27.6.15

Cooking Class Kreasi Mi Burung Dara Super Yummy!

"Mi Burung Dara, enaknya nyambung terus"

Terngiang-ngiang suara merdu Inul waktu ada ajakan demo masak Mi Burung Dara dari Mak Rian. Sewaktu di kebon dulu, Mi Burung Dara adalah mi favorit buat dimasak di rumah. Seringnya sih buat campuran telor dadar, biar telornya jadi gede, haha! Milih mie ini karena suka sama kemasannya, kotak, seperti mi instan. Isinya lumayan banyak juga, bisa buat dua kali masak. Jadi, ikutan demo masak ini seperti...N.O.S.T.A.L.G.I.A...

Acara berlangsung dari pukul setengah dua. Namun, karena ada kegiatan di kampus, jadi deh telat datangnya. Acara masak-masak sudah dimulai. Langsung deh diikutkan kelompoknya Emak Blogger. Ternyata blogger yang ikut cuma lima orang! Padahal kelompok lain ada 8 orang. Aku lumayan lah nggenep-nggenepin jadi enam orang, hehe. Team kami bernama team Victory Blogger, yeah!

Bikin sushi sambil narsis




Menu pertama adalah sushi mi. Cara bikinnya gampang. Pertama mi direbus dan diberi bumbu bawang putih cincang, kecap asin, gula, garam, dan merica. mencincang bawang ternyata ada tekniknya loh. Harus sampai bener-bener lembut. Chef Lisa, yang jadi mentor demo masak ngajarn caranya. Jadi, ujung atas pisau nggak boleh bergeser, yang bergerak bagian gagang pisaunya saja.


Setelah itu mi disusun bersama dengan isian sushi yaitu potongan timun, alpukat mengkal, dan crab stick. Seninya buat sushi tu pas bikin gulungannya. Salah-salah malah bisa ambyarr. Untungnya sih Chef Lisa bantuin. Rupanya nggak boleh banyak-banyak itu isiannya, jadi norinya bisa lengket satu sama lain. 
Chef Lisa mengajarkan membuat sushi yang baik dan benar

Sembari masak, ada gamesnya juga lho. Bertabur hadiah deh pokoknya. *walau victory blogger gak kebagian hadiah karena rempong di meja semua, haha.
Games di sela-sela demo masak

Menu kedua adalah Botok Mie Telur Asin. Psst, baru tahu loh kalau telor asin ada yang mentah. Seni pada pembuatan botok ini adalah saat meletakkan telur mentah ke adonan botok. Bagi yang belum terbiasa buat bungkusan botok dari daun pisang, ini juga bisa jadi sensasi tersendiri.

Oh iya, ini dia resepnya:

Bahan:
Mi burung dara (2 bungkus), rebus hingga lunak
Santan kental 400 ml
Cabe merah besar 5 buah, buang bijinya, potong memanjang
Kemangi 2 ikat, siangi
Telur asin 5 buah
Daun salam 5 lembar besar
Daun pisang untuk membungkus
Bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, gula, garam, dan ketumbar

Cara membuat:
1. Campur Mi Burung Dara, santan, cabai, kemangi, dan bumbu halus.
2. Ambil 1 lembar daun pisang, alasi dengan daun salam. Letakkan 2-3 sendok makan adonan di atasnya.
3. Bungkus dengan daun pisang, perlahan masukkan satu butir telur asin. Semat dan rapihkan.
4. Kukus botok hingga matang selama 15 menit. Angkat dan sajikan.

Bahan pembuat botok mi telur asin

Seru-seruan buat botok. Lebih seru karena dikejar waktu. Maksudnya biar acara selesai sebelum buka puasa gitu. Akhirnya paralel deh, sembari menunggu botok selesai dikukus, Mak Rian langsung deh campur-campur bahan buat bikin pancake mie. 

Bahan-bahan pembuat pancake mie

Jeng Rere asyik bikin hiasan, Mak Phie bagian cincang-cincang, Mak Lusi sama Mak Injul bantu-bantu sambil sesekali foto-foto.

Bikin pancake mi ini gampang dan jaminan enak deh. Bisa jadi sumber karbohidrat, protein, dan lemak yang komplit. Isiannya boleh suka-suka. Bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang bombay ditumis dengan margarin. Setelah itu masukkan ayam dan jamur dan aduk sampai matang. Beri gula, garam, dan merica, lalu masukkan susu. Setelah mendidih, matikan api dan masukkan mi yang sudah direbus. Tips dari Chef Lisa, penmbahan telur dilakukan dalam keadaan api mati dan adonan dingin. Karena bila posisi adonan panas, putih telurnya akan matang dan tidak bisa merekatkan adonan. Akhirnya bukan bikin pancake malah bikin mi goreng deh. Hehe

Teamwork Victory Blogger dalam membuat pancake mie
Di tim kita, ada Mak Rian ni yang lihay banget bikin pancakenya. Kayaknya habis ini bakal buka lapak di sunmor nih. Hehe
Ciyee..habis ini jualan di sanmor Mak..

Nah, ini dia hasil karya para peserta lomba demo masak. Yang ada logo 'VB' itu buatan kita lho...
Kreasi Pancake Mie

Kreasi Botok Mie

Kreasi Sushi Mie

Reaksi:

5 komentar:

  1. Asyeekkkk menunya enak kok apalagi aku turun tangan...hahahaha Menang Menang Menang

    BalasHapus
  2. Hihihi, selesai juga postingan ini. Kampai! *angkat talenan* #eh :)))

    BalasHapus
  3. Masak ituuuu ternyata cuapeeek heheheee.... Kalau dirumah sendiri nggak krasa, lha satu menu istirahate sejam main2 laptop wkwkwkkk

    BalasHapus
  4. Ternyata mi jg bisa dimasak macm2 ya, ga sekedar migoreng, yg bikin menu kreatif. Dah gek diprakteke dirumah Mak Diba,hehe

    BalasHapus
  5. Bagi yang suka mie, olahan semacam di atas sangat membantu nih hehe.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...