3.5.19

SPOTS Aplikasi Kasir untuk Usaha Kuliner



Akhir-akhir ini kalau makan di rumah makan atau restoran sering lihat meja kasirnya sangat minimalis. Hanya ada sebuah mesin kecil menyerupai mesin gesek untuk kartu kredit atau debit beserta sebuah smartphone atau tablet yang tersambung pada sebuah aplikasi. Semua pesanan kita diinput pada aplikasi tersebut dan viola! Keluar kertas nota yang menyerupai print out mesin EDC. Wah, praktis banget. Nggak perlu lagi mesin kasir yang segede gaban, dan semua pesanan terinput otomatis!


Lalu, rasa penasaranku sekarang terjawab sudah. Di era teknologi seperti sekarang ini, proses penjualan membutuhkan otomatisasi untuk menghemat waktu, tenaga, uang, dan juga memastikan keakuratannya. Aplikasi kasir adalah solusinya. Penggunaannya pun sangat mudah, semudah mengisi formulir elektronik. Aplikasi kasir yang cukup diminati adalah SPOTS. Sebuah perangkat dengan bermacam fungsi dari GO-JEK untuk mengakomodir kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Apa saja sih keunggulan SPOTS?

1.     Pengaturan menu dengan leluasa
Pelaku usaha kuliner tentu tidak asing dengan GO-FOOD. Bekerja sama dengan GO-FOOD akan meningkatkan omset penjualan sekaligus menghemat biaya pengiriman, karena pengiriman akan dilakukan oleh driver GO-JEK. Ternyata keuntungan menjadi mitra GO-FOOD lebih dari itu. Bagi mitra yang menggunakan SPOTS pada aplikasi kasirnya akan mendapatkan fasilitas menerima pemesanan GO-FOOD secara real time. Dengan demikian mitra dapat menyiapkan menu pesanan bahkan sebelum driver GO-JEK datang! Wah, pasti sangat membantu buat usaha kuliner yang membutuhkan waktu lebih untuk menyiapkan makanannya.

2.     Pengklasifikasian tipe pembayaran termasuk GO-PAY
Aplikasi SPOTS dilengkapi dengan pindai kode QR sehingga pembayaran menggunakan GO-PAY akan masuk secara otomatis ke akun GO-PAY kita. Selain itu, aplikasi SPOTS dapat mengklasifikasikan penjualan berdasarkan tipe pembayarannya sehingga pengguna dapat menganalisa penjualan berdasarkan jenis pembayarannya pada laporan harian yang ditampilkan.

3.     Cetak resi secara instan
Kemudahan SPOTS yang lainnya adalah pada kemudahan mencetak resi. Setiap penjualan akan diiput dan resinya dapat langsung dicetak menggunakan kertas nota yang tersedia pada perangkat EDC dari SPOTS.

4.     Memonitor pendapatan
Input data yang dilakukan kasir setiap ada penjualan akan terintegrasi pada sebuah laporan harian. Semua komponen data diklasifikasikan dengan seksama dan dapat dilihat trendnya. Hanya dengan sekali klik kita dapat menganalisa menu terfavorit atau pun menu yang kurang diminati. Analisa data penjualan yang tersaji secara real time tentu tentu sangat berguna untuk forecast pembelian bahan baku atau pun strategi pemasaran produk. Aplikasi kasir SPOTS tidak hanya menghemat waktu dan tenaga tetapi juga uang karena kemampuannya mengotomatisasi banyak tugas penjualan sehari-hari.

5.     Tidak perlu membeli perangkat terpisah
Pembelian aplikasi SPOTS sudah termasuk peminjaman perangkat. Sehingga tidak perlu membeli alat kasir ataupun smartphone/tablet terpisah.

SPOTS dapat digunakan pelaku usaha apa pun terutama foodpreneur dan pengusaha makanan dari berbagai tipe usaha, mulai dari usaha makanan menggunakan gerobak, kantin di kantor, atau pun restoran di pusat perbelanjaan. Biaya yang dibutuhkan untuk memanfaatkan aplikasi ini mampu dijangkau seluruh tingkat usaha. Calon pengguna hanya perlu mengeluarkan biaya aktivasi sebesar Rp. 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp. 2.900/hari. Wow, tidak sampai tiga ribu rupiah untuk mendapatkan kemudahan laporan penjualan harian! Bayangkan kalau harus menginput penjualan satu persatu, tentu melelahkan bukan? Adanya aplikasi SPOTS tentu akan semakin menggairahkan dunia usaha. Para pengusaha tidak perlu lagi bersusah payah melakukan analisa usaha secara manual, dengan SPOTS semua informasi penjualan dapat diketahui secara real-time dan transparan.

Penggunaan aplikasi ini akan memperkecil kemungkinan tindak korupsi dari oknum karyawan karena total pemasukan harus sinkron dengan data penjualan real-time. Human error juga dapat diminimalkan karena kasir cukup sekali memastikan jumlah penjualan, yaitu pada saat pemesanan dari costumer. Apabila data jumlah penjualan sesuai dengan pesanan dan uang yang diberikan nominalnya sesuai, maka sampai ke laporan penjualan nanti datanya tidak akan berubah.

Wah, jadi tertarik usaha kuliner juga nih. Dengan support GO-JEK dan fitur aplikasi SPOTS, tentu berbisnis kuliner menjadi semakin menyenangkan. Nggak perlu spanneng lihat rekap data yang njelimet dan kadang sering error juga. Hihihi

Anda pemilik usaha dan tertarik mencoba SPOTS? Cuss daftar SPOTS pada link website ini



Reaksi:

2 komentar:

  1. Harga terjangkau, tapi fiturnya lengkap banget. Pilihan banget nih buat jadi solusi pengusaha kuliner berbagai ukuran agar usaha maju tanpa pusing mikir pembukuan. SPOTS keren karena segala bentuk pembayaran bisa tercatat!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...