28.3.15

Gerakan Tanpa Setrika

Sekarang ini ibu-ibu lagi heboh GTS. Wah, apa itu GTS? Apa masih temenan sama GTM alias gerakan tutup mulut alias anak susah makan? Ternyata nggak ada hubungannya sodara-sodara! Karena GTS ini singkatan dari gerakan tanpa setrika.

Yes. Gerakan ini menganjurkan ibu-ibu buat seminimal mungkin menggunakan setrika. Kalo bisa nggak setrika sama sekali. Haha. Jujur ini bisa jadi senjata buatku yang memang paling bete sama setrika-menyetrika. Nggak papa deh cucian segunung. Wong pake mesin cuci ini. Lah, kalo setrikaan? Belum ada tuh teknologi canggih yang bisa dengan instan menyetrika semua pakaian. Jujur saja sih, tanpa gerakan ini ada juga aku sudah minimal mungkin pakai setrika. Nggak mikir jauh sampai ke penghematan listrik seperti yang digauangkan gerakan ini. Lebih karena faktor ketiadaan waktu (dan kemauan).

Dari zaman gadis dulu, aku selalu menjemur baju dengan rapi. Tujuannya, biar ketika kering bisa langsung dilipat, nggak usah disetrika deh. Beli baju juga diusahakan yang bahannya nggak mudah kusut. Apalagi baju seragam kantorku dulu modelnya 'sudah setrika atau belum tak ada yang tau', hehe...klop lah! Dibanding teman-teman serumahku, aku yang paling jarang pegang setrikaan n paling nyantai kalau pagi-pagi berangkat kerja. Haha!

Setelah punya suami, tentu kudu rada pencitraan sedikit lah ya. Baju seragam suami modelnya kemeja, kalau kurang beruntung kadang masih kusut habis dicuci. Jadi deh ritual menggosok aku utamakan buat baju seragam suami tersayang. Buat kaos, dalaman, dan baju rumah kayaknya nggak ada yang kena setrikaan. Haha! Untungnya my dearest husband memahami. Daku sangat diuntungkan dengan tameng sebagai istri bekerja saat itu. Haha!

Nah, belum punya anak aja malasnya setrika kayak gitu. Kebayang dong gimana nasib baju anakku. Yups! Aku banyak memakaikan Faris dengan baju dan celana berbahan kaos. Tujuannya ya biar 'sudah setrika atau belum tak ada yang tahu'. Pernah ditegur teman kantor masalah ini. Katanya kasihan kalau anak bayi bajunya nggak disetrika. Katanya menyetrika itu tetap harus dilakukan karena dapat membunuh kuman. Sempet sih 'insyaf' menyetrika baju-baju Faris, tapi itu hanya berlangsung satu siklus mencuci. Haha! Karena kupikir Faris tidak mengalami masalah kulit, jadi aku asumsikan baju Faris cukup aman dari kuman walau tidak disetrika (sepertinya toleransi alias kekebalan kulit Faris terhadap kuman di baju sudah tinggi, hehe).

So, dengan segala pengalaman di atas. Tentu saja aku menjadi pendukung garis keras GTS. Ini bukan masalah malas, ini bukan masalah lifestyle. Ini tentang hemat energi. Hemat energi yang berarti hemat uang, waktu, dan tenaga. Agree?

Reaksi:

13 komentar:

  1. saya juga udah lama banget gak nyetrika... yang disetrika cukup seragam sekolah dan kantor bapaknya anak-anak... pulang kerja bapaknya bilang baju buat tidur gak usah disetrika... alhamdulillah punya suami pengertian banget :)))

    BalasHapus
  2. Ibu saya dari dulu ngajarinnya setrika buat baju kantor dan sekolah aja. Baju buat di rumah ngga pernah disetrika :p

    BalasHapus
  3. Ibu saya dari dulu ngajarinnya setrika buat baju kantor dan sekolah aja. Baju buat di rumah ngga pernah disetrika :p

    BalasHapus
  4. :)...saya di sini memang tidk perlu nyetrika, thanks to the dryer :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes mak. kadang jemur baju di belakang AC bikin baju licin gak usah disetrika. haha

      Hapus
  5. saya juga malas kalau disuruh seterika hehe. soalnya jarang keluar rumah jadi bajunya baju rumahan semua

    BalasHapus
  6. Duhhhhh ini gerakan gue banget yaaaa..... Tp btw tujuannya apa sih gerakan ini ? Penasaran jdnya..... Hemmm aku yg gak suka banget nyetrika eh punya suami yg superduper rapi n rajin jd deh aku mau tak mau menyetrika bahkan sampai pakaian dlam harus setrikaan risih katanya ma. Kalau gak setrikaan hemmmmm :'(

    BalasHapus
  7. Mak diba mau banget...haha aku juga kurang suka menyeterika. btw beberapa hari yang lalu satu baju kesayangan bolong kepanasan...duh nyesel banget.

    BalasHapus
  8. Kuncinya memang di cara menjemur. Tp memang beda sih bau baju yg disetrika dan kehalusannya. Gimanaa gitu haha

    BalasHapus
  9. ini gerakan aku banget. paling males nyetrika

    BalasHapus
  10. memang malas kalau udah nyetrika coba pegel sama panas keringetan gitu ,, jadi minta mamah saya yang setrikain kalau baju formal

    BalasHapus
  11. hihi aku paling malas nyetrikaaa

    BalasHapus
  12. kenapa emak blogger pada malas setrika yak? Mending nulis ya mak..hihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...