15.8.19

Wonderful Bandung!

Tring...
Notifikasi email berbunyi. Rupanya ada surat pemanggilan peserta pelatihan yang tempo hari aku daftar. Rupanya aku mendapat jatah pelatihan di Bandung. Wah, nggak mengira mendapat jatah di tempat itu. Padahal ada 3 lokasi yang ditawarkan, yaitu Bandung, Serpong, dan Cibinong. Umumnya untuk peserta luar kota akan diarahkan ke Cibinong karena ada fasilitas penginapan dari instansi. Tapi mungkin karena jumlah peserta paling sedikit ada di Bandung, maka aku dan beberapa temanku dari Jogja mendapat jatah di Bandung.

Pergi ke Bandung dari Jogja itu agak tricky. Soalnya kalau mau naik pesawat, adanya flight malam, jadi mau nggak mau harus berangkat malam sehari sebelum acara. Selain pilihan naik pesawat malam, bisa juga naik kereta. Untuk mencari informasi mengenai akomodasi di Bandung aku mengandalkan aplikasi Pegipegi.
Aplikasi Pegipegi. Komplit mau cari tiket pesawat, kereta, atau booking hotel!

Di aplikasi ini, aku bisa mendapatkan informasi seputar penerbangan ke Bandung, jadwal kereta, dan juga hotel yang bakal kami tempati selama pelatihan. Tiket pesawat ke Bandung itu lumayan mahal bila dibandingkan dengan rute penerbangan lain, mungkin karena penerbangannya sedikit ya. Makanya perlu gencar mencari tiket pesawat murah. Nah, aplikasi Pegipegi banyak promo tiket pesawat. Kayak sekarang nih, ada promo diskon tiket pesawat 30% dan 300 ribu. Nah, harga tiket pesawat dari Jogja ke Bandung harganya hampir sejuta, jadi lumayan banget kan kalau bisa memanfaatkan promo ini. Asyik!
Promo yang ditawarkan Pegipegi

Pilihan keberangkatan kami jatuh pada penerbangan pukul 18.45 menggunakan pesawat Citilink. Sesampai di Bandara Husein Sastranegara, kami langsung menuju Hotel Scarlet, hotel yang sebelumnya juga sudah kami pesan via aplikasi.

Dua hari berada di Bandung, tentu nggak lengkap bila tidak mengunjungi tempat yang menarik di Bandung. Hari pertama aku memilih ke Cihampelas Walk atau bekennya disebut Ciwalk. Ciwalk jadi destinasiku di hari pertama karena aku harus beli oleh-oleh selagi sempat! Anak sulungku, Faris, paling ribut kalau ibunya dinas. Pokoknya wajib bawain oleh-oleh! Makanya, demi senyumnya aku harus cari oleh-oleh buat Faris dulu.

Aku ke Ciwalk ditemani Ate Asih, teman diklat prajab CPNS dulu yang kantor penempatannya di Bandung. Awalnya aku dan Ate berencana jalan kaki buat ke Ciwalk. Kalau dari peta digital sih seharusnya memang tidak terlalu jauh jarak antara Hotel Scarlet dan Ciwalk. Tapi jalan menuju Ciwalk itu menanjak, jadi setelah melalui sekitar 2/3 perjalanan kami menyerah dan langsung menyetop angkot. Haha!

Ciwalk memang asyik tempatnya buat hangout. Banyak spot instagramable juga disini. Desainnya memadukan bangunan outdoor dan indoor. Tapi sayangnya aku dan Ate nggak banyak berfoto kemarin. Karena aku juga fokus mencari oleh-oleh yang tepat buat anak lanangku. Tapi lumayanlah dapat satu jepretan ini.

Setelah mendapat incaran oleh-oleh yang mau dibeli, aku dan Ate bergegas solat karena sudah memasuki waktu Magrib. Paling suka sama tempat solatnya yang bertingkat dan relatif luas.
Mushola di Ciwalk

Setelah solat, perut terasa lapar. Eh tapi sebelumnya aku mampir ke tempat oleh-oleh yang berada tepat di seberang Ciwalk. Isinya macam-macam dan relatif komplit. Jadi agak kalap juga sih, langsung penuh dua tas besar deh.

Sebelum pulang, kami mampir makan, pilihanku nggak jauh-jauh seputar batagor dan mi ayam. Kali ini batagor dan mi ayam aku pesan sekaligus! Tapi porsi mi ayamnya sedikit kok, jadi nggak sampai mblenger makannya. Hehe!
Mi ayam batagor komplit, nyam2!
Hari kedua di Bandung, waktunya nggak terlalu panjang karena aku harus naik kereta jam 18.55. Tapi sepulang pelatihan, aku manfaatkan kesempatan jalan-jalan sore bersama Ate dan Teh Miwa. Kemarin Teh Miwa sibuk, jadi hari ini katanya mau nemenin sampai aku ke stasiun katanya. Kami mampir ke Forest Walk Babakan Siliwangi. Tempatnya asyik deh. Teduh dan medannya asyik buat jalan sore. Dan karena kalori kami sudah terbakar setelah jalan kaki dari kantor ke Babakan Siliwangi ini, jadi boleh dong kami menikmati seporsi batagor seharga sepuluh ribu ini. Nyam-nyam.
Already miss u Ate n Teh Miwa ^_^
Akhirnya tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 17.45, waktunya berpisah, dan aku bergegas memesan ojek online menuju stasiun. How a wonderful time in Bandung! Tengkyu Ate dan Teh Miwa!