12.5.16

Situ Babakan, Cara Mengenal Budaya Jakarta Lebih Dekat


Beberapa dari kita mungkin belum terlalu akrab dengan nama daerah Situ Babakan. Apalagi bagi anda warga pendatang di kota Jakarta. Rasa keingintahuan tentang Jakarta pasti akan lebih banyak. Jika anda tertarik untuk mengenal lebih jauh kebudayaan Jakarta, mari menelisik lebih jauh dan mencari tahu mengenai segala macam keunikan daerah tersebut. Informasi pentingnya, Situ Babakan saat ini menjadi sebuah kawasan perkampungan yang didaulat oleh Pemerintah Daerah Jakarta sebagai salah satu cagar atau benteng kebudayaan Betawi yang mempunyai kekhasan tersendiri dan secara khusus ditujukan untuk menjaga kelestarian dan pengembangan budaya Betawi.

Selain sebagai pusat budaya, kawasan ini juga menjadi obyek wisata yang menarik dengan nuansa yang sangat kental dengan budaya Betawi. Hal ini bisa dilihat dari kehidupan sehari-hari masyarakat di daerah Situ Babakan. Poin dan proses pelestarian budaya itu sendiri justru dilakukan melalui kegiatan sehari-hari masyarakatnya seperti halnya bercocok tanam, memancing, membuat kerajinan tangan, berdagang serta mengolah masakan khas Betawi. Masyarakat di kampung Setu Babakan ini mayoritas adalah suku asli betawi dan sebagian lain merupakan penduduk pendatang yang keduanya berjumlah hingga mencapai ribuan kepala keluarga.

Ada banyak hal menarik yang bisa kita temukan di lokasi perkampungan Situ Babakan ini. Kuatnya nilai-nilai budaya dan aktivitas masyarakat di perkampungan ini juga terlihat pada hal seni budayanya,seperti seni pertunjukan tari, musik dan seni drama dan juga mengenai bahasa yang digunakan, busana yang dikenakan, berbagai makanan yang diolah dan dikonsumsi, seni pertunjukan adat budaya yang lainnya serta mengenai rutinitas keagamaannya.

Saat memasuki daerah perkampungan di Situ Babakan ini anda akan melihat berbagai macam penganan dan minuman khas Betawi yang tersedia di warung-warung warga kampung. Warung tersebut bisa dijumpai di hampir sepanjang kawasan perkampungan, terlebih yang dekat dengan lokasi atau di pinggiran danau Situ Babakan. Pengunjung bebas memilih untuk melanjutkan perjalanan atau mampir dulu sebentar di warung. Jika datang saat pagi dan belum sarapan tentu pilihan yang paling tepat adalah mampir ke warung untuk menyantap menu sarapan dengan makanan khas Betawi sekaligus berbincang dengan pedagang dan warga sekitar perkampungan. Mereka sangat ramah dan menyenangkan, di tambah lagi logat Betawi mereka yang khas akan menjadi daya tarik tersendiri.

Ada beragam kuliner khas Betawi yang dijajakan di tempat ini yang dapat anda nikmati seperti kerak telor, soto betawi, nasi uduk dan nasi ulam, rujak bebek, dodol betawi dan masih banyak lagi, ada juga minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan seperti bir pletok, es durian. Tetapi jika masih pagi, menu seporsi nasi ulam dengan secangkir bir pletok rasanya sudah cukup untuk santapan sarapan yang mengeyangkan.

Perjalanan bisa langsung dilanjutkan dengan menyusuri jalanan di pinggir danau di bawah pepohonan yang rindang, jadi jangan takut untuk terkena sengatan matahari yang berlebihan. Di lokasi wisata ini terdapat banyak tumbuhan dan pepohonan yang cukup rindang sehingga menimbulkan hawa sejuk menyegarkan. Jika anda enggan untuk berjalan kaki, bisa juga menggunakan jasa transportasi tradisional yang mengagumkan seperti delman yang banyak tersedia di sisi jalan. Selanjutnya akan anda temui sebuah dermaga di danau tersebut dengan berbagai pilihan sepeda air yang bisa anda sewa jika ingin menikmati pemandangan alam danau dan sensasi menyusuri luasnya danau Situ Babakan.

Kalau anda ingin mencari kegiatan lain, bisa juga melakukan kegiatan memancing di sekitar Situ Babakan. Ikan air tawar yang hidup di danau cukup banyak hingga beberapa nelayan juga memasang jala di danau tersebut. Satu hal yang penting bagi anda adalah harus selalu waspada saat berada di atas danau meskipun danau tersebut tenang dan tidak terlalu dalam bukan berarti akan selalu aman. Pastikan anda atau keluarga anda menghindari untuk berenang ke dalam danau untuk menghindari segala resiko yang mungkin terjadi.

Sumber: Setubabakan
Setelah puas dengan menyusuri indahnya Situ Babakan di atas air danau, anda bisa melanjutkan penyusuran menuju wisata budaya yang disajikan berupa beragam bangunan rumah-rumah khas Betawi. Ada tiga macam rumah khas Betawi yang bisa anda lihat, rumah Betawi gudang atau kandang, rumah Betawi kebaya atau bapang, dan rumah Joglo.

Di kawasan komplek perumahan adat Betawi tersebut tersedia panggung pertunjukkan. Panggung tersebut digunakan untuk menampilkan berbagai macam kesenian khas Betawi seperti gambag kromong, tari topeng betawi, lenong Betawi dan masih banyak lagi pertunjukan khas Betawi lainnya. Pagelaran kesenian dilakukan setiap hari minggu dan tentu saja, ada ondel-ondel sebagai ikon kota Jakarta yang berada di sekitar panggung. Selain itu ada juga beberapa upacara adat di perkampungan Setu Babakan seperti Upacara nujuh bulan, penganten sunat, pindah rumah dan sebagainya.
Sumber: Jakartakita
Jika pandangan anda beralih ke area lain di sekitar komplek perumahan, anda juga akan menemukan sebuah taman yang telah penuh dengan berbagai macam pohon yang berbuah seperti pohon mangga, rambutan, jambu, jamblang, kecapai, nangka cimpedak, dan yang tidak boleh terlewat adalah tanaman buah jengkol dan lainnya. Ada juga berbagai macam pilihan aneka permainan tradisional Betawi yang mungkin sudah lama tidak anda temui di tempat lain di Jakarta, dapat anda temui dengan mudah di daerah ini. Anda bisa menemukan congklak, dampu, takadel dan masih banyak lagi. 

Jika anda telah lelah menyusuri wisata budaya dan permainan di sini, tidak ada salahnya mampir kembali ke beberapa warung untuk mencicipi kembali cita rasa kuliner khas Betawi sambil beristirahat, menikmati panorama indahnya Situ Babakan dan kemudian membeli oleh-oleh khas Betawi untuk dijadikan buah tangan. Selain keunikan dan nuansa adat Betawi yang kental, daerah Situ Babakan juga menjadi salah satu ruang terbuka hijau dan resapan air, untuk menjaga kelestarian lingkungan dan budaya asli Jakarta, yaitu budaya Betawi. Liburan sekaligus mengenal kebudayaan daerah di lingkungan alam terbuka hijau seperti ini menjadi pilihan menarik yang wajib anda coba. Semoga Pemda setempat turut memberikan support agar semua tujuan bersama bisa tercapai.

Keputusan anda berlibur di Situ Babakan sangatlah tepat, selain lokasi yang mudah dijangkau dan dekat dengan pusat perkotaan yaitu di daerah Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, daerah Jakarta Selatan. Beberapa hotel dan penginapan juga sangat mudah di temui di lokasi wisata ini dan anda bisa melihat di hotel pilihan yang ada di sekitar lokasi. Ditambah lagi wisata ini tidak mengenakan biaya apapun. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 2000 sampai dengan Rp 5.000 saja. Selain menikmati liburan di alam terbuka, Situ Babakan juga mengajak anda untuk mengenal budaya asli Jakarta lebih dekat lagi. Jadi mari cintai budaya kita sendiri.


 nb: Sponsored Post (disclosure)
Reaksi:

3 komentar:

  1. gak jauh dari pusat kota yaa udah nemu yang beginian :)

    BalasHapus
  2. Setiap sudut Indonesia memang menarik untuk dieksplorasi ^_^

    BalasHapus
  3. Saya pernah ke situ babakan. Jajanannya enak-enak kaya asinan betawi, gado2. enaknya lagi, di rumah2 warga, ada yang menyediakan toilet untuk umum. Bersih lagi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...