13.10.14

Tikus dan Ban Mobil

Di sebuah perkebunan, hiduplah sepasang sahabat tikus dan kura-kura. Mereka selalu bermain dan bercanda bersama. Suatu hari kura-kura sedang pergi mengunjungi saudaranya dan tikus kelaparan. Sudah seharian dia tidak menemukan sesuatu yang bisa dia makan. Lalu dia melihat ada makanan yang sangat enak buatnya. Ban mobil truck! Tikus membayangkan rasanya lezat seperti steak. Tanpa pikir panjang langsung dikeratnya ban tersebut. Nikmat sekali
Ban itu tekturnya alot. Tikus harus mengeluarkan energi ekstra untuk mengeratnya. Tapi tikus tidak putus asa. Tetap dikeratnya ban itu. Semakin alot semakin nikmat buatnya.
Supir truk rupanya tidak sadar ada pencuri kecil di truknya. Pak supir masih saja bersantai di dalam rumah makan. Dia malah tidur-tiduran. Maklum, belum ada order pengiriman lagi.
Pak supir tertidur dan bermimpi indah. Saat terbangun, betapa terkejutnya dia melihat 'mimpi buruk' di hadapannya. Ban truk sukses kempes, eh bukan kempes lagi, tetapi bolong! Pak supir marah bukan kepalang. Untung tikus sudah beringsut pergi dari situ.
"Ah. Sudahlah. Kenapa aku harus marah-marah. Salahku sendiri memarkir truk sembarangan. Untung cuma satu ban yang dikeratnya." Ujar pak supir.

Di tempat lain, kura-kura sudah pulang dan segera menemui tikus. Rupanya tikus sedang meringkuk di tempat tidur.

"Kenapa kamu tikus?" Tanya kura-kura

"Perutku sakit. Tadi aku kebanyakan makan ban." Jawab tikus.

"Ha? Ngapain kamu makan ban? Itu kan bukan makanan." Tanya kura-kura.

"Habis aku kelaparan. Ban truck itu enak sekali." Sanggah tikus.

"Tapi perutmu jadi sakit begitu. Besok lagi cari makan yang benar. Kamu nggak bayangin kan pak supirnya kalau tahu bannya kamu makan?"

"Iya. Benar juga kamu Kura."

Pesan moral:
1. Jagalah barangmu sebaik-baiknya. Pak supir telah salah tidak memperhatikan lokasi parkirnya, akibatnya dia harus rela salah satu bannya dimakan tikus.
2. Janganlah mengambil yang bukan haknya seperti tikus. Akibatnya perutnya jadi sakit karena makan ban.

Disclamer: ban truk bisa diganti yang lain. Ini anak lanang maunya dongengnya tetap berbau otomotif.

Rangkaian cerita Dongeng Kura-kura dan Tikus by Faris 
(bila logikanya rada ngaco harap dimaklumi ^_^)

  1. Dongeng Kura-kura dan Tikus: Faris First Story Telling
  2. Kura-kura dan Pot Bunga
  3. Tikus dan Ban Mobil
  4. Tikus dan Kura-kura Balapan
  5. Tikus dan Kura-kura bermain Pasir
  6. Tikus dan Kura-kura vs Harimau
  7. Kura-kura dan Tikus Bermain dengan Landak
  8. Tikus Juga Mau Sekolah
Reaksi:

2 komentar:

  1. Wah, mak diba bisa bikin cerita anak juga ya. Cuman tikus makan ban itu nggak bisa diterima nalar ya. Walaupun cuma fiksi konon katanya harus bisa diterima akal. Btw, punya bakat juga dirimu buat nulis cerita untuk anak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. mugo2 ana sing ngelirik yo mak, hihi. .iya, memang rodo lebay.. ini ceritanya faris mintanya ada adegan ban gembos, bingunglah aku.. jadinya malah nggak nalar begini.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...