21.5.20

Ide Seru Saat Di Rumah Saja


Sebagai makhluk sosial yang butuh bersosialiasi dengan masyarakat luas, pandemi Covid-19 membuat seluruh dunia menerapkan physical distancing. Keadaan seperti ini mau nggak mau mengharuskan di rumah saja. Tanpa disadari, keadaan ini bisa memiliki potensi mengganggu kesehatan mental kita. Apalagi kalau biasa melakukan mobilitas yang tinggi. Pasti akan terasa bosan. Tapi, tentu saja kita harus berdamai dengan keadaan saat ini. Supaya penyebaran virus Covid-19 cepat berakhir. Nah, untuk itu kita perlu berbagai aktivitas seru supaya tetap waras dan produktif di rumah saja. Beberapa ide seru saat di rumah saja bisa disimak di bawah ini ya.

1. Ikut webinar atau video streaming
Di rumah saja bukan berarti terus bengong saja. Ada banyak ilmu yang bisa dieksplor lewat dunia maya. Apalagi setelah banyak yang terbiasa dengan platform meeting online seperti Zoom, Google Meet, atau Teamlink. Video edukasi di Youtube juga banyak, pinter-pinter nyari aja.

2. Karaoke via aplikasi atau youtube
Mungkin sebelumnya kita terbiasa karaoke di tempat karaoke keluarga, semenjak Covid-19 menyerang mau nggak mau kita harus di rumah saja sehingga karaoke bersama terpaksa ditunda dulu. Tapi jangan khawatir, kalau cuma karaoke sih videonya sudah banyak di youtube, kalau mau yang ada efek bisa pakai aplikasi seperti We Sing. Kalau mau karaoke rame-rame bisa dengan video call group atau sekalian bikin meeting di Zoom. Seru juga kan?

3. Membereskan rumah bersama keluarga
Siapa yang kadang ngeluh nggak punya waktu buat beberes rumah. Cung! Itu aku. Setiap hari suka (sok) sibuk di kantor, pas weekend juga jalan-jalan sama anak-anak. Udah deh urusan rumah nggak pernah disentuh. Nah sekarang dengan di rumah aja, bisa banget dong rutin membersihkan rumah, plus pilah-pilah barang-barang yang sudah tidak terpakai.

4. Masak-masak
Di rumah saja dan nggak bisa makan di luar? Tenang bisa pesan antar. Tapi, kalau pesan antar terus ya tekor juga, ya kan? Yuk masak sendiri aja, lebih higienis juga pastinya kan. Lagian cari tutorial masak di internet itu banyak banget, bisa dicobain satu-satu tuh resepnya. Asyik kan?

5. Wisata virtual via Google Earth
Saat di rumah saja, kita harus mengembangkan kreatifitas dan imajinasi, salah satunya dengan menikmati wisata virtual via Google Earth. Wisata virtual ini sebenarnya bisa sama asyiknya dengan berwisata langsung, yang penting benar-benar dibayangin aja kalau lagi disana, hehehe. Cocok banget buat plesiran minim biaya dan tanpa ribet. Ya nggak bisa ngarepin foto di lokasi sih memang, tapi buat hiburan sementara belum bisa langsung ke sana, kan lumayanlah ya.

Tuh kan, di rumah saja bukan berarti kita nggak bisa ngapa-ngapain. Malah jadi lebih menghemat energi. Nggak perlu perjalanan dinas buat ikut seminar, cari tiket promo plus diskonan hotel buat wisata, atau bermacet-macetan di jalan. Dengan di rumah saja juga bisa banyak waktu buat urusan rumah, meningkatkan skill, dan kebersamaan bersama keluarga. Bila terpaksa berjauhan dengan beberapa anggota keluarga, juga nggak perlu sedih. Kemajuan teknologi bisa dinabfaatkan. Kuncinya sih kuota internet tersedia dengan cukup. Karena jendela ilmu plus sarana sosialisasi kita saat ini ya di dunia maya. Kegiatan yang dahulu dianggap 'antisosial', saat ini justru malah jadi sarana bersosialisasi paling baik.

Kesehatan adalah harta paling berharga yang harus kita jaga. Tetap jaga kesehata walaupun di rumah saja. Bila merasa ada gejala gangguan kesehatan baik kesehatan fisik mauoun kesehatan mental, bisa browsing di halodoc. Sebuah situs kesehatan yang mempunyai artikel kesehatan lengkap dan juga ada layanan konsultasi dokter. Jadi kalau kita sakit di saat pandemi seperti ini, kita bisa mencari jawaban atas penyakit kita lewat artikel di halodoc dan bisa juga berkonsultasi secara online. Semoga Covid-19 segera berlalu sehingga kita bisa hidup normal, senormal-normalnya. Aamiin.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...