7.9.15

Punya elektronik awet itu rezeki!

Berurusan dengan barang elektronik itu untung-untungan, iya nggak? Kalau aku sih kadang ngalamin beli barang elektronik yang dikit-dikit bermasalah, walau Alhamdulillah sih seringnya baik-baik saja. Kali ini pengen cerita masalah barang elektronik bernama laptop. Ceritanya aku baru aja dapat hibah laptop kecil dari ibuku. Walau laptop itu sudah dari 2011, tapi Alhamdulillah tidak memiliki masalah berarti. Eh, suatu hari pas lagi asyik nyiapin proposal tesis, tiba-tiba baterainya nggak mau ngecas. Padahal mau konsultasi dosen sore itu. Duh, galau dong jadinya. Curhat ke ibu dan suami, disarankan coba ke service centrenya saja.


Akhirnya datanglah daku ke service centrenya. Agak sebel juga karena hari itu service centrenya buka terlambat, ada rapat koordinasi dulu katanya. Males banget deh. Kesebelanku bertambah karena ternyata laptopnya sudah nggak garansi (ya iyalah dah jadoel gitu). Udah jelas to masalahnya batere, eh tapi prosedur disana mengharuskan laptop tu dibongkar dulu. Biaya bongkar 162rb, kalau ternyata nggak jadi service, kena cas 81rb. Idih, males banget kan laptopku bakalan diobok-obok di sana, bayar mahal, belum tentu beres lagi. Akhirnya pulang deh aku, berniat nyari servisan kelas mahasiswa aja. Aku ingat ada tempat servis laptop suami sebulan yang lalu. Lokasinya di daerah Karang Malang. Sayangnya tempat tersebut tutup. Gak papa deh, besok kesini lagi. Eh, sampai besoknya tu tempat masih tutup juga. Ah yo wis lah. Kapan-kapan aja benerin laptopnya.

Dua minggu berlalu dan aku hampir melupakan laptop hibah itu. Tapi kondisi laptop itu ditanyain terus sama ibu. Nggak enak dong aku kalo udah dikasih tapi nggak dirawat. Akhirnya aku mampir ke showroom pusatbaterailaptop.com yang cabang Prof. Dr. Sardjito. Sebelumnya sempat kepo websitenya, tapi biar yakin langsung ke cabangnya ajalah, dekat ini sama rumah. 

Tampilan websitenya
Disana aku ditawarin baterai ori seharga 1 juta, kw garansi 3 bulan 550rb dan kw garansi 6 bulan 650rb. Ibu bilang ambil aja yang 650rb. Ywd, akhirnya aku pesan baterai kw garansi 6 bulan tersebut. Di toko ini, barangnya indent, jadi aku titip dp 50rb dan bila barang datang akan dihubungi(barang datang sekitar 2 hari). 

Setelah dari toko itu, keajaiban terjadi(aciecie). Tiba-tiba laptopku kembali normal baterainya. Dia kembali ngecas seperti biasa. Ingin rasa hati meng-cancel pesanan baterai itu. Tapi kata ibu jangan, udah terlanjur pesan, dibeli aja buat cadangan. 

Akhirnya ketika baterainya sudah datang aku pun kembali ke toko itu. Langsung ditest lah baterai baru itu di laptop. Keanehan terjadi. Baterai tidak ngecas sama sekali. Ternyata tricky banget ya berurusan dengan elektronik. Mas penjual  bilang, katanya mau dituker yang baru lagi aja. Aku sih jujur malah jadi was2, kalau jadi pakai batere kw jangan-jangan laptopku rusak beneran. Lalu masnya bilang gini.
"Baterai yang lama udah beneran nggak bisa dipakai ya Mbak?"


Kesempatanku nih buat bilang jujur:
"Sebenarnya sih ya, kemaren habis mas bongkar baterainya, sekarang baterainya udah beres. Bisa ngecas normal. Mending gini aja Mas. Saya cancel pesanan saya, uang dp yang saya masukin anggep aja biaya servis." 

Aku pikir begini bakal win-win solution. Tapi jawaban masnya diluar dugaan:
"Nggak Mbak. Kalau cancel pesanan, prosedurnya dp kembali 100%, jadi kalau Mbak mau cancel pesanan, saya akan kembalikan uang dp-nya."


Wah. Kok jadi enak banget gini di akunya ya. Aku tetap nggak enak nerima balik duit dp-ku. Tapi memang logikanya, barang mereka itu nggak bisa dipakai, terlepas masalahnya di laptopku atau memang barangnya yang jelek, tapi toko tersebut komitmen untuk memastikan barang yang dijualnya benar kompatibel untuk elektronik pelanggannya. Alhamdulillah, rejeki mahasiswi solehah, nggak jadi beli baterai baru plus dp-nya dikembalikan. Pelayanan pusatbaterailaptop ini teope begete, recomended lah buat mahasiswa yang laptopnya bermasalah tapi nggak kuat bayar service centre resmi. Pusatbaterailaptop bakal ngakalin persoalan laptop kita. Ingat selalu buat berdoa bagi kesembuhan laptop kita(ini ciyus), karena ngurusin barang elektronik itu untung-untungan. Hehe..

*merek laptop dan tipe sengaja disamarkan. Kan nggak lagi review laptopnya, hehe.
Alhamdulillah sudah bisa ngecas dengan normal.
Reaksi:

20 komentar:

  1. Lepi sy kemarin sempet gt juga Mbak, dicolokin tapi ga mau ngecas. Trus browsing nemu beberapa alternatif cara disaranin. Saya pake yg ini: buka batere trus dibersihin, dan dipasang lagi. Sapa tau kena kotoran ato debu jadi ga ngecas. Sama adaptor kabelnya dilepas dlu trus dipasang lagi. Alhamdulillah setelah itu bisa normal lagi.
    Tapi kalo dikasi pelayanan super baik kayak gini pasti seneng banget ya. Dijamin konsumen bakal balik lagi dan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kemaren jg gara2 dicek masnya sekalian dia bersihin. Eh jadi beres lagi. Ya Alhamdulillah deh. Mudah2n gak dapet rezeki dari aku tapi dapet rezeki dari pelanggan lain. Aamiin

      Hapus
  2. Heu, rezeki anak sholeh :)
    tapi memang bener juga sih yang namanya elektronik itu untung-untungan, makanya ada baiknya juga diiringi doa ya gx mba? heuheu

    BalasHapus
  3. sesuai dengan judul nya makk, tapi sayang nya harga baterai laptop mahal juga ya 1jt.. pengen beli untuk vaio ku yang kalau dipakai harus dicas terus.. capek deh hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo lagi pergi bete banget pasti mak harus cari colokan terus..

      Hapus
  4. Laptopku malah hardisknya ini yang mau pensiun. Semua ada umurnya. Cedih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereknya apa mak? Suamiku baru ganti hardisk laptop toshiba harganya 550rb. Kayaknya kapasitas 500gb kl ga salah

      Hapus
  5. Harga baterainya lumayan mihil yaa

    BalasHapus
  6. gantian nih laptop ku lagi trouble mbak, CD Room nya nyangkut T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus gak bisa nutup dong mak? Bahaya dong kl patah

      Hapus
  7. wah jadi ingat nih dgn laptop saya yang jg udah ngedrop...harus dicolok terus....tp klu beli batre baru ke toko ini jauh banget ya dari kota saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa online kok mak. Tapi emang gak marem kalo gak ke tokonya langsung

      Hapus
  8. Baterai saya udah ngedrop,, dicas siang malam terus :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak mobile sebenernya gak masalah jg sih batere ngedrop. Kalo hrs traveling itu yang susah

      Hapus
  9. bener juga mas, walaupun merek sama tapi bisajadi yang 1 lebih awet dan yang satu lagi lebih mudah rusak.

    BalasHapus
  10. hiksss aku paling rentan ni urursan elektronik, kalau pas dapat barangnya kepeneran ya awet.. kalau pas apes ya gitu deehh.. setahun sudah alhamdulillah...

    BalasHapus
  11. Jadi ternyata laptopnya baik dnegna sendirinya hihihihi. Iya nih aku juga pengennya kalo punya barang seumur hidup baik terus, bahkan bisa dipake turun temurun ke anak cucu huahahaha.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...