1.5.19

Bunda Sehat Langkah Awal Generasi Maju Yogyakarta

Festival Bunda Generasi Maju. Pic by @imasatrianto

28 April 2019 lalu saya berkesempatan mengikuti Festival Bunda Generasi Maju bertajuk "Bunda Sehat sebagai Langkah Awal Dukung Generasi Maju" di Jogja Expo Centre. Pada acara ini ada banyak acara seru dari pagi hingga siang hari. Diawali dengan acara talkshow seputar gizi selama kehamilan, couple yoga, demo memasak, dan juga demo make up. Acaranya komplit banget buat edukasi bumil. Padat dan lengkap deh pokoknya!

Untuk dapat menikmati seluruh rangkaian kegiatan ini, bunda bisa mendapatkan passport dengan membeli SGM Bunda. Pembelian SGM Bunda ukuran 2x150gr akan mendapatkan tiket untuk menikmati talkshow, area bunda cerdas, couple yoga, area bunda jajan, dan cooking demo. Pembelian paket 3x150 gram akan mendapatkan tiket talkshow, area bunda cerdas, couple yoga, area bunda jajan, cooking demo, plus area bunda santai. Lalu pembelian paket 4x150 gram bisa menikmati talkshow, area bunda cerdas, couple yoga, area bunda jajan, cooking demo, plus bunda santai dan bunda sehat.

Acara talkshow dimulai sekitar setengah sembilan pagi. Sebelum acara talkshow dimulai aku mengunjungi area bunda sesuai dengan tiket di passport.

Bunda Jajan
Di booth ini kita bisa menukarkan tiket kita dengan sepiring kudapan sehat dan air mineral. Menariknya, disediakan galon isi ulang sehingga aku nggak khawatir kekurangan air minum selama acara.

Bunda Cerdas
Selama kehamilan, ibu hamil biasanya dihantui dengan mitos seputar kehamilan. Banyak diantara mitos tersebut yang dikhawatirkan mengganggu nutrisi ibu hamil. Padahal kan sebagai #LangkahAwalDukungGenerasiMaju adalah dengan memastikan kecukupan nutrisi selama kehamilan. Nah, di area bunda cerdas ini bunda akan diberi 10 pernyataan dengan pilihan jawaban mitos atau fakta.

Bila seluruh pertanyaan dijawab dengan benar semua, maka bunda akan mendapatkan tas cantik dari SGM Bunda. Tetapi bila nilai bunda di kisaran 7-9 atau salah menjawab sampai 3 pertanyaan, maka hadiahnya adalah pouch yang tak kalah cantiknya.

Bunda Santai
Bunda suka pijat? Jelas dong, dipijat itu enak, apalagi setelah rutinitas pekerjaan rumah tangga yang rasanya nggak ada habisnya. Nah di area bunda Santai kita bisa menikmati pijat sambil mendengarkan musik di headset. Lama pemijatan hanya sekitar 15 menit tetapi cukup untuk merecharge tubuh setelah penat beraktivitas.

Bunda Sehat
Area Bunda Sehat hanya diperuntukkan untuk ibu hamil karena ada USG dan konsultasi soal kehamilannya. Yang hamil nasi sama air putih minggir dulu. Hehe

Tepat pukul 08.30 acara talkshow dengan menghadirkan dokter dr. Eduardus Raditya Kusuma Putra, SpOG dimulai. Dokter menekankan pentingnya menjaga nutrisi selama kehamilan.  Nutrisi penting tersebut terdiri dari makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Sedangkan mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral. Ada 2 mineral penting yang harus dipenuhi pada asupan makanan ibu hamil yaitu zat besi dan asam folat. Zat besi umumnya menjadi suplemen wajib ibu hamil karena kekurangan zat besi saat kehamilan bisa berakibat fatal seperti pendarahan yang bisa menyebabkan keguguran. Selain itu asam folat sangat penting dalam membantu tabung saraf bayi berkembang pada otak dan sumsum tulang belakangnya. Saking pentingnya asam folat, pada ibu yang merencanakan kehamilan sebaiknya mengkonsumsi asam folat dari sebelum hamil.

Nah, untuk pemenuhan nutrisi ibu selama kehamilan ada SGM Bunda dengan rasa yang enak. Ada rasa coklat, stroberi, dan jeruk yang dapat langsung dinikmati dalam keadaan dingin. Menariknya lagi, SGM Bunda cukup diminum sekali dalam sehari. Lebih hemat jadinya kan? Hihi. Nutrisi komplit pada SGM Bunda membuat ibu hamil tidak perlu khawatir akan kecukupan nutrisi dirinya dan janin yang dikandungnya.
Dapet hadiah karena jawab pertanyaan Pak Dokter

Setelah sesi talkshow seputar kecukupan nutrisi ibu hamil, selanjutnya adalah sesi couple yoga. Sesi yoga ini seru banget. Disini kita praktik yoga dan teknik pernapasan yang sangat berguna saat proses persalinan nanti. Bersama Bidan Dheska dan Ratih dari AWJ PGY (Asih Waluyo Jati Prenatal Gentle Yoga) peserta praktek belly breathing dan ujjayi breathing. Penerapan dua jenis pernapasan ini secara benar dapat memudahkan persalinan.
Couple Yoga. Tapi coupleku (anak) malah ngeliatin orang video

Selanjutnya adalah cooking demo! Chef Anton akan membagikan resep minuman segar menggunakan susu SGM Bunda. Minuman segar tersebut adalah es jeruk pelangi, stroberi sirsak, dan chocolate avocado
Chef Anton in action

Es jeruk pelangi
SGM Bunda rasa jeruk dan es batu diblender lalu diberi topping jeli dan puding serut warna warni. Takaran 3 sendok makan (30 gr) untuk 1 gelas 200 ml.

Stroberi sirsak
SGM Bunda rasa stroberi dan es batu diblender. Selanjutnya blender sirsak yang sudah dibuang bijinya. Kemudian buat dua lapis susu stroberi dan jus sirsak.

Chocolate avocado
SGM Bunda rasa coklat dan es batu diblender. Selanjutnya blender alpukat. Kemudian buat dua lapis susu coklat dan jus alpukat. Beri hiasan sereal coklat di atasnya.
Minuman siap dibagikan ^_^

Ketiga resep tidak perlu ditambahkan gula lagi, karena SGM Bunda rasanya sudah manis. Campuran minuman berupa toping puding, jeli, jus stroberi, dan jus alpukat merupakan makanan sehat kaya serat dan menyegarkan untuk dikonsumsi khususnya ibu hamil yang terkadang mual dan susah buang air besar.

Acara terakhir yaitu demo make up dari Wardah. Tim Wardah juga memberikan tips make up yang aman buat ibu hamil, yaitu:

1. Perawatan harian: micellar water
2. Perawatan mingguan: scrub dan masker
3. Selain itu gunakan make up dekoratif yang ringan

Dengan menerapkan tips tersebut, ibu hamil akan tetap terawat dan sehat. Oh iya, waspadai make up yang mengandung merkuri dan hidrokuinon karena berbahaya bagi kesehatan. Pastikan skincare dan make up yang kita gunakan memiliki izin edar dari BPOM.
Tutorial make simple dan aman

Sampailah pada penghujung acara Festival Bunda Generasi Maju SGM Bunda Yogyakarta. Seru sekali rangkaian #FestivalBundaGenerasiMaju #LangkahAwalGenerasiMaju ini. Banyak ilmu yang bermanfaat baik bagi ibu hamil, suami, dan siapa pun. Karena generasi maju dimulai dari ibu.
Chees!

Reaksi:

3 komentar:

  1. Aku nyicip yang es alpokat lapis coklatnya.. Enaak.. Seger... Btw acaranya memang seru, banyak ilmu lagi. Aku juga nyobain yang area bunda santai. Enaak banget, jd pengen tidur pas dimssage

    BalasHapus
  2. Yang puding cokelat itu tidak termasuk yang didemokan ya... Yang dibagiin terakhir itu lhoo

    BalasHapus
  3. kemarin mau coba ke area Bunda Cerdas tapi rame. jadinya nunda-nunda, eh malah akhirnya nggak jadi. huhu. pengen tahu mitos vs faktanya apa aja

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...