24.11.20

Tips Menjaga Kewarasan Saat Mengasuh Anak

Sudah menjadi fitrah seorang ibu untuk mengasuh dan membesarkan anaknya. Kelihatannya sepele, tetapi mengasuh anak bukan pekerjaan mudah. Seorang ibu harus bisa menjaga kebahagiaan dan kewarasan pikirannya agar anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang bahagia. Nah, beberapa tips ini akan membantu para ibu menjaga kewarasan saat mengasuh anak.


1. Selflove

Hal yang paling utama dalam menjaga kewarasan mengasuh anak adalah dengan mencintai diri sendiri. Kamu sekolah tinggi dan hanya jadi ibu rumah tangga? Nggak perlu kecewa. Percayalah ibu yang pintar akan mendidik anak yang pintar. Jadi ibu memang wajib pintar dong! Jadilah bahagia dengan mengurangi mendengarkan pendapat orang yang merendahkan. Mereka nggak berhak merendahkanmu! Dan percaya saja, yang merendahkan itu biasanya sedang berada pada posisi dibawah. Jadi supaya nggak direndahkan orang lain, maka dia akan merendahkan orang lain.


2. Nikmati bermain bersama anak

Cara mudah mengasuh anak adalah dengan sering mengajak bermain. Setiap anak tidak akan menolak bermain kan? Di sela permainan akan ada banyak pembelajaran yang didapat anak. Dengan bermain, energi anak akan tersalurkan. Sebagai ibu kita dapat banyak benefit dengan ikut bermain, yaitu:

- Perasaan yang bahagia karena melakukan kegiatan yang menyenangkan

- Bakar kalori, karena permainan fisik butuh banyak bergerak yang tentu saja membakar kalori

- Kedekatan emosional dengan anak

Jadi, main apa minggu ini?



3. Jangan terlalu idealis

Teori parenting sangat banyak jumlahnya. Semua teori itu bagus, tetapi nggak semua bisa dipaktekan. Tetap berikan toleransi pada diri sendiri bila pola pengasuhan tertentu tidak mampu kita terapkan. Ingat bahwa kita dan anak kita bukan robot, jadi lebih fleksibel saja dengan kenyataan yang ada. 


4. Tetap jalani hobi

Apa yang membuat hidup adalah mengerjakan hobi. Apalagi kalau hobi sampai menjadi sumber penghasilan, dijamin berasa tidak bekerja seumur hidup. Jadi walaupun pekerjaan rumah seperti tidak ada habisnya, sempatkanlah untuk melakukan hobi walaupun cuma sebentar. Saat anak agak besar nanti, waktu untuk melakukan hobi akan lebih banyak.


5. Me time dan memanjakan diri sesekali itu perlu

Demi kewarasan, perlu kiranya para emak minta satu hari untuk me time. Saat suami tidak bekerja, maanfaatkanlah waktu untuk me time. Mau nyalon atau ngemall. Terserah. Yang suka masak-masak bisa fokus memasak di dapur sembari anak diawasi bapaknya. 

Nah, kalau perlu me time sambil tetap mengasuh anak, bisa banget makan mi instan Lemonilo. Bebas rasa bersalah karena tanpa bahan pengawet, pewarna, dan penguat rasa. Paula Verhoeven saja makan mi Lemonilo sembari mengasuh Kiano. Nggak perlu sembunyi-sembunyi makan mi instan Lemonilo, karena aman untuk anak-anak sekalipun. Setelah makan mi Lemonilo kan energi dan mood jadi terkumpul lagi, siap mengasuh (bermain dengan) anak lagi dong..  

Yuk, jadi ibu yang bahagia demi keluarga yang bahagia. Jantung keluarga ada pada ibu, bila ibunya sehat dan bahagia, maka sehat dan bahagia pula keluarganya.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...