9.6.15

Pentingnya Menabung dalam Kondisi Apa pun

Hidup itu ibarat roda berputar. Kadang di atas kadang di bawah. Termasuk masalah keuangan. Kondisi keuangan saat ini mungkin cukup baik, namun tak menutup kemunginan di kemudian hari, kondisi keuangan memburuk. Oleh karena itu antisipasi perlu dilakukan, salah satunya dengan membiasakan hidup sederhana dan menabung.
gambar dari cermati



Curcol sedikit, selama masih jadi karyawan kantoran, hidupku memang damai sekali. Tiap bulan rutin ada pemasukan dari gaji. Tapi sudah setahun terakhir ini aku tidak merasakan kedamaian itu, karena sekarang aku sudah resign dan malah bersekolah lagi. Sebuah keputusan nekat, sudah tidak membantu perekonomian keluarga, malah menghabiskan tabungan untuk sekolah.

Sebenarnya tidak tepat bila dianggap ini keputusan nekat. Jauh hari aku sudah mempersiapkan tabungan khusus untuk melanjutkan sekolah. Memang sih sempat berharap mendapatkan beasiswa, tetapi ketika kualifikasi tidak memenuhi syarat, aku pun tetap memantapkan langkahku untuk bersekolah. Dengan kondisi sekarang hanya mengandalkan sebagian kecil gaji suami(sebagian besar gaji suami dialokasikan untuk tabungan bisnis masa depan), aku yakin tetap bertahan.

Tabungan yang terbaik adalah tabungan yang diisi. Percuma saja tabungan dengan benefit selangit tapi tidak terurus. Dulu sih aku mikirnya begitu. Jujur saja karena tinggal di pelosok kebun, taunya bank cuma Bank Mandiri. Produk tabungan yang digunakan ya cuma Mandiri. Padahal kalau diteliti dan dicermati, ada banyak jenis tabungan pada berbagai bank dengan keuntungan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Sekarang, membandingkan masing-masing produk perbankan lebih mudah. Sekarang ada website ciamik bernama cermati.com. Di web tersebut kita bisa memilih produk perbankan yang diinginkan.
Cermati produk tabungan yang tepat

Macam-macam produk perbankan ditawarkan, mulai dari kredit, tabungan, bahkan ada promo kartu kreditnya lo.

Promo kartu kredit, belum sampai Jogja sih, hehe


Nah, misalnya butuh dana segar, bisa juga nih pilih kredit tanpa agunan. Dulu, waktu masih kerja, banyak nih teman-teman yang memanfaatkan fasilitas kredit dari bank. Bagus sih kalau untuk kegiatan produktif. Namun jangan sampai terjebak pada utang konsumtif. Wah, teman-teman kerjaku dulu pasti bakalan tertarik nih banding-bandingin produk kredit ini.

Bisa pilih mau yang plafon tinggi, dana cepat, tenor panjang, atau fee rendah.

Memilih tabungan untuk anak.
Berhubung tiap berkunjung ke sanak saudara Ais suka dikasih angpau, aku ingin dia punya tabungan sendiri. Cermati akan menyajikan data tabungan anak, apa saja fasilitas, keuntungan, dan besarnya bunga bank yang akan didapatkan. Wah, ini kok Tabungan Junior Panin Bank bunganya ada dua macam ya? Yuk cari tahu...

Tertarik sama Tab. Junior Panin Bank, kok bunganya beda ya? 

Hmm, ternyata ada simulasinya juga lho, semakin besar dana yang disetorkan, semakin besar bunga banknya. Jadi bisa kebayang jumlah tabungan bila diendapkan. Mau coba sendiri? Bisa klik link ini dan masukkan rencana dana yang akan ditabung. Waw, seru juga ya bisa tahu secara otomatis berapa dana yang akan berkembang bila menabung di Panin Bank misalnya.
Ilustrasi tabungan sesuai jumlah yang disetor dan bunganya
Pilihan tabungan haji juga ditawarkan di cermati dong...

Tabungan Haji sempat menggiurkanku. Beberapa tabungan haji ditawarkan tanpa bunga. Fasilitas Tabungan Haji yang ditawarkan dijelaskan cukup rinci. Memudahkan calon konsumen untuk memutuskan tabungan haji yang dipilih.  Mungkin ke depannya cermati bisa bekerjasama dengan Bank Syariah, sehingga konsumen lebih banyak lagi pilihan perbankannya.
Tabungan haji yang bikin mupeng
Mupeng sama BNI Haji. Biar tenang, nggak usah pakai bunga juga gak papa. Kalau sudah mantap begini, kan nggak ragu lagi buat pergi ke bank. Nggak 'buta-buta' amat sebelum ke bank. Lebih mantap lagi kalau simulasi dana nggak hanya setelah dana diendapkan sebulan nih. Buat aku yang bisanya nabung sedikit, bisa membayangkan kapan bisa naik haji, hehe*ngimpi dulu.

Melek finansial semakin mudah lewat cermati.com. Berbagai pilihan tabungan sesuai kebutuhan ditawarkan di sini. Pilah-pilih kartu kredit juga lebih praktis dalam sekali klik. Nggak perlu lagi repot-repot telpon sana-sini, atau buka bermacam-macam website hanya untuk memastikan produk keuangan yang terbaik. Cukup satu kali klik, dan semua informasi perbankan dari bank-bank besar di Indonesia tersaji lengkap di sini.

Ayo, kita sukseskan gerakan menabung. Tetap menabung, apa pun kondisimu, sesedikit apa pun itu!
Reaksi:

8 komentar:

  1. baru tahu, ini webnya keren ya mak diba..

    BalasHapus
  2. Kalau tabunganku cuma numpang lewat hihihi awal bulan diisi dan akhir bulan udah saldo minimal. *bukan contoh yang baik*. Harusnya punya 'tabungan paksa' ya, yang ga bisa diutak-atik sampai jangka waktu tertentu gitu. Emang deh nabung itu harus niat pake banget, bukan numpang titipan kayak aku :D

    BalasHapus
  3. aku berusaha inves mak tiap bulan, walau empot2 an hihihi, biasanya sih nabungnya lewat arisan atau reksadana

    BalasHapus
  4. iya di cermati ada info2 lengkap yg kita butuhkan ya mbak

    BalasHapus
  5. asyik nih situs, jadi bisa banding-bandingkan segala macam bank dan leasing yaa...

    BalasHapus
  6. Setuju... apalagi aku kerja di bank jg... masa ga bisa nabung, itu malu2in bgt ;p.. sbgai staff, aku jg dpt bnyk benefit mba, kalo nabung di bank sendiri... makanya dipikir2, di tempat aku kerja aja nabungnya, spy mudah dikontrol... apalagi aku tipe yg rutin traveling.. jd kalo ga rajin nabung, g akan bisa jalan2 :D

    BalasHapus
  7. http://www.evisrirezeki.com/

    BalasHapus
  8. alhamdulillah bermanfaat sekali artikelnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...