11.10.17

Tips Sukses Menyusui: Memilih Baju Menyusui yang Tepat

Menyusui ternyata bukan perkara gampang, karena perlu manajemen menyusui yang baik agar sukses menyusui. Salah satunya adalah memilih baju menyusui yang tepat selama masa menyusui.


Sebegitu penting kah baju menyusui terhadap keberhasilan menyusui? Kalau buat aku sih iya. Soalnya, kalau baju yang dipilih nggak tepat, maka proses menyusui nggak nyaman. Ketika menyusui tidak nyaman lagi, biasanya terus berpengaruh sama kualitas ASInya. Sayang banget kan? Eh tapi, memilih baju busui friendly itu sebenarnya tidak susah kok. Berikut beberapa tips memilih baju untuk menyusui.

1. Pilih baju dengan bahan yang nyaman

Pilihlah bahan baju yang nyaman seperti katun atau kaos spandek. Kalau dari pengalaman menyusui anak pertama, bahan kaos spandex adalah yang paling juara untuk kenyamanan baju menyusui.

2. Pilih model baju yang dilengkapi bukaan depan

Baju menyusui haruslah memiliki akses menyusui yang baik. Kalau bajunya nggak dilengkapi bukaan depan, tentu saja akan sulit untuk menyusui. Model baju bukaan depan yang bisa dipilih ada bermaca-macam, antara lain:

A. Model berkancing depan
Baju berkancing umum digunakan ibu menyusui. Pilihlah baju dengan bahan kancing yang kuat namun mudah dibuka. Sebab, saat bayi merengek ingin segera menyusui, tak jarang ibu menjadi panik. Kalau kancingnya susah dibuka, kasihan bayinya kelamaan menunggu, ya kan?
Model baju berkancing depan

B. Model resliting bagian depan
Selain model berkancing depan, busui bisa memilih model baju bukaan depan resliting. Umumnya yang digunakan adalah resliting jepang, sehingga tidak kentara reslitingnya. Selain itu, resliting jenis ini letaknya tersembunyi sehingga bagiab resliting tidak bersentuhan langsung dengan bayi.
Model resliting depan 

C. Model bukaan khusus menyusui
Baju menyusui dengan bukaan khusus menyusui telah banyak diproduksi. Menyusui dengan baju model ini sangat nyaman, karena dilengkapi akses menyusui di bagian kiri dan kanan sekaligus. Meminimalkan bagian kulit ibu yang terlihat selama menyusui.
Model bukaan khusus menyusui

D. Model kerah kimono
Ini salah satu model favoritku. Tentu saja dengan menggunakan cover menyusui terlebih dahulu sebelum menyusui. Model kerah kimono dengan baju berbahan dasar kaos memudahkan mengeluarkan payudara tanpa repot membuka kancingnya.
Model kerah kimono

3. Hindari baju dengan detail yang tajam

Selain bahan dan juga model menyusui yang harus busui friendly, selama menyusui sebaiknya hindari berpakaian dengan detail tajam seperti bebatuan di bagian dada karena dikhawatirkan akan melukai bayi. Pilihlah baju tanpa detail, atau mungkin detail bordir tanpa payet.

Hari kelahiran semakin dekat, saatnya mulai berburu baju menyusui yang tepat. Manfaatkan promo Harbolnas di Zalora untuk mendapatkan baju menyusui yang nyaman selama menyusui.

*all photo from Zalora
Reaksi:

3 komentar:

  1. Aku lebih suka baju menyusui itu yang kancing depan drpd pakai resleting kanan kiri. Lebih praktis dan ga ribet :)

    BalasHapus
  2. Wah, bajunya apik banget mbak Diba, semoga proses menyusui lancar

    BalasHapus
  3. Favoritku kerah kimono. Praktis dan efisien, hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di lapak sederhana EDibaFREE. Komentar Anda akan sangat berarti buat kami...