5 ini masih aktif digunakan sebagai lokasi perkantoran PT PP London Sumatera. Gedung ini termasuk dalam cagar budaya pemerintah Medan.
Lokasi: Jl Jendral Ahmad Yani, Kota Medan, Sumatera Utara.

4. Rumah Tjong A Fie
sumber: 7topranking.com

Tjong A Fie adalah seorang perantau dari China dan berhasil menjadi bangsawan di Medan. Bisnisnya semakin besar dan berkembang sehingga beliau menjadi sosok legendaris di Medan. Rumah Tjong A Fie  dibangun pada tahun 1895 dan menjadi simbol kehidupan bangsawan China di abad 19. Arsitektur bangunannya dipengaruhi budaya China, Melayu dan Eropa.
Lokasi: Jalan Jendral A. Yani No. 105, Kota Medan, Sumatera Utara.

5. Istana Maimun
sumber: 7topranking.com
Istana Maimun dibangun pada 1888 dan merupakan peninggalan bersejarah Kesultanan Deli. Memiliki luas 2.772 meter persegi dan terdiri dari 30 ruang, arsitektur istana ini memadukan budaya Melayu, Islam, Spanyol, India, dan Italia.
Lokasi: Jalan Brigjen Katamso No. 45-H, A U. R, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara.

6. Menara Air Tirtanadi
Sumber: skyscrapercity.com

Sesuai dengan namanya, Menara Air Tirtanadi berfungsi sebagai tempat penyimpanan air yang sekarang dikelola oleh PDAM Tirtanadi. Menara air ini sudah ada sejak tahun 1908 dan pada zaman dahulu, hanya para bangsawan yang dapat menikmati air dari menara air ini. Arsitektur bangunan menara air yang kuno menjadikan Menara Air Tirtanadi ini bagus untuk diabadikan saat berkunjung ke Kota Medan.
Lokasi: Jl. Pandu, Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

7. Titi Gantung
sumber: 7topranking.com
Titi Gantung adalah jembatan kuno yang dibangun pada tahun 1885. Memiliki ornamen unik dan bentuk berliku yang memberikan kesan kuno dan bersejarah. Fungsi awal jembatan ini adalah untuk para pejalan kaki yang ingin menyebrang jalur kereta api tanpa melewati jalur kereta api. Berkunjunglah ke tempat ini di malam hari, karena ada pemandangan lampu malam yang cantik dan dapat menikmati dinamisnya Kota Medan dari ketinggian.
Lokasi: Stasiun Kereta Api Medan, Jl. Stasiun Kereta, Kota Medan, Sumatera Utara.

8. Kantor Pos Medan
sumber: 7topranking.com

Kantor Pos Medan dibangun pada tahun 1909. Arsitektur bangunan cukup unik dengan atap kubah dan bangunan berbentuk segi enam. Bangunan ini masih beroperasi sebagai kantor pos dan berlokasi strategis tidak jauh dari Merdeka Walk, jantung Kota Medan.
Lokasi: Jalan Medan Merdeka Square, Kota Medan, Sumatera Utara

Menarik bukan wisata bangunan bersejarah di Medan? Akses menuju bangunan bersejarah tersebut juga cukup mudah karena lokasinya masih di seputar Kota Medan. Bila ingin berwisata ke Medan dengan biaya terjangkau, anda dapat memilih hotel yang murah di Kota Medan.
kemudahan mencari hotel murah berkualitas di AiryRooms.
Persiapkan liburan anda sebaik-baiknya dengan memesan hotel sebelum berlibur agar tidak kehabisan kamar. Anda dapat booking hotel murah dengan fasilitas Virtual Hotel Operator (VHO) yang menjamin pengalaman menginap terbaik di banyak kota di Indonesia dengan harga terjangkau yang tersedia di airyrooms.com. Cara booking kamarnya sangat mudah dan tersedia 24 jam melalui website, telepon, maupun whatsapp. AiryRooms memastikan hanya menawarkan kamar di hotel budget yang berkualitas tanpa terkena booking fee.

nb: sponsored post, see disclosure.
Reaksi:

9 komentar:

  1. Jadi pingin ke medan.... Nyobain airyrooms di sini aaahh.. Makasih dibaaaaaa...

    BalasHapus
  2. kamu pernah ke Medan, Ba. kayaknya kotanya keras dan panas

    BalasHapus
  3. jadi pengen ke Medan lagi, hehe ngangenin

    BalasHapus
  4. bangunan itu semua berada di sekitaran kantorku mak dibaaa jadi tiap hari kulewati. bangga deh punya warisan sejarah di kota tercintaku

    BalasHapus
  5. kapan bisa ke medan ya, penasaran dengan bangunan yg diceritakan di atas

    BalasHapus
  6. Udah lama pengen ke Medan, sayang tabungan belum cukup, hehehe

    BalasHapus
  7. Banyak bangunan bersejarah di Medan ya? Moga2 bisa ke sana suatu saat nanti :D

    BalasHapus
  8. titi gantung deh pengen lagi kesana, udah agak berubah gak sih?

    BalasHapus
  9. Kirain yaaa Gedung London itu dinamakan gitu krn replika gedung apa gitu di London ;)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...